Daftar Menu Buka Puasa yang Menyehatkan!

Health

Memilih menu buka puasa yang menyehatkan memang cukup sulit, tetapi menjaga pola makan harus dilakukan agar tubuh Anda tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa.

Bulan puasa memang sudah semakin dekat. Selain mental dan juga ibadah yang lebih ditingkatkan lagi, menu-menu makanan ketika sahur dan berbuka menjadi hal wajib yang harus dipersiapkan secara matang. Salah satunya memilih menu-menu buka puasa yang sehat dan tidak membuat badan gemuk. Menu buka puasa yang menyehatkan rasanya sedikit agak susah diterapkan di Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki banyak sekali jenis-jenis makanan enak yang khas untuk disantap ketika bulan puasa tiba.

Namun, makanan enak itu bukan berarti tidak sehat bukan? Anda masih bisa menikmati makanan enak yang tetap sehat dan tentunya tidak bikin gemuk. Tubuh memang membutuhkan sesuatu yang manis ketika berbuka puasa, hal ini dilakukan supaya kadar gula dalam tubuh tetap terjaga. Namun, tidak semua makanan yang manis baik untuk tubuh, tentunya kita harus memilah jenis makanan yang akan kita konsumsi saat berbuka puasa.

Makanan manis dan gorengan selalu menjadi pilihan utama pada saat berbuka puasa, yang menjadi penyebab seseorang mengalami kenaikan berat badan. Pola makan yang baik menjadi poin penting saat berbuka puasa agar tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan. Nah, agar tidak salah dalam menyiapkan menu-menu untuk berbuka puasa, berikut ini daftar makanan yang bisa dihidangkan sebagai menu buka puasa yang sehat.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jenis-Jenis Menu Buka Puasa yang Sehat

Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak tentu tidak menyehatkan. Sebab, banyak mengandung lemak tak jenuh yang menyebabkan kolesterol dalam tubuh meningkat. Tentu Anda tidak ingin mengundang penyakit ke dalam tubuh kan? Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak ketika buka puasa nanti. Mengkonsumsi makanan berlemak bukan hanya menyebabkan kolestrol meningkat, tetapi tubuh Anda juga bisa menjadi gemuk karena lemak-lemak tersebut.

Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas memang sangat mengiurkan dan hampir masyarakat Indonesia menyukainya. Sebab banyak yang menyatakan bahwa, tak lengkap rasanya bila makan tidak menggunakan sambal. Sah-sah saja untuk Anda memilih sambal sebagai pelengkap makanan, asalkan Anda tetap mengonsumsinya dalam tahap wajar. Saat berbuka puasa, perut masih dalam keadaan kosong. Sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi makanan pedas. Biasanya untuk memilih makanan yang bisa diterima oleh perut, seperti kue, kolak, dan makanan yang manis. Setelah itu barulah Anda bisa mengkonsumsi makanan yang pedas tapi dalam batasan yang wajar.

Baca juga: Kenali Manfaat dan Jenis Madu untuk Kesehatan

Hindari Junk Food

Makanan cepat saji menjadi pilihan utama dikarenakan memiliki rasa yang enak dan juga penyajiannya yang cepat hanya digoreng saja. Meskipun begitu, bukan berarti makanan ini sehat untuk tubuh Anda. Bukan hanya saat bulan puasa saja, tetapi makanan ini juga snagat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kurung waktu yang sering. Sebab, ada banyak kandungan bahan pengawet yang pastinya akan merusak tubuh Anda.

Pilih Sayur dan Buah

Asupan sayur dan buah-buahan sangat disarankan untuk dipilih sebagai menu buka puasa. Buah yang sangat disarankan saat berbuka puasa adalah kurma, karena banyak memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun perlu dibatasi porsinya agar kadar gula darah tidak naik. Sedangkan sayur bening, seperti bayam dan sop menjadi pilihan yang tepat untuk makanan buka puasa Anda yang pastinya menyehatkan.

Konsumsi Ikan

Mengonsumsi ikan pada saat buka puasa, bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda dalam berbuka puasa. Sebab ikan memiliki banyak protein baik yang dapat diserap oleh tubuh. Semakin banyak Anda konsumsi ikan, semakin banyak pula protein dan vitamin yang diserap oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat baik ikan sebaiknya konsumsi ikan dengan cara dikukus agar kandungan vitamin tidak rusak pada saat diolah. Segera santap ikan yang telah disajikan sebagai menu berbuka puasa Anda.

Itulah contoh menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk. Selain 5 menu makanan tersebut, masih banyak lagi menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk. Tetapi kelima menu tersebut sudah dapat mewakili menu-menu lainnya.Perhatikan juga pola makan pada saat berbuka puasa dan sahur agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari di bulan puasa.

Comments are closed.