Buah Nanas, si Ratu Buah Berjuta Manfaat

Health

Bagi Anda penggemar buah nanas, Anda sangat beruntung sebab Anda akan mendapat manfaat buah nanas yang sangat berlimpah. Mengapa demikian?

Buah dinilai dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia akan vitamin yang baik dan bermanfaat. Bagi Anda penggemar buah, bisa jadi buah nanas menjadi favorit Anda. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia. Simak apa saja manfaat mengejutkan dari buah nanas ini.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Mengonsumsi nanas dalam porsi yang cukup dan rutin bisa membuat Anda mendapatkan beberapa manfaat buah nanas seperti berikut ini:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah nanas secara alami memiliki kandungan yag kaya serat. Fungsi kaya serat ini, baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Biasanya, makanan yang tinggi serat agak susah larut dicerna, tapi tidak dengan buah nanas.

Baca juga: Buah Merah Asli Tanah Papua, Berlimpah Manfaat!

Manfaat buah nanas untuk pencernaan ini tidak sampai situ saja, nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus Anda. Untuk sistem penceranaan yang normal , Anda perlu mengonsumsi 14 gram total serat dari 1000 kalori perharinya, dan itu bisa Anda dapatkan pada buah nanas. Menurut Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong mengandung 2,2 gram total serat makanan.

manfaat buah nanas

Menurut Medical Center di Maryland Universiy, nanas juga memiliki enzim pencernaan baik, yang disebut bromelain. Enzim ini merupakan campuran dari enzim proteolitik yang membantu usus Anda memecah dan menyerap protein lebih banyak. Manfaat lain dari bromelain ini juga mampu meringankan masalah perut seperti, sakit perut dan diare.

Buah Nanas Mampu Menangkal Perut Kembung

Biasanya, kembung ditandai dengan perut yang membesar dan ada tekanan gas yang lebih kuat. Anda tidak perlu pusing mengobatinya. Cukup dengan makan buah ini makanan lain yang menyebabkan refluks atau gas pada pencernaan muncul, bisa diredakan secara alami.  Kembali lagi dengan kandungan bromelain dan fiber dari nanas yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, bromelain memiliki sifat yang menenangkan pada perut Anda.

Mencegah Kanker Usus

Makan buah ini untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

Seperti halnya apel, nanas juga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali nutrisi untuk tubuh. Tidak hanya rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam, manfaat lainnya adalah buah ini memiliki banyak serat yang baik untuk tubuh khususnya yang berhubungan dengan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Melawan Radikal Bebas

Nanas yang memiliki rasa manis, asam, dan segar ini mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin ini sangat baik untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak gangguan di kulit atau di organ bagian dalam.

Baca juga: Jus Buah yang Baik untuk Kesehatan, Mana yang Anda Suka?

Jika radikal bebas bisa dicegah untuk masuk, kemungkinan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel bisa dihindari. Konsumsilah buah ini secara rutin dalam bentuk jus yang dicampur dengan yoghurt atau dimakan langsung sebagai buah potong.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ada dua kandungan dari nanas yang baik untuk kesehatan dari jantung. Pertama adalah potassium, zat ini baik untuk menyeimbangkan kandungan air di dalam tubuh. Kandungan air di dalam tubuh biasanya kacau akibat banyak sodium atau garam yang dikonsumsi. Penyeimbangan air ini akan menurunkan risiko hipertensi.

Kandungan kedua yang baik untuk jantung adalah vitamin C. Zat ini mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol jahat.

Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Buah yang berasal dari famili Bromeliaceae ini mengandung cukup banyak gula alami yang baik untuk tubuh. Jika Anda lapar dan ingin ngemil sesuatu yang manis, tapi menyehatkan, nanas bisa dijadikan alternatif untuk membuat perut lebih kenyang. Selain itu, buah beraroma masam ini juga memicu pembakaran lemak di dalam tubuh berjalan lebih lancar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

resep buah nanas

Nanas yang mengandung banyak sekali vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan akan memicu tubuh untuk selalu siaga terhadap berbagai serangan yang terjadi mulai dari serangan bakteri, jamur, hingga virus.

Nanas segar atau yang dibuat menjadi jus juga membuat pria dan wanita tidak mudah mengalami flu. Saat musim panas, tubuh akan selalu sehat karena daya tahan tubuh tidak bisa dihancurkan.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Mengonsumsi nanas dalam jumlah yang seimbang juga akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Nanas mengandung senyawa mangan yang baik untuk tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilinginya.

Menyehatkan Mata

Selain vitamin C yang banyak manfaatnya, nanas juga mengandung vitamin A. Anda yang mengalami masalah pada penglihatan ketika sudah tua, konsumsilah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat buah ini antara lain mencegah radikal bebas masuk. Radikal bebas ini bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lainnya. Partikel tersebut biasanya memicu terjadinya abnormalitas pada sel sehingga kanker terbentuk.

Jika Anda merokok, coba kurangi aktivitas berisiko tersebut. Selanjutnya perbanyak makan nenas sebagai pengganti camilan atau untuk pengganti makanan penutup saat siang hari.

Mengobati Arthritis

Manfaat lain dari buah bercita rasa masam ini adalah mampu mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berkaitan dengan radang sendi. Ini mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain, yang terutama membantu dalam pemecahan protein kompleks dan memiliki efek anti-inflamasi. Boleh saja mengonsumsi suplemen Bromelain atau enzim buah, tetapi sebaiknya diminum di bawah pengawasan medis.

Mengontrol Diabetes

Buah berkulit seperti sisik mengandung banyak serat, adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, ini akan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada sejumlah gula yang hadir, jadi batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.

Meski buah ini baik untuk pencernaan, tapi tidak baik juga kalau mengonsumsinya berlebihan. Anda mungkin akan merasakan bengkak dan agak gatal di bagian bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh sifat daging nanas itu sendiri yang panas, biasanya akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi Anda memang alergi buah tropis satu ini.

khasiat buah nanas

Sedangkan untuk wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran. Tentu saja bukan berarti ibu hamil tidak boleh memakannya. Bromelain dalam level membahayakan ini baru bisa didapat jika Anda melahap dua buah utuh sekaligus.

Menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal itu bisa diwujudkan dengan menghindarkan tubuh dari asupan makanan yang kurang baik dan menggantinya dengan yang alami dan menyehatkan yaitu rajin mengonsumsi buah. Mengingat manfaat buah satu ini yang berlimpah, tak ada salahnya mengonsumsi buah satu ini dengan porsi yang cukup ya!

Baca juga: Ketahui Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Comments are closed.