Cek Kesehatan Keluarga Sebelum Liburan Akhir Tahun

Health

Liburan akhir tahun bersama keluarga merupakan hal menyenangkan. Namun, jangan lupa untuk persiapkan cek kesehatan keluarga sebelum pergi berlibur.

Cek kesahatan atau medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh pada tubuh kita. Tujuannya, untuk lebih memastikan kondisi kesehatan dari adanya gangguan penyakit yang bisa berkembang. Jika dari hasil pemeriksaan tersebut ada kondisi khusus atau penyakit, maka segera harus dilakukan penanganan.

Liburan akhir tahun banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk liburan bersama keluarga. Selain berbagai persiapan penting dari mulai tiket, akomodasi, dan lain-lain ada hal yang sangat penting untuk dipersiapkan yaitu kesehatan.

Hal ini juga berlaku jika Anda dan keluarga ingin menikmati liburan akhir tahun, karena untuk mencegah dari hal yang tak diinginkan saat liburan nanti. Penting untuk diingat jika ingin cek kesehatan, lebih direkomendasikan pada orang yang memiliki indikasi penyakit tertentu.

Waspada Penyakit Menular

Penyakit menular tidak pandang bulu, sebaik apa pun kondisi Anda. Menurut WHO menyebutkan beberapa penyakit yang umumnya menular, yaitu melalui makanan atau udara. Seperti yang sering mengintai para traveler, saat sedang berlibur adalah diare. Penularan pennyakitnya selain dari makanan bisa juga dari udara, yaitu dari minuman, hewan, skes, darah, dan tanah. Kemudian penyakit yang baru ketahuan setelah pulang dari traveling adalah brucellosis, leishmaniasis, TB, dan HIV/AIDS. Tapi, semua hal tersebut bisa dicegah dengan diberikan vaksin

Menurut World Health Organization (WHO), berikut ini daftar vaksin saat hendak bepergian:

Vaksin Rutin

  1. Diphtheria.
  2. Hepatitis B.
  3. Haemophilus Influenzae Type B.
  4. Human Papillomavirus.
  5. Seasonal Influenza.
  6. Measles.
  7. Mumps.
  8. Pertussis.
  9. Rubella.
  10. Pneumococcal Disease.
  11. Poliomyelitis (Polio).
  12. Rotavirus.
  13. Tuberculosis (TB).
  14. Tetanus.
  15. Varicella.

Vaksin Khusus

  1. Cholera.
  2. Hepatitis A.
  3. Hepatitis E.
  4. Japanese Encephalitis.
  5. Meningococcal Disease.
  6. Rabies.
  7. Tick-Borne Encephalitis.
  8. Typhoid Fever.
  9. Yellow Fever.

Pahami Prosedur Cek Kesehatan Keluarga

Sebelum datang ke rumah sakit untuk melakukan medical check up, ada beberapa jenis pemeriksaan yang harus Anda ketahu seperti yang ada di bawah ini.

Cek Kesehatan Keluarga Pemeriksaan Keseluruhan Tubuh

Umumnya, menurut standarisasi ilmu kedokteran, ketika Anda melakukan medical check up. Dokter akan menjalani pemeriksaan kesehatan, dari mulai yang standar hingga yang lebih detail. Ini berlaku untuk wanita dan juga pria.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Cek Kesehatan Keluarga Pemeriksaan Secara Umum

Proses pemeriksaan standar yang telah dilakukan pada pria dan wanita ini meliputi tekanan darah, suhu tubuh, hingga detak jantung. Kemudian, tingkat dan pemeriksaan standar lain.

Proses pemeriksaan kesehatan pada orang dewasa, meliputi tekanan darah yang normal antara 120/80. Kemudian, melalui pemeriksaan ini bisa diketahui apakah tekanan darah normal, tinggi (hipertensi), atau bisa jadi rendah (hipotensi).

Manusia memiliki suhu tubuh normal rata-rata 36,5-37,5 C namun ada juga yang sedikit lebih rendah atau tinggi. Hal ini wajar, karena dipengaruhi pula oleh aktivitas dan paparan suhu lingkungan sekitar.

Kemudian rata-rata detak jantung normal pada manusia berniai 6-100. Ada juga manusia yang detak jantungnya berada di bawah 60 dan masih dalam tahap normal. Dokter kemudian akan memeriksa detak jantung sekaligus kondisi paru-paru. Pada ukuran tingkat pernapasan yang normal bagi orang dewasa yang bugar dan sehat adalah 16-20 per menit. Perlu diperhatikan jika Anda mengalami gangguan pada paru-paru atau jantung jika mengalami pernapasan lebih dari 20 kali per menit.

Pada saat cek kesehatan yang berarti pemeriksaan kondisi tubuh secara keseluruhan. Dari mulai penglihatan, pendengaran, pencernaan, anggora gerak dan saraf. Biasanya setelah dilakukan pemeriksaan itu, akan dilakukan pemeriksaan standar lain seperti kadar gula, darah, kadar kolesterol, asam urat dan pemeriksaan darah.

Selamat berlibur, semoga perjalanan Anda dan keluarga menyenangkan!

Comments are closed.