Cemilan Sehat Untuk yang sedang Diet

HealthLifestyle & Leisure

Jangan takut gendut hanya karena doyan ngemil. Ada cemilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet. Apa saja cemilan itu?

Bagi Anda yang sedang program diet tapi tetap ingin makan enak? Jangan khawatir karena masih banyak cemilan sehat yang rendah kalori dan cocok sekali bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.  Tanpa lama-lama lagi, berikut ini daftar cemilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet.

Air-Popped Popcorn

Anda bisa memanfaatkan microwave di kantor dengan membuat cemilan popcorn yang sehat! Tambahkan taburan bumbu seperti kayu manis, merica, jintan, kunyit, atau rosemary kering untuk menambahkan rasa pada berondong jagung buatanmu.

Baca juga: Baru Memulai Diet Keto? Ini Hal yang Harus Diperhatikan!

Rumput Laut Bakar

Cemilan sehat untuk diet yang renyah dan gurih ini jadi alternatif pengganti chips atau cracker. Rumput laut bakar kaya akan mineral, vitamin A, C, E, K, dan B. Selain itu, rumput laut merupakan makanan yang rendah kalori, kaya serat dan nutrisi.

Plain Oatmeal

ragam cemilan sehat
Tidak hanya untuk sarapan, oatmeal juga bisa menjadi camilan sehat. “Campurkan oatmeal plain dan air dalam gelas, panaskan di microwave, dan taburi dengan kayu manis.

Buah Kering

Camilan buah kering dapat memuaskan rasa manis yang Anda inginkan. Selain itu, sehat karena mengandung banyak serat. Pilihan aprikot kering atau kurma kering dengan kacang mentah dapat memberikan lemak sehat pada tubuh. Ingat untuk menahan diri nggak menambahkan gula, ya, Bela.

Granola

Granola rendah gula, granola bars, atau sereal granola adalah camilan kering sehat yang bisa Anda simpan di meja kantor. Namun, jangan menyantap berlebihan karena ia bisa menyumbangkan banyak kalori pada tubuh. Sebagai variasi, Anda bisa menuangkan susu pada semangkuk granola untuk menambahkan protein ekstra.

Dark Chocolate

Bukan rahasia lagi kalau cokelat adalah camilan manis yang kaya nutrisi. Eits, dark chocolate, ya! Camilan ini bisa sebagai pereda stres alami.

DIY Trail Mix

Bingung ingin menyantap yang mana? Buat saja mix beberapa cemilan di atas. Campurkan seporsi buah kering, biji-bijian, kacang, bahkan dark chocolate chips ke dalam wadah penyimpananmu. Jika sulit menemukan porsi yang tepat, ada banyak sumber informasi membuat DIY trail mix yang bisa Anda intip, atau membeli yang sudah jadi dari produsen makanan.

Protein Shake

Bawalah protein shake jika Anda menginginkan camilan sore. Minum protein shake akan membantu menjaga perut Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, serta memberikan nutrisi ke tubuh. Anda bisa membuat protein shake yang sehat dengan menambahkan pisang pada seperempat cangkir yoghurt dan seperempat cangkir susu dalam blender. Tambahkan madu, bubuk kayu manis dan biji chia, karena akan memberi Anda banyak energi dan akan membuat perut Anda kenyang.

Hummus dan Sayuran

ragam cemilan sehat

Hummus terbuat dari buncis, yang kaya protein dan serat. Kacang buncis juga mengandung zat besi, folat, fosfor dan vitamin B. Jus lemon juga ditambahkan dalam pembuatan hummus, yang akan memberikan vitamin C dan antioksidan. Hummus dan sayuran mentah atau dikukus ketika dipasangkan bersama akan menjadi camilan sehat. Kudapan sehat ini membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.

Yoghurt, Almond dan Buah-Buahan

Yoghurt, almond, dan buah-buahan adalah salah satu makanan ringan sore yang sehat yang dapat Anda pilih. Ambil yoghurt tawar, taburi dengan buah-buahan musiman dan almond. Hindari menambahkan gula, dan Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk rasa manis. Sekitar 23 almond menyediakan 6 gram protein, 4 gram serat, 35 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 20 persen riboflavin, 8 persen kalsium, dan 6 persen potasium.

Kurma, Selai Kacang dan Garam Laut

Ada baiknya, Anda menyimpan bahan-bahan makanan di samping Anda untuk mengekang hasrat makan pada sore hari. Ambil kurma, taburi dengan selai kacang dan taburkan sedikit garam laut di atasnya. Kombinasi sempurna ini akan memuaskan hasrat Anda terhadap rasa manis dan asin seketika. Makanan ini juga mengandung, serat dan protein yang sehat. Anda bisa menambahkan bahan-bahan ini ke dalam blender dan membuatnya menjadi smoothie.

Baca juga: Cara Diet Sehat yang Mudah dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Irisan Tomat dengan Minyak Zaitun

Tomat kaya akan antioksidan, vitamin E, tiamin, niacin, vitamin B6, vitamin C, folat, magnesium, fosfor dan tembaga. Anda cukup memotong irisan tomat, minyak zaitun, dan tambahkan keju favorit Anda seperti keju cheddar, keju feta, dan keju biru. Ini akan membuat camilan sore yang sehat, karena diisi dengan lemak baik, lycopene, kalsium dan protein.

Keripik Pisang Panggang

Jika Anda menginginkan keripik pada siang hari, mengapa tidak memilih keripik yang sehat? Panggang keripik pisang membuat versi yang lebih sehat, karena dikemas dengan potasium. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Iris saja pisang, letakkan di atas loyang dan olesi dengan minyak. Panggang selama 10 menit pada 180 derajat dan tambahkan garam dan merica untuk hiasan.

Almond

Segenggam kacang almond panggang akan menghasilkan kudapan sore yang sehat. Almond menyediakan vitamin E, serat, protein, dan lemak sehat. Dalam mangkuk, tambahkan almond, aduk dalam bubuk jinten, bubuk bawang putih, cabe rawit, dan garam. Aduk bumbu dalam minyak hingga hangat selama sekitar 30 detik.

Puding Beras Cokelat

Nasi cokelat lebih sehat daripada nasi putih, karena beras merah mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, kalium, mangan, protein, lemak, selenium, magnesium, kalori. Anda dapat menggabungkan beras merah, susu, mentega, dan ekstrak vanila dalam mangkuk. Masukkan ke dalam oven dan tambahkan madu atau buah beri untuk rasa.

Baca juga: Diet Tanpa Nasi? Bisa Kok, Ini Caranya!

Kismis

Kismis manis, sehat dan dikemas dengan vitamin dan mineral. Kismis penuh dengan energi dan kaya serat juga. Kismis dapat membantu pencernaan, meningkatkan kadar zat besi dan menjaga tulang Anda tetap kuat. Makanan manis ini memiliki khasiat menenangkan perut. Sekitar 3 sendok makan kismis, kira-kira 75 kismis akan membantu Anda menjalani hari dengan lebih baik.

Bolu Pisang

ragam cemilan sehat

Bolu pisang terbuat dari pisang tumbuk, sangat cocok untuk camilan manis yang sehat. Satu potong bolu pisang tanpa kacang walnut mengandung 196 kalori. Sisa kalori dalam kue pisang berasal dari 6,3 gram lemak dan karbohidrat. Bolu pisang mengandung vitamin dan mineral penting, seperti potasium, tembaga, selenium, mangan dan vitamin B6. Jika Anda menambahkan kacang kenari, kue itu akan menyediakan lebih dari 20 persen tembaga dan mangan.

Comments are closed.