Buat Bumi Lebih Baik Lewat Daur Ulang Sampah Plastik

Health

Jumlah sampah plastik di bumi semakin hari semakin tak terbendung. Hal ini tak hanya berdampak pada lingkungan, tapi juga pada manusia dan makhluk hidup lainnya. Alasan itulah yang seharusnya menggerakkan hati kita sebagai manusia untuk dapat mendaur ulang sampah plastik untuk bumi yang lebih baik.

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu tentang kasus kematian hewan akibat sampah plastik. Jumlah sampah plastik yang sangat besar telah menjadi salah satu penyebab mengapa sampah ini sulit dikondisikan. Selain itu, perilaku manusia yang gemar membuang sampah plastik sembarangan juga menyebabkan banyak hal buruk, mulai dari banjir, tercemarnya lautan, hingga matinya hewan liar akibat memakan sampah tersebut.

Buruknya sistem pengelolaan sampah plastik membuat jumlah sampah ini meningkat secara signifikan tiap tahunnya. Bahkan, pada 2015 saja, jumlah sampah plastik di dunia seberat 381 juta ton. Perlu kesadaran seluruh masyarakat agar jumlah ini tak terus bertambah. Kita dapat memulai dengan tidak lagi menggunakan plastik untuk kebutuhan sehari-hari, seperti sedotan dan kantung plastik saat berbelanja.

Selain itu, ada satu hal yang dapat kita lakukan untuk menekan jumlah sampah plastik di dunia, yaitu dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut. Faktanya, hal ini tak sulit untuk dilakukan.

Inilah langkah daur ulang sampah plastik yang baik dan benar!

Kenali Jenis Plastik Sebelum Daur Ulang Sampah Plastik

Plastik terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenisnya punya cara daur ulang yang berbeda. Jadi, untuk memulai daur ulang sampah plastik, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengklasifikasikan sampah plastik sesuai jenisnya.

Ada pun plastik yang biasa digunakan oleh manusia antara lain;

  1. Jenis plastic ini biasanya terdapat pada kemasan botol minuman ringan, wadah toples untuk selai, atau makanan cepat saji.
  2. Sedangkan Polystrene (PS) disebut juga styrofoam, umum ditemukan pada wadah makanan seperti gelas, piring, dan mangkuk.
  3. Biasa terdapat pada wadah yogurt, margarin, dan bungkus makanan siap saji. Jenis ini juga ditemukan pada botol obat-obatan, tutup botol, dan botol untuk saus tomat dan sirup. PP merupakan jenis plastik yang aman.

Hal ini mutlak dilakukan di awal karena sampah plastik jenis PET tidak bisa didaur ulang dengan cara yang biasa digunakan pada jenis PS, begitu pun sebaliknya.

Cari Program Daur Ulang Sampah Plastik

Sekarang ini, banyak sekali komunitas yang bergerak untuk menekan jumlah sampah plastik di dunia dengan cara mendaur ulang sampah tersebut. Jika sudah menemukan komunitas yang punya program daur ulang sampah yang berada dekat dengan tempat tinggal kita, berikanlah sampah plastik yang sudah dipisah-pisahkan berdasarkan jenisnya tersebut pada komunitas tersebut.

Gunakan Wadah Plastik yang Masih Dapat Digunakan

Tak semua plastik akan menjadi sampah. Banyak juga jenis plastik yang dapat digunakan kembali dalam waktu yang lama, seperti botol sabun. Daripada dibuang, alangkah lebih baik jika kita gunakan kembali botol sabun tersebut karena nyatanya tak ada dampak negatif menggunakan botol tersebut berulang kali.

Selama digunakan untuk kebutuhan yang sama, botol plastik itu tak akan memberikan dampak negatif, contohnya tak digunakan untuk kebutuhan konsumsi, seperti menjadi wadah makanan atau minuman.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Mendaur ulang sampah plastik pastinya membuat jumlahnya semakin hari semakin menyusut. Hal tersebut pastinya akan membawa dampak yang baik, baik untuk manusia, lingkungan, dan juga makhluk hidup lainnya.

Comments are closed.