Chiropractic: Perlukah?

Saat ini chiropractic sedang populer sebagai salah satu metode pengobatan alternatif. Seperti apa sebenarnya chiropractic?

Health

Halo Brett,
Saya ingin tahu lebih lanjut mengenai chiropractic. Apakah itu merupakan salah satu bagian dari ilmu kedokteran? Apakah chiropractic perlu dilakukan secara rutin?

Salam,
Celia

Halo Celia,
Saya sering mendapatkan pertanyaan ini karena chiropractic semakin populer di Indonesia. Sebagai seorang fisioterapis, saya akan menjawab seobyektif mungkin.

Apa itu chiropractic? Chiropractic termasuk ¥pengobatan alternatif¥, bukan obat ataupun ¥dokter¥ seperti banyak anggapan yang beredar di Indonesia.

Pelatihan: Chiropractor adalah tenaga profesional yang harus menjalani pendidikan selama 8 tahun untuk menjadi chiropractor. Ahli di bidang ini bukan dokter.

Yang dilakukan: Chiropractor berfokus pada area tulang belakang (dari tulang ekor hingga leher), seperti tulang persendian, syaraf, dan otot sekitar tulang punggung.

Cara pengobatan: Chiropractor menggunakan teknik untuk memanipulasi dan menggerakkan sendi pada tulang belakang. Terkadang tehnik ini menimbulkan bunyi ¥krek¥.

Apakah cara ini akan berhasil? Ya, chiropractic adalah metode yang dapat memperbaiki tulang punggung yang tidak lurus. Metode ini dapat mengatur kembali tulang belakang sehingga kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Frekuensi: Tergantung kondisi tubuh Anda dan saran chiropractor. Saya percaya dengan aturan ¥moderasi¥, yaitu jika terlalu sering maka efektivitas metode ini berkurang dan ¥tidak baik¥ untuk Anda.

Leave a Reply