Dampak Buruk dan Cara Mengatasi Pikiran Negatif

Health

Pikiran negatif seringkali menghantui banyak orang. Jika dibiarkan terus-menerus, pikiran tersebut akan menimbulkan dampak buruk pada diri orang tersebut.

Setiap manusia pasti dibekali akal yang tak lain fungsinya adalah untuk dapat berpikir. Sebab, segala sesuatu di dalam hidup memang perlu dipikirkan dengan baik dan cermat agar berjalan sesuai dengan harapan serta terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Tentu kita semua tahu bahwa pikiran manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran positif membuat seseorang sangat optimis bahwa hal baik akan menghampiri dirinya. Pikiran positif pun tentu membuat orang tersebut jadi lebih tenang dalam mengambil keputusan, baik kecil maupun besar.

Hal tersebut sangatlah bertolak belakang dengan orang yang memiliki pikiran negatif. Pikiran negatif akan membuat seseorang merasa pesimis dan tentunya tidak dapat berpikir jernih untuk mengambil keputusan dalam suatu hal. Umumnya, pikiran negatif akan membuat orang tersebut sulit untuk maju karena terbelenggu oleh berbagai hal buruk, seperti rasa takut, marah, dan sebagainya.

Lalu, apakah ada dampak buruk yang akan dialami seseorang jika ia memiliki pikiran negatif? Tentu ada. Bahkan, dampak tersebut dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Penasaran apa saja dampaknya? Mari kita simak di bawah ini!

Baca juga: Dampak Buruk dari Susah Tidur yang Harus Dihilangkan!

Dampak Buruk Pikiran Negatif

Tak Bisa Melihat Peluang

Orang yang suka pesimis dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang negatif kemungkinan besar tak bisa melihat peluang baik dalam hidupnya meski peluang tersebut sudah di depan mata. Pikirannya akan terus berkutat pada kemungkinan-kemungkinan buruk dari peluang tersebut.

Memang pikiran negatif itu bisa membantu mencegah terjadinya risiko yang lebih besar, tetapi jika pikiran negatif tersebut lebih menguasai diri seseorang, akan sangat sulit bagi orang tersebut untuk dapat menemukan peluang yang tentunya dapat meningkatkan kualitas dirinya.

Tak Bisa Keluar dari Zona Nyaman

Sudah tentu orang yang memiliki pikiran negatif tak akan berani untuk keluar dari zona nyaman. Anda tentu sudah sering mendengar tentang zona nyaman, di mana zona tersebut dianggap sebagai suatu keadaan yang paling nyaman dan terbiasa bagi seseorang, contoh mudahnya dalam hal pekerjaan.

Baca juga: Mengecek Kepribadian dari Kebiasaan Memakai Jam Tangan

Memang, jika seseorang sudah nyaman di suatu tempat tentu akan sangat sulit untuk berpindah tempat. Namun, nyatanya banyak hal baru yang akan didapatkan jika orang tersebut dapat menghilangkan pikiran negatif dan keluar dari zona nyaman. Jadi, secara tidak langsung, pikiran negatif membuat orang tersebut tak siap untuk menjadi pribadi yang lebih maju.

Iri dengan Keberhasilan Orang Lain

Pikiran negatif membuat segala hal yang dilihat menjadi sangat buruk di mata orang tersebut. Bahkan, tak jarang jika orang lain yang menjadi sasaran pikiran negatif orang tersebut. Contohnya, jika orang yang memiliki pikiran negatif melihat orang yang sukses, bukannya mengapresiasi dan menjadi penyemangat untuk diri sendiri, justru orang tersebut malah iri pada orang yang berhasil ini.

Alhasil, bukannya terpacu untuk mencapai keberhasilan, orang yang memiliki pikiran negatif justru banyak menghabiskan waktunya untuk mencibir dan menjelek-jelekkan orang yang berhasil tersebut. Jadi, kemungkinan orang tersebut untuk sukses sangatlah kecil.

Merasa Tak Bahagia

Kita semua pasti setuju bila seseorang tak akan pernah merasa bahagia jika pikiran negatif selalu bersemayam di kepalanya. Terkadang, orang tersebut tidaklah secara sadar menginginkan untuk berpikir negatif, tetapi sulitnya untuk mengendalikan diri sering jadi penyebabnya.

Jika ingin bahagia, perlahan-lahan tapi pasti lepaskanlah beban pikiran negatif. Maka, nantinya kebahagiaan akan secara pasti menghampiri. Dapat dibayangkan jika seseorang yang selalu berpikir negatif tak pernah sedikit pun merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Pasti akan terasa sangat sengsara bahkan hingga hari tuanya.

Memengaruhi Lingkungan Sekitar

Kita semua pasti tahu bahwa lingkungan sangatlah berperan penting pada pertumbuhan mental dan pikiran setiap orang. Nah, terbayang kan jika pikiran negatif selalu melekat pada Anda, jangan heran jika orang-orang di sekeliling Anda pun melakukan hal yang sama bahkan pada diri Anda sendiri.

Apa pun bentuknya, baik keluhan, amarah, dan sebagainya, hal tersebut bisa membuat orang lain terpengaruh. Apa rasanya jika Anda hidup di dalam lingkungan orang-orang yang memiliki pikiran negatif dalam hidupnya? Tentu akan sangat tidak menyenangkan, kan?

Baca juga: 5 Kebiasaan Negara Skandinavia yang Patut Dicontoh

Cara Mengatasi Pikiran Negatif

Selalu Bersyukur

Pikiran negatif yang ada pada diri setiap orang tentu berbeda-beda. Salah satunya pikiran buruk seperti iri melihat kesuksesan orang lain. Untuk mengatasi pikiran negatif seperti ini, lebih baik jika Anda mensyukuri apa yang Anda miliki sekarang. Renungkan bahwa Tuhan sudah memberikan lebih dari cukup. Anda sudah punya rumah pribadi, pekerjaan tetap, keluarga yang utuh, sahabat dan tetangga yang baik dan lagi Anda dijauhkan dari penyakit yang serius.

Cerita Pada Orang Terdekat

Saat Anda tidak mampu menghilangkan pikiran negatif yang terus mengganggu, jangan pendam sendiri jika Anda merasa tidak mampu. Cobalah untuk bercerita atau curhat kepada orang lain yang Anda percaya misalnya orangtua, saudara, kerabat, atau teman.

Saat Anda sudah menceritakan apa yang menjadi permasalahan Anda, tentunya Anda merasa beban yang ada menjadi lebih ringan. Mereka juga tentunya dapat memberikan solusi atas apa yang sedang Anda keluhkan. Hal ini wajar mengingat pendapat orang lain tentunya memiliki sudut pandang yang berbeda dengan Anda sehingga Anda bisa berfikir lebih baik.

Merapat ke Lingkungan yang Positif

Ketika Anda salah memilih lingkungan tempat bergaul, maka Anda bisa terpengaruh dengan perilaku buruk mereka. Hal ini tentu tidak baik jika Anda berniat untuk menghilangkan pikiran negatif. Misalnya saja Anda bergaul dengan teman yang suka mabuk-mabukan, mungkin sekarang Anda belum terpengaruh namun besok atau lusa bisa saja Anda ikut minum bersama mereka.

Begitu juga sebaliknya, ketika Anda merapat ke lingkungan yang positif maka perilaku dan pikiran Anda akan ikut positif. Oleh karena itu, pilihlah lingkungan yang bisa membawa Anda untuk menjadi orang baik yang bisa menjauhkan dari pikiran yang negatif.

Pikiran negatif sama sekali tidak memberikan hal baik pada diri kita. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita jauhkan diri kita dari pikiran negatif agar tidak terhindar dari hal yan tidak diinginkan.

Comments are closed.