Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Asuransi KesehatanHealth

Sudah tahukah Anda ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara mengatasinya? Yuk, cari tahu bersama melalui artikel ini!

Apakah itu Kolesterol Tinggi?

Kolesterol adalah zat lilin, berbentuk seperti lemak di dalam tubuh yang diproduksi oleh hati Anda. Kehadiran kolesterol di dalam tubuh Anda itu sebenarnya sangat penting sebab ia membentuk selaput sel, vitamin D, juga beberapa hormon di dalam tubuh. Kolesterol ini tidak larut dalam air, jadi ia bisa “jalan-jalan” ke manapun di dalam tubuh Anda dengan sendirinya.

Nah, kolesterol ini sendiri menggunakan “transportasi” mengalir dalam aliran darah Anda dengan bantuan partikel yang bernama lipoproteins. Lippoproteins ini ada dua bentuknya:

  1. Low-density lipoproteins (LDL) atau yang nama lainnya disebut kolesterol jahat. LDL ini bisa menumpuk di arteri dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius seperti serangan jantung dan stroke.
  2. High-density lipoproteins (HDL) alias kolesterol baik. HDL ini yang akan mengembalikan si anak nakal LDL ke hati untuk dibersihkan.

Bila Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi akan lemak akan meningkatkan kadar LDL dalam darah. Kondisi inilah yang disebut kolesterol tinggi atgau hypercholesterolemia. Selanjutnya bila tingkat LDL lebih tinggi dan level HDL rendah, maka lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan ini nantinya akan mengganggu kelancaran peredaran darah di arteri Anda. Akhirnya akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada jantung dan otak, yang risikonya bisa begitu fatal.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ciri-ciri kolesterol tinggi sebenarnya sulit dibaca dan tidak muncul. Dalam banyak kasus, kolesterol tinggi inilah yang menjadi penyebab hal-hal yang gawat. Misalnya saja serangan jantung dan stroke yang bisa muncul karena kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Serangan ini biasanya tidak muncul hingga level kolesterol yang tinggi menumpukkan plak dalam arteri tubuh Anda. Plak ini akan membatasi ruang arteri jadinya peredaran darah akan terhambat.

Cara terbaik untuk mengetahui tingkat kolesterol Anda adalah dengan melakukan pengecekan darah. Bila kondisinya tinggi maka hasilnya akan melebihi 240mg/dL. Sebaiknya, lakukan pengecekan setiap empat atau enam tahun sekali dan minta dokter Anda melakukan kolesterol tes sejak usia 20 tahun.

Bisa jadi dokter akan meminta Anda melakukan pengecekan lebih sering bila Anda punya status keluarga yang telah memiliki kolesterol atau bila Anda menunjukkan risiko-risiko berikut:

  1. Tekanan darah yang tinggi
  2. Kelebihan berat badan
  3. Merokok

Diagnosis Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Salah satu cara yang selalu digunakan untuk mendiagnosa tingginya tingkat kolesterol adalah dengan melakukan cek darah yang disebut lipid panel. Prosesnya dokter akan mengambil sampel darah Anda dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisa. Biasanya, dokter akan meminta Anda untuk berpuasa setidaknya selama 12 jam sebelum tes.

Lipid panel ini akan mengukur total kolesterol dalam tubuh Anda termasuk HDL, LDL, dan triglycerides. The Centers for Diases Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa ukuran yang ideal adalah:

  1. LDL: Kurang dari 100mg/dL
  2. HDL: 60mg/dL atau lebih besar dari itu.
  3. Triglycerides: Kurang dari 150mg/dL.

Artinya, secara keseluruhan batasan umum untuk total keseluruhan kolesterol ini ada di antara 200-239mg/dL. Bila lebih dari 240mg/dL maka dinyatakan tinggi.

Sedangkan untuk LDL umum untuk ada di antara 130-159mg/dL. Bila lebih dari 160mg/dL maka dinyatakan tinggi.

Sedangkan untuk HDL Batasan rendah ada di antara 40mg/dL.

Ayo mulai peduli dengan kondisi kesehatan Anda. Pahami semua ciri-ciri kolesterol tinggi pada diri Anda dan seluruh anggota keluarga. Selalu lakukan pengecekan rutin kondisi kesehatan tubuh Anda dan kelaurga. Nah, untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda, lindungi juga diri Anda dan seluruh keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan mudah dan aman melalui Futuready.com. Tak perlu khawatir sebab Futuready.com aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memagang lisensi resmi dari OJK dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.