Dari yang Ringan Hingga Berat, Inilah Dampak Buruk Smartphone!

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Jika digunakan secara berlebihan, ada dampak buruk smartphone yang akan kita dapatkan, dari yang ringan hingga yang berat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Smartphone seakan tak bisa dilepaskan dari hidup pemiliknya. Berbagai hal yang mempermudah kehidupan dapat dilakukan hanya dari teknologi yang ukurannya kurang lebih sebesar telapak tangan ini.

Tak hanya itu, smartphone juga dianggap menjadi sebuah kebanggan tersendiri oleh pemiliknya. Semakin baru dan mahal smartphone, semakin tinggi pula derajat pemiliknya. Ya, sebesar itulah pengaruh smartphone dalam kehidupan manusia saat ini.

Tapi, ada hal yang perlu diwaspadai mengenai penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Meski memiliki banyak kelebihan dan memudahkan penggunanya, bila penggunaan secara berlebih juga dapat membawa dampak buruk smartphone bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

[quads id=3]

Berikut adalah dampak buruk smartphone bila digunakan secara berlebihan!

Mengurangi Interaksi Sosial

Ada istilah “smartphone itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”. Ya, istilah ini terbukti adanya. Sebagian besar orang lebih senang berkomunikasi dengan orang baru dan rekan yang jauh dari lokasi di mana mereka berada daripada bercengkrama langsung dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Hal ini terjadi akibat orang-orang menggunakan smartphone secara berlebihan sehingga kondisi di sekitar tidak lagi jadi perhatiannya. Miris, bukan?

Dampak Buruk Smartphone Menurunkan Daya Ingat

Smartphone memiliki fitur penyimpanan data dan momen yang canggih dan berkapasitas besar. Tak heran jika banyak orang memenuhi penyimpanan smartphone-nya untuk hal-hal yang menurut mereka penting dan berkesan. Tapi, hal ini membuat mereka memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap smartphone.

Dengan begitu, secara tak langsung, daya ingat mereka pun menurun karena tidak pernah digunakan dengan optimal. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama, bukan tidak mungkin daya ingat menurun drastis dan menyebabkan pikun di usia produktif.

[quads id=7]

Melemahkan Nalar dan Pola Pikir

Kita terbiasa mengakses berbagai hal hanya dengan sekali klik melalui layar smartphone. Tentu, hal ini membuat kita menjadi lebih mudah dalam melakukan sesuatu dan banyak waktu yang tak terbuang. Tapi, ternyata hal ini juga bisa jadi bumerang bagi kita.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kemudahan dalam mencari dan mengakses sesuatu berdampak langsung pada penurunan kecerdasan serta kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Jadi, semakin mudah kita mendapatkan sesuatu, semakin menurun juga usaha kita dalam berpikir.

Meningkatkan Berat Badan Salah Satu Dampak Buruk Smartphone

Apa hubungannhya dengan berat badan? Smartphone memungkinkan kita mengakses apa pun hanya dari layar kecilnya, seperti film, permainan, dan aplikasi media sosial. Rasanya, tak ada yang tak bisa kita lakukan dengan smartphone. Tapi, hal ini membuat kita menjadi lebih pasif, malas bergerak, dan cenderung suka ngemil sambil berselancar dari smartphone.

Akibatnya, berat badan tubuh menjadi meningkat. Bila dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan tubuh terkena obesitas dan berbagai penyakit yang terkait dengan berat badan berlebih.

Mengganggu Pola Tidur

Layar smartphone secara tidak langsung menghipnotis penggunanya agar terus menatap dan beraktivitas. Padahal, benda satu punya dampak buruk smartphone dari layarnya yang memiliki cahaya biru. Dampak buruk smartphone satu ini jika kita menatap layarnya terus menerus dan dalam waktu yang lama.

Salah satu dampak yang paling signifikan adalah terganggunya pola tidur, karena cahaya biru tersebut mengganggu produksi hormon melatonin dalam tubuh. Jadi, jika Anda bermain smartphone di malam hari, siap-siap untuk sulit istirahat dan tentunya Anda akan mengantuk di pagi hari.

Dampak Buruk Smartphone Menyebabkan Kecelakaan

Saat bermain smartphone, tentu kita fokus dengan apa yang muncul pada layar. Hal ini mungkin tidak masalah jika kita berada di dalam kamar atau di rumah. Tapi, jika hal ini terjadi saat berkendara, efeknya sangatlah berbahaya, yaitu menyebabkan kecelakaan.

Tidak sedikit kasus kecelakaan saat berkendara karena pengemudi lebih fokus melihat layar smartphone dibanding jalanan di depan. Kecelakaan yang terjadi pun beragam, mulai dari lecet mobil, kecelakaan yang sebabkan luka ringan hingga kematian.

 

Tidak ada salahnya bermain smartphone. Tapi, alangkah baiknya kalau kita bermain smartphone dengan waktu yang sesuai dan dalam kondisi yang aman agar terhindar dari dampak buruk smartphone di atas.

Comments are closed.