Manfaat Penggunaan Bunga Mawar untuk Kesehatan

HealthLifestyle & Leisure

Bunga mawar identik dengan keindahan. Namun, dibalik itu terdapat manfaat untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Anda pasti tidak lagi asing dengan bunga mawar. Bunga yang satu ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang dan juga dijadikan sebagai penghias ruangan. Namun, selain untuk keindahan, bunga dengan tangkai berduri ini memiliki manfaat untuk kesehatan, lho.

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Misalnya saja berolahraga, memanfatkan bahan alami, dan mengkonsumsi makanan sehat. Namun, potensi terkena penyakit itu pasti ada. Maka dari itu, setelah melakukan pencegahan, sebaiknya Anda juga melakukan perlindungan dengan memiliki asuransi kesehatan. Sudah banyak produk asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Daripada bingung mau pilih yang mana, Anda bisa tentukan dan dapatkan dengan mudah di Futuready.com. Yuk, buruan klik dan dapatkan asuransinya dengan mudah dan aman.

Untuk Anda yang penasaran apa saja manfaat dari bunga mawar, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Alasan Ditolak BPJS Kesehatan Ketika Berobat

10 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Jika Anda senang dengan bunga ini, jangan hanya jadikan sebagai pajangan di ruangan. Manfaatkan juga untuk kesehatan. Di antara manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

Obat Peradangan Kulit

manfaat bunga mawar

Anda punya jerawat yang memerah? Itu jerawat yang sudah terkena bakteri sehingga terjadi peradangan. Tidak perlu khawatir. Jerawat ini bisa diobati dengan bunga mawar. Sebab, bunga ini dipercaya mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah akibat jerawat seperti itu.

Memperlancar Haid

Bagi wanita, ini menjadi kabar baik sekali. Banyak wanita yang mengalami masalah ketika haid atau menstruasi. Haid tidak lancar sehingga menyebabkan nyeri. Ini bukan persoalan yang sepele. Faktanya, menstruasi yang tidak lancar menyebabkan banyak wanita mengalami stress dan berimbas pada kehidupan sosial dan juga karirnya.

Jika hal ini juga Anda sering Anda alami, jangan lupa untuk manfaatkan bunga ini. Mawar bisa merangsang sekresi hormon yang memicu haid.

Obat Sakit Tenggorokan

Bunga satu ini bisa meredakan sakit tenggorokan. Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan tenggorokan sakit? Umumnya disebabkan karena bakteri. Di sinilah peran mawar yang ada kandungan anti-bakteri. Kandungan inilah yang bakal mengusir bakteri dan mengobati sakit tenggorokan.

Memperbaiki Saluran Cerna

Banyak faktor yang menyebabkan saluran cerna bermasalah dan jika ini yang terjadi, imbasnya ke berbagai masalah kesehatan, mulai dari sakit perut hingga terganggunya fungsi organ tubuh tertentu.

Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan bunga mawar untuk memperbaiki sistem pencernaan. Perannya adalah mengeluarkan racun yang menyebabkan terganggunya saluran cerna di dalam tubuh.

Obat Infeksi pada Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih tidak hanya terjadi pada ibu hamil. Siapa saja yang berisiko mengalami masalah ini. Terutama jika Anda sering menahan buang air kecil, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini karena itulah salah satu faktor penyebabnya.

ragam manfaat bunga mawar

Namun, bagaimana jika itu sudah terjadi? Dokter menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bunga mawar yang bersifat anti-bakteri. Jika infeksi sudah begitu parah, sebaiknya datang ke rumah sakit untuk mendapatkan treatment khusus.

Mengurangi Pendarahan Saat Terluka

Apa yang Anda lakukan jika jatuh, terluka, dan berdarah? Disarankan Anda segera keringkan luka tersebut. Jika memungkinkan, luka harus dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

Setelah itu, dibutuhkan juga obat untuk mengeringkan luka. Dengan obat tersebut, darah tidak terus menerus keluar. Obat tersebut bisa Anda ganti dengan mawar. Pasalnya, bunga yang satu ini mengandung antiseptik yang akan membersihkan luka sekaligus menghentikan pendarahan lebih parah lagi.

Baca juga: Ketahui Hal Ini Sebelum Menentukan Asuransi Kesehatan Keluarga

Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Coba Anda sebutkan apa tanda-tanda penuaan dini? Contohnya saja bintik hitam di wajah. Dilihat dari segi kecantikan, jelas bintik hitam ini membuat wajah tidak cantik. Namun, orang kesehatan melihat dari kaca mata yang berbeda. Munculnya bintik hitam ini disebabkan adanya radikal bebas yang menyerang tubuh. Proses regenerasi sel tidak berjalan tidak lancar sehingga radikal bebas ini bisa menyerang organ tubuh lainnya, tidak hanya kulit.

Munculnya bintik hitam hanya sebagai imbas awal saja. Lebih lanjut, ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Oleh sebab itu, radikal bebas harus dilawan dan kandungan di dalam mawar bisa melakukan peran perlawanan tersebut.

Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat bukan tubuh yang terbebas dari serangan bakteri atau virus. Serangan seperti itu tidak akan menjadi persoalan jika sistem kekebalan tubuh baik.

Untuk itu, jika Anda ingin sehat, pada dasarnya Anda perlu memperbaiki dan terus memperkuat sistem kekebalan tubuh atau yang sering disebut dengan immune system. Ada banyak sekali caranya. Salah satunya adalah dengan menggunakan mawar yang mengandung tinggi vitamin C.

Pelembab

Melembabkan kulit tidak hanya untuk menjaga kecantikan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Disarankan untuk menggunakan pelembab alami, misalnya saja pelembab dari mawar. Dengan menggunakan bahan alami, Anda tidak perlu khawatir dengan potensi efek samping yang mungkin terjadi.

Menjaga Kesehatan Jiwa

Anda sering stress? Jangan biarkan itu sering terjadi. Karena hal tersebut bisa berimbas pada gangguan jiwa. Tenangkan pikirkan dengan menghirup aromaterapi mawar.

Itulah manfaat mawar untuk kesehatan. Silakan Anda coba dan buktikan sendiri, ya.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Mawar untuk Kesehatan?

Menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara mendapatkan manfaat dari bunga yang satu ini? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Ini sesuai dengan manfaat apa yang ingin didapatkan.

Misalnya saja jika Anda ingin membuat pelembab, bunga ini bisa dimasukkan ke dalam air. Lalu sarinya digunakan untuk membersihkan muka. Beda hal jika bunga inin digunakan untuk kesehatan pencernaan. Mawar bisa dijadikan tambahan ke dalam minuman teh. Jadi, istilahnya adalah minum teh mawar.

teh bunga mawar

Akan tetapi, tidak semua mawar bisa dikonsumsi. Mawar yang boleh dikonsumsi adalah mawar yang aromanya segar dan terasa nyaman. Jika tidak, gunakan untuk obat atau treatment luar badan.

Dikarenakan banyaknya manfaat untuk kesehatan, beberapa perusahaan membuat produk kesehatan dari bahan utama berupa mawar. Jadi, tidak ada yang perlu diragukan lagi. Ada banyak cara untuk memastikan kesehatan Anda terjaga dan itu yang penting, bukan? Ada pepatah yang mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Jadi, Anda harus menambah wawasan dan memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan di sekeliling Anda untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Baca juga: Alasan Ditolak BPJS Kesehatan Ketika Berobat

Comments are closed.