8 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menahan Lapar

Health

Tinggalkan metode lama, lalu coba cara menurunkan berat badan berikut ini! Menyenangkannya Anda tak harus menahan lapar.

Ketika memikirkan cara menurunkan berat badan, berbagai hal tentang mengatur porsi dan pilihan jenis makanan pasti akan muncul. Bagaimana tidak, selama ini usaha untuk menurunkan berat badan memang sangat lekat dengan hal-hal tersebut.

Padahal untuk beberapa orang, cara-cara tersebut sangat sulit dilakukan sehingga berat badan juga gagal turun. Pasalnya bagi tipe orang yang memang doyan makan dan tidak bisa menahan lapar, itu adalah hal yang menyiksa. Namun meski begitu, ada juga cara yang tepat untuk menguruskan badan sambil tetap bebas makan.

Baca juga: 5 Sayuran untuk Diet yang Enak dan Menyehatkan

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Lapar

Diet memang menjadi hal yang paling sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Cara ini dinilai efektif mengurangi bobot tubuh tanpa perlu waktu lama. Akan tetapi dalam praktiknya, diet bukanlah hal yang mudah apalagi harus menahan lapar. Untuk itu bagi Anda yang tidak ingin menahan rasa lapar, berikut cara menurunkan berat badan secara sehat yang bisa Anda lakukan:

Pakai Piring Kecil untuk Makan

Cara ini mungkin terdengar baru bagi Anda, tapi makan dengan memakai piring kecil bisa membuat Anda makan apa pun yang disukai tanpa berlebihan. Hal ini karena meski Anda makan sepiring kecil penuh, porsi makan tetap akan otomatis lebih sedikit dibanding piring normal. Sehingga asupan kalori lebih terpangkas dan berat badan tidak naik juga perut tetap kenyang.

Pilih Karbohidrat yang Kaya Serat

ragam cara menurunkan berat badan

Jenis makanan ini boleh dimakan dalam jumlah banyak dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Ini tentunya menjadi cara  yang ampuh dan menyenangkan. Untuk itu, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti tawar dengan roti gandum. Makanan dengan karbohidrat yang kaya serat ini biasanya terbuat dari gandum dan biji-bijian.

Minum Dua Gelas Air Sebelum Makan

Minum air sebanyak dua gelas sebelum makan akan membuat perut lebih mudah merasa kenyang. Atau dengan kata lain, meminum air berguna untuk membantu mengurangi porsi makan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kebiasaan ini terbukti efektif mengurangi berat badan pada orang gemuk.

Mengunyah dengan Benar

Mengunyah dengan benar dapat membantu perut lebih cepat terasa kenyang sehingga menahan tubuh makan secara berlebihan. Cara dietr yang satu ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Hal terpenting, kunyah dengan perlahan dan jangan terburu-buru.

Jangan Lewatkan Sarapan Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan

Kesibukan di pagi hari memang sering kali menjadi alasan untuk melewatkan sarapan. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak sehat terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Faktanya, sarapan penting agar tubuh tetap memiliki cukup energi untuk melakukan berbagai kegiatan. Juga agar Anda tidak terlalu merasa lapar saat menjelang makan siang.

Ganti Kudapan Manis dengan yang Sehat

Untuk Anda yang suka ngemil, menghindari camilan tentu sangat sulit. Agar berat badan tetap terkontrol dan hobi ngemil tidak menjadi masalah, ganti kudapan Anda dengan kudapan yang sehat. Seperti potongan buah, biskuit gandum, dan makanan yang dikukus atau direbus. Serta hindari kudapan yang mengandung terlalu banyak gula dan garam.

Gerakkan Tubuh Seaktif Mungkin

ragam cara menurunkan berat badan

Mengatur pola makan saja tidak cukup untuk dijadikan pilihan diet. Anda harus membiasakan tubuh aktif bergerak sesering mungkin meski hanya gerakan sederhana. Jika tidak memiliki cukup waktu untuk olahraga, Anda bisa memulainya dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung dekat rumah, naik turun tangga, atau pergi ke tempat kerja dengan bersepeda.

Istirahat Cukup Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan

Kurang istirahat atau tidur dapat menghambat proses metabolisme tubuh yang bisa membuat berat badan sulit turun. Untuk itu agar upaya mengurangi berat badan yang telah Anda lakukan tidak sia-sia, pastikan tubuh mendapat cukup istirahat. Setidaknya tidurlah tujuh hingga delapan jam sehari agar kondisi tubuh kembali bugar dan siap beraktivitas keesokan hari.

Baca juga: Diet Tanpa Nasi? Bisa Kok, Ini Caranya!

Manfaat dan Keuntungan

Untuk kebanyakan orang, menurunkan berat tubuh dilakukan dengan tujuan membentuk tubuh agar lebih ideal. Namun di samping itu, ternyata ada banyak sekali manfaat dan keuntungan lainnya yang bisa didapat. Di antaranya yaitu:

Menguatkan Jantung

Sebuah studi dari Journal of the American Heart menyebut bahwa menurunkan berat badan sekitar 10 persen dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, insulin, dan trigliserida. Ketiganya merupakan jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga pengurangan kadarnya akan membuat jantung lebih sehat dan kuat.

Hidup Lebih Berkualitas

ragam cara menurunkan berat badan

Penurunan berat badan juga memengaruhi kualitas hidup seseorang. Di mana ketika program menurunkan berat badan berhasil dilakukan, hidup terasa lebih bahagia, kepercayaan diri meningkat, dan tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, kehidupan sosial juga akan lebih interaktif dan mood terjaga.

Menjaga Persendian

Kelebihan berat badan sering mengakibatkan nyeri pada lutut dan sendi, karena beban yang berat. Oleh karena itu, dengan menurunkan berat badan maka nyeri yang dirasakan akan semakin berkurang dan sendi menjadi lebih sehat.

Mempertajam Ingatan

Sebuah penelitian pada 2011 menyatakan bahwa penurunan berat badan dan peningkatan memori otak sangat erat berkaitan. Orang-orang yang berhasil melakukan diet sehat mengalami peningkatan memori otak yang membuatnya lebih tanggap dalam berpikir.

Tubuh Lebih Sehat

Menurunkan berat badan dapat sekaligus mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Ketika berat badan normal maka tubuh menjadi lebih sehat, gigi dan tulang kuat, mata jernih, dan risiko kanker menurun.

Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan ragu-ragu lagi karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Apalagi dengan diet yang tepat, Anda tak perlu khawatir harus menahan lapar agar berat badan berkurang.

Baca juga: Baru Memulai Diet Keto? Ini Hal yang Harus Diperhatikan!

Comments are closed.