Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Health

Ada banyak sekali cara mengecilkan perut dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah. Mulai dari melakukan berbabagai jenis olahraga hingga mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori.

Perut buncit menjadi salah satu musuh besar semua orang, khususnya perempuan. Sebab, tidak dipungkiri jika perut buncit sangat mengganggu penampilan. Perut memang mudah sekali melar dan sulit untuk dikecilkan.Hal ini dikarenakan perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Perlu Anda ketahui, perut buncit tidak selalu dialami oleh orang yang obesitas atau kelebihan berat badan, tetapi orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus sekali pun tidak menutup kemungkinan memiliki perut yang buncit.

Memang dibutuhkan cara yang tepat dan proses yang panjang agar perut Anda bisa kembali kecil seperti semula. Jika dilihat, berat rasanya untuk bisa mengecilkan perut dengan cepat. Kenyataannya, tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan. Ada banyak cara mengecilkan perut dengan mudah dan caranya pun cukup sederhana. Namun, sebelum membahas cara mengecilkan perut dengan mudah, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan perut buncit.

Beberapa Hal Membuat Perut Buncit

membuat perut langsing

ilustrasi

Jarang Berolahraga

Rupanya jarang berolahraga bukan hanya menyebabkan badan tidak sehat, tetapi bisa menjadi salah satu faktor perut buncit yang disebabkan lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut jarang sekali digerakan sehingga tidak adanya pembakaran lemak dan kalori.

Sering Ngemil

Meskipun Anda merasa ngemil makan ringan itu terlihat kecil, tetapi nyatanya berdampak besar pada berat badan Anda dan bisa membuat perut menjadi buncit. Makanan ringan atau snack yang biasa dikonsumsi mengandung banyak pemanis buatan dan perasa makanan kimia yang tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga menyebabkan pencernaan menjadi tidak normal. Tentu Anda tidak menyadari hal ini sekarang, tetapi beberapa bulan kemudian, Anda akan menerima hasil dari kebiasaan ngemil tersebut

Makan Berat Sebelum Tidur

Wajar jika Anda merasa lapar sebelum tidur atau ada yang tidak bisa tidur karena dalam keadaan lapar. Namun, Anda jangan menuruti keinginan makan sebelum tidur karena hanya membuat berat badan naik drastis dan perut menjadi buncit. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidur dalam keadaan perut penuh yang menyebabkan tubuh tidak bisa membakar lemak secara efisien sehingga timbunan lemak di perut menjadi bertambah. Oleh karena itu, jangan jadikan makan menjadi suatu kebiasaan yang setiap hari harus dilakukan. Jika Anda ingin makan malam, sangat disarankan untuk mengonsumsinya dua sampai tiga jam sebelum tidur.

Kurang Tidur

Idealnya setiap orang memang harus menyediakan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Sebab, jika Anda memiliki waktu tidur yang kurang dari jam tersebut, maka tingkat hormon stres akan meningkat dan menyebabkan Anda ingin mengonsumsi makanan secara berlebihan. Tentu hal itu bisa membuat perut menjadi buncit. Namun, beda halnya jika Anda memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, pasti Anda dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi hormon yang dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan.

Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab perut menjadi buncit. Alkohol mengandung gula dan kalori yang sangat banyak dan berpengaruh kurang baik bagi tubuh. Bahkan bisa memicu masuknya penyakit lain yang lebih berbahaya. Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, mulai saat ini Anda harus mengurangi dan menghentikan kebiasaan tersebut.

Cara mengecilkan perut dengan mudah

tips mengecilkan perut

Ilustrasi

Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab perut menjadi buncit, kini saatnya Futuready.com memberikan cara mengecilkan perut yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

Cardio

Cardio merupakan salah satu jenis kegiatan yang hampir melibatkan semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Jika Anda melakukan cardio dengan rutin, sudah dipastikan otot-otot diseluruh tubuh akan bekerja secara maksimal, terutama dalam pembakaran lemak dan perut menjadi kecil seperti semula.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati oleh kaum wanita karena memiliki banyak manfaat. Selain memberikan kelenturan dan melatih pernapasan, yoga juga terbukti bisa membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga dapat melancarkan pencernaan, menghilangkan lipatan di perut, dan juga bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Jika tidak memiliki waktu berlatih ke tempat pelatihan yoga, Anda bisa melakukannya sendiri setiap hari selama 10-20 menit. Hal ini dilakukan agar tubuh bisa melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

Sit Up dan Push Up

Selain yoga, olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah adalah sit up dan push up. Cara mengecilkan perut dengan cara sit up dan push up, Anda bisa melakukannya setiap hari ketika bangun dan sebelum tidur masing-masing 10 kali. Jika, merasa sudah sangat mampu melakukan 10 kali, Anda bisa menaikkan intensitas 2 kali lebih banyak, misalnya menjdi 20 kali/hari. Bila Anda melakukan ini secara rutin dan konsisten, pasti perut Anda akan kembali kecil lagi.

Mengonsumsi Jahe

Cara mengecilkan perut bukan hanya dari kegiatan saja, tetapi asupan makanan pun perlu diperhatikan. Salah satunya seperti mengonsumsi jahe yang dipercaya bisa mengecilkan perut buncit. Selain mampu mengurangi rasa kembung dan menjaga usus, jahe juga dipercaya mampu menghilangkan gas dalam tubuh. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengonsumsi jahe, seperti jahe yang sudah diparut kemudian dicampurkan ke dalam teh hijau atau bisa merebus akar jahe dan dibuat sebagai teh jahe.

Perbanyak Konsumsi Buah

Mengonsumi buah-buahan yang mengandung potasium merupakan salah satu cara yang bisa mengecilkan perut. Hal ini dikarenakan potasium adalah diuretik alami yang mampu membantu penimbunan air dalam perut. Ada pun buah-buahan yang mengandung potasium, yaitu mangga, avokad, pisang, pepaya, dan yogurt.

Sudah tahu kan, apa saja yang bisa lakukan untuk mengecilkan perut yang buncit? Nah, pastikan Anda melakukan tip di atas secara rutin dan konsisten yang agar cepat mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Comments are closed.