Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat dengan Gaya Hidup Sehat

Asuransi KesehatanHealth

Penerapan gaya hidup sehat bisa jadi solusi cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang mengganggu kesehatan. Mari mulai dari sekarang! 

Gangguan kesehatan apa pun seperti kolesterol dan asam urat tentunya akan mengganggu aktivitas Anda. Bahkan, memiliki risiko akan gangguan kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Dalam kasus asam urat, penderita bisa merasakan kesemutan dan linu hingga nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.

Untuk menghindari kedua gangguan kesehatan itu, ada cara menurunkan kolesterol dan asam urat melalui penerapan gaya hidup yang sehat. Apa saja sih gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan sebagai cara menurunkan kolesterol dan asam urat? Lakukan cara menurunkan kolesterol dan asam urat berikut ini, yuk!

Gaya hidup di bawah ini adalah cara untuk menurunkan kolesterol:

Makanan Bergizi

Gaya hidup sehat yang pertama harus Anda perhatikan adalah asupan makanan harian Anda. Cara menurunkan kolesterol dan asam urat tandanya Anda harus memperbanyak asupan makanan dan minuman yang rendah kolesterol. Anda harus mulai menghindari makanan mengandung saturated fat seperti makanan cepat saji, jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, hingga beberapa jenis makanan seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi, dan kerang.

Rutin Berolahraga

Melakukan berbagai aktivitas fisik akan memperbaiki kolesterol Anda. Bila ini dilakukan rutin, secara perlahan Anda akan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Buatlah jadwal rutin setidaknya 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi olahraga mulai dari 20-30 menit. Biar Anda makin bersemangat tidak ada salahnya untuk mencari teman olahraga bersama atau bergabung dengan komunitas olahraga.

Berhenti Merokok

Kalau Anda sekarang ini memiliki kebiasaan sebagai perokok, sebaiknya secara perlahan cobalah untuk berhenti. Berhenti merokok akan memperbaiki kualitas level HDL Anda. Selain itu, sejak Anda berhenti merokok selama 20 menit, tekanan darah dan detak jantung Anda akan mulai proses pemulihan dari pengaruh rokok. Tiga bulan sejak Anda berhenti merokok, sirkulasi darah dan paru-paru Anda akan semakin baik fungsinya.

Kontrol Berat Badan

Penambahan beberapa pon berat badan saja, untuk penderita kolesterol tinggi akan sangat berpengaruh dengan tingkat kolesterolnya. Maka sebaiknya Anda mulai menjaga berat badan. Kurangi minuman dan makanan manis yang banyak mengandung gula. Sebagai gantinya, Anda bisa perbanyak air putih.

Ada beberapa gaya hidup sehat juga ya harus Anda lakukan bila ingin menurunkan asam urat, yaitu:

Hindari Makanan Manis

Asam urat biasanya kerap dihubungkan dengan makanan-makanan yang kaya akan protein. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Melalui jurnal Sugar, Uric Acid, and the Etiology of Diabetes and Obesity, para peneliti menemukan bahwa gula dalam jenis fructose dapat meningkatkan level asam urat. Sebaiknya, Anda cek selalu label kandungan di setiap makanan yang Anda konsumsi.

Hindari Minuman Manis

Minuman manis, soda, hingga bahkan jus buah segar mengandung gula dalam jenis fructose. Fructose dari jus ini lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding fructose yang terkandung dalam makanan. Bila Anda terus menerus mengonsumsi minuman manis, akhirnya level gula darah Anda akan ikut meningkat dan memperbesar risiko asam urat.

Minum Air Mineral Lebih Banyak

Cara terbaik menghindari minuman manis adalah konsumsi lebih banyak air mineral. Kebiasaan ini akan membantu ginjal Anda membuang asam urat lebih cepat. Selalu sediakan botol air di dekat Anda, kalau perlu atur alarm sebagai pengingat untuk Anda minum.

Hindari Minuman Beralkohol

Selain dapat membuat Anda lebih cepat dehidrasi, alkohol juga bisa meningkatkan level asam urat dalam tubuh. Kondisi ini terjadi karena ginjal Anda harus bekerja ekstra untuk menyaring hal-hal yang kurang baik dari konsumsi alkohol bukan malah bekerja membuang asam urat di tubuh. Beberapa jenis alkohol juga memiliki kandungan yang tinggi akan purines.

Kurangi Berat Badan

Penambahan berat badan, meski beberapa kilo pun, akan meningkatkan level asam urat di tubuh. Sel lemak akan memproduksi lebih banyak asam urat dibandingkan sel otot. Tak hanya itu, penambahan berat badan juga akan membuat beban kerja ginjal menambah. Namun, jangan sampai juga berat badan Anda menurun drastis, ini juga akan menganggu kinerja ginjal.

Seimbangkan Level Insulin dalam Tubuh

Hormon insulin ini berfungsi memindahkan gula dalam darah ke sel-sel dalam tubuh untuk dijadikan tenaga agar setiap fungsi dalam tubuh bekerja secara efektif. Maka sebaiknya, lakukan pengecekan level gula darah dengan dokter Anda secara berkala. Ini penting apalagi bila Anda menderita diabetes. Penderita diabetes tipe 2, bisa jadi memiliki banyak insulin dalam darahnya. Kelebihan hormon insulin ini akan menyebabkan asam urat dalam tubuh, seperti saat penambahan berat badan.

Perbanyak Asupan Serat

Meningkatkan asupan serat akan membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat. Serat ini juga bekerja menyeimbangkan level gula darah dan insulin. Tambahkan setidaknya 5-10gram serat yang mudah larut dalam tubuh seperti buah-buahan, sayur-mayur, oats, dan kacang-kacangan.

Vitamin C

Dari hasil penelitian Effect of Oral Vitamin C Supplementation On Serum Uric Acid: A Meta‐Analysis Of Randomized Controlled Trials menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat. Juga membantu untuk mengurangi peradangan. Konsumsi vitamin C dari sumber-sumber asupan yang kaya akan nutrisi ini seperti citrus, stroberi, kiwi, jambu biji, brokoli, serta tomat.

Kurangi Stres

Bila Anda stres, memiliki jam tidur yang buruk, dan kurang berolahraga, semuanya akan meningkatkan peradangan. Peradangan ini akan menimbulkan risiko yang tinggi dari peningkatan asam urat. Berlatihlah untuk bermeditasi dan mengatur napas Anda untuk mengurangi tingkat stres.

Selalu lakukan pengecekan rutin kondisi kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Gaya hidup sehat yang telah kami jabarkan di atas bisa menjadi cara untuk menurunkan kolesterol dan asam urat yang Anda alami atau orang-orang terdekat Anda.

Lindungi juga diri Anda dan seluruh keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan mudah dan aman melalui Futuready.com. Tak perlu khawatir sebab Futuready.com aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memagang lisensi resmi dari OJK dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.