Buah Pisang, Si Murah Kaya Manfaat

Makanan bergizi tidaklah harus mahal. Meski murah, manfaat buah pisang sangat banyak.

Health

Tanggal 25 Januari diperingati sebagai hari Hari Gizi dan Makanan di Indonesia. Makanan bergizi sangat penting untuk kesehatan tubuh, pertumbuhan badan, penghimpunan energi guna beraktivitas, meningkatkan fungsi tubuh, dan lain-lain. Makanan bergizi dibutuhkan oleh setiap orang, mulai di dalam kandungan hingga berusia senja.

PILIH SEKARANG: BERBAGAI PRODUK ASURANSI KESEHATAN DI SINI

Anda tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk mendapatkan makanan bergizi, seperti buah pisang. Pisang adalah buah yang mudah ditemukan di mana saja (di pasar tradisional, pasar swalayan, pinggir jalan), berharga murah, dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah berwarna kuning ini.

 

  1. Baik untuk jantung

Salah satu manfaat buah pisang adalah baik untuk jantung. Pisang mengandung kalium, mineral yang sangat penting untuk menjaga fungsi jantung, detak jantung, dan mengatur tekanan darah tetap normal. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi kalium juga dapat menurunkan risiko stroke, memberikan perlindungan terhadap hilangnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

 

  1. Menjaga tulang kuat

Walaupun tidak mengandung kalsium, membantu menjaga tulang tetap kuat juga merupakan salah satu manfaat buah pisang. Pisang mengandung banyak fructooligosaccharides yaitu karbohidrat nondigestif (rendah kalori) yang mendorong prebiotik (makanan untuk bakteri baik) untuk pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

 

  1. Mengurangi risiko kanker

Melindungi tubuh agar tidak terkena kanker ginjal adalah manfaat buah pisang lainnya. Sebuah studi tahun 2005 oleh B. Rashidkhani dan kolega dari Division of Nutritional Epidemiology, The National Institute of Environmental Medicine, Karolinska Institutet, Swedia yang dikemukakan dalam situs ncbi.nlm.nih.gov (20/01/2005) menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 75 porsi buah dan sayuran per bulan berkurang risiko kanker ginjalnya sebesar 40 persen. Risiko terkena kanker ginjal turun hingga setengahnya pada wanita yang makan 4-6 buah pisang seminggu. Pisang dapat membantu mencegah kanker ginjal karena kaya akan senyawa antioksidan fenolik.

 

  1. Baik untuk pencernaan

Pisang mengandung banyak serat yang dapat membantu Anda buang air secara teratur. Satu buah pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Vitamin B6 dalam pisang juga dapat membantu melindungi tubuh dari diabetes

 

tipe 2 dan menurunkan berat badan. Manfaat buah pisang lainnya adalah membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu mempertahankan kadar gula darah selama berolahraga.

 

  1. Mengatasi depresi

Manfaat buah pisang juga dapat dapat membantu mengatasi depresi karena tingginya tingkat asam amino tryptophan yang berperan dalam menjaga memori dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, vitamin B6 pada pisang juga membantu Anda tidur nyenyak sedangkan magnesium membantu mengendurkan otot.

 

Asupan makanan bergizi bisa didapatkan dari buah pisang yang murah-muriah dan ditemukan di mana saja serta kapan saja.

 

Bagikan artikel ini pada kerabat Anda dengan fitur jejaring sosial di bawah ini !

 

Leave a Reply