Biduran Saat Cuaca Dingin

Biduran istilah medisnya adalah urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi pembuluh darah pada kulit yang ditandai oleh pembengkakan dan kemerahan yang berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, atau tertusuk-tusuk.

Health

Dear Dokter,

Saya seorang ibu berusia 46 tahun. Sudah hampir satu bulan setiap cuaca dingin kulit saya biduran atau bentol-bentol besar berwarna merah. Setelah minum obat, selang beberapa menit hilang tetapi terulang kembali esok hari. Saya ingin bertanya apa penyebab biduran? Bagaimana tips kesehatan dan pengobatannya? Terima Kasih.

Salam,

Fransisca Yuliani

Ê

Saudari Fransisca Yuliani yang terhormat,

Tips kesehatan dan pengobatan untuk keluhan biduran meliputi beberapa hal. Namun untuk memahami penanganan biduran lebih menyeluruh, diperlukan pemahaman mengenai biduran itu sendiri.

Biduran istilah medisnya adalah urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi pembuluh darah pada kulit yang ditandai oleh pembengkakan dan kemerahan yang berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, atau Êtertusuk-tusuk.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, adapun penyebab terseringnya adalah sebagai berikut:

  1. Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  2. Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  3. Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll. Dalam kasus Anda, dapat dikatakan bahwa tubuh Anda sensitif terhadap temperatur dingin. Terdapat penelitian yang menyebutkan pada orang-orang tertentu, temperatur dingin dapat mencetuskan keluarnya mediator-mediator radang dari sel darah putih
  4. Stres. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  5. Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul (papul adalah penonjolan di atas permukaan kulit berukurang kurang dari 1/2 cm), di sekitar tempat gigitan,Êbiasanya sembuh sendiri.

Tips kesehatan dan penanganan biduran meliputi tata laksana pengobatan biduran itu sendiri. Pengobatan yang paling ideal adalah menghindari penyebab yang telah dicurigai. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda harus menghindari kondisi tubuh terpapar temperatur dingin.

Bila tips kesehatan di atas tidak mungkin dilakukan, paling tidak Anda mencoba mengurangi penyebab tersebut, misalnya pada kasus Anda yaitu dengan mempersiapkan baju hangat, syal, tidak berlama-lama di ruangan dingin, dll. Sebaiknya Anda juga mengecek adakah penyebab lain yang menyebabkan biduran Anda kambuh.

Gejala dapat diobati dengan efektif. Beberapa obat yang dapat dipergunakan antara lain adalah obat minum antihistamin.ÊBedak juga dapat Anda gunakan untuk mengurangi gatal yang ada.ÊPada dasarnya pengobatan dan saran tips kesehatan biduran ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala, dan sebenarnya cara untuk mencegah gejalanya yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya.

Untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan penyebab biduran, Anda dapat pula melakukan tes alergi yang disebut jugaÊskin prick test. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di rumah sakit/ klinik dengan fasilitas yang tersedia.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Atika

Leave a Reply