Sudah Terapkan Cara untuk Cegah Virus Corona?

HealthLifestyle & Leisure

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari virus corona yang sangat meresahkan ini.

Kita semua tahu bahwa COVID-19 menyebar dengan sangat cepat di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Namun, sayangnya belum ada upaya vaksin atau obat khusu untuk menangani virus satu ini. Jadi, tak heran jika pada akhirnya banyak sekali orang yang terjangkit virus yang berbentuk seperti mahkota ini.

Perlu diingat, tidak ada kata terlambat untuk proteksi diri dari bahaya Corona. Salain dengan cegah virus corona untuk memasuki tubuh, cara lainnya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan yang dapat melindungi biaya medis untuk penanganan COVID-19 sebab kita bisa kapan saja terjangkit virus ini. Belum proteksi diri Anda dan keluarga dari virus corona dengan asuransi kesehatan? Segera dapatkan hanya di Futready.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Asuransi Penyakit Kritis?

Meski di Indonesia sudah cukup banyak orang yang terpapar virus ini, bukan berarti kita tidak punya langkah pencegahan. Faktanya, ada cukup banyak cara untuk cegah virus corona masuk ke dalam tubuh kita. Apa sajakah cara yang dimaksud? Ini dia!

Cara yang Efektif untuk Mencegah COVID-19 Menyerang Tubuh

Mencuci Tangan dengan Benar

cara cegah virus corona

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana tapi efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik, setidaknya selama 20 detik. Usahakan semua bagian tangan sudah tercuci dengan bersih. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Cara menyiasatinya, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Pastikan produk hand sanitizer yang Anda gunakan sudah mengandung alkohol minimal 70% supaya lebih efektif dalam membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, bersinggungan dengan orang lain, memegang fasilitas umum, serta setelah batuk atau bersin. Bagi para ibu, cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

Menjaga Kesehatan Imun Tubuh

Kondisi seperti saat ini, pastikan kita benar-benar menjaga kesehatan. Jangan biarkan imun dalam tubuh menurun karena virus akan mudah menyerang ketika imun menurun. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar kekuatan imun dalam tubuh tetap terjaga:

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Kelola Stress
  • Cukup Istirahat (Dewasa: 7-8 Jam, Remaja: 9-10 Jam)
  • Rutin Berolahraga minimal 30 menit sehari, bisa dimulai dari berjalan kaki.
  • Minum Air Mineral minimal 1,5 L Per hari
  • Hindari Rokok dan Alkohol

Baca juga: Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Keluarga yang Bagus

Jaga Jarak Sosial

Salah satu cara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah dengan jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau social distancing.

Dengan menerapkan hal ini ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak Anda dengan orang lain sekitar dua meter.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Virus Corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah, yakni mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah rentan tersentuh oleh tangan, baik disadari atau tidak. Sangat penting menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain, sebab Anda bisa kapan saja memegang wajah tanpa kita sadari.

Menggunakan Masker

tip cegah virus corona

Baru-baru ini, pemerintah telah melakukan himbauan untuk penggunaan masker. Jadi, yang sebelumnya hanya orang sakit saja yang menggunakan masker, kini seluruh masyarakat Indonesia baik dalam kondisi sehat atau sakit wajib menggunakan masker ketika keluar rumah.

Jenis masker yang dianjurkan adalah bermaterial kain untuk masyarakat umum, sedangkan tenaga medis bisa menggunakan masker bedah ataupun N95. Anda bisa menggunakan masker kain maksimal 4 jam kemudian dicuci menggunakan sabun.

Untuk proses melepas masker (masker bedah atau N95), pastikan Anda tidak menyentuh bagian depan atau muka masker. Sebab, bagian itulah bersarangnya banyak kuman dan bakteri. Setelah melepas masker, langsung cici tangan dengan sabun dan air mengalir atau jika tidak ada, Anda bisa gunakan hand sanitizer agar tangan terbebas dari kuman dan bakteri yang menempel.

Terapkan Etika Ketika Bersin & Batuk

Bersin dan bantuk merupakan salah satu media yang cepat untuk menularkan virus corona ke orang lain. Oleh karena itu, ikuti etika ketika bersin atau batuk yang dianjurkan oleh WHO, yaitu dengan cara tutup mulut menggunakan tisu. Jika sedang tidak membawa tisu atau masker, Anda bisa menutup mulut dan hidung pada bagian lipatan siku tangan. Setelah itu, pastikan Anda langsung mencuci tangan dan jangan menyentuh bagian muka atau bersentuhan dengan orang lain.

Hindari Berjabat Tangan, Berpelukan, dan Berbagi Barang Pribadi

Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan mampu mencegah penyebaran virus berbahaya ini. Untuk saat ini, menghindari kontak adalah cara terbaik. Tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran COVID-19.

bagaimana cegah virus corona

Virus corona mampu bertahan di permukaan hingga tiga hari. Penting untuk tidak berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir. Pastikan Anda menggunakan peralatan sendiri untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyebaran virus corona.

Terlihat jelas bahwa ada banyak cara untuk cegah COVID-19 menyerang dan menyebar. Semua cara untuk pencegahan sebenarnya sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu, mari kita terapkan bersama untuk menekan angka korban dan bantu pemerintah melawan virus corona!

Baca juga: Ketahui Hal Ini Sebelum Menentukan Asuransi Kesehatan Keluarga

Comments are closed.