Efek Buruk Akibat Terlalu Sering Begadang

Health

Apakah Anda termasuk pekerja yang akrab dengan lembur dan begadang? Sebaiknya segera kurangi sebelum terkena efek buruk akibat terlalu sering begadang. 

Semasa kuliah begadang bersama teman-teman memang menyenangkan. Ada cerita dan tentu saja camilan lezat untuk menemani bincang-bincang semalam suntuk. Tapi ketika sudah jadi pekerja, begadang akibat lembur mengejar pekerjaan tentu tidak menyenangkan. Sudah delapan jam Anda bekerja di kantor, kalau masih harus ditambah lagi karena ada pekerjaan yang harus dituntaskan hingga begadang dan mengambil jatah istirahat Anda sepertinya Anda harus mengambil tindakan tegas. Sebelum efek buruk akibat terlalu sering begadang terjadi Anda harus kenal jelas apa saja efek buruk akibat begadang!

efek buruk begadang

Berat Badan Bertambah

Sadar tidak kalau saat begadang hingga tengah malam, rasanya Anda selalu ingin memakan sesuatu? Alhasil, rencana awalnya hanya ingin mengisi energi agar kuat begadang, tapi lama-kelamaan Anda akan merasa badan mulai membesar. Salah satu efek buruk akibat terlalu sering begadang adalah naiknya berat badan. Kurang tidur berkaitan dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar. Otak yang terus bekerja membuat energi habis dan harus segera diisi kembali dengan ragam makanan atau camilan. Tanpa sadar berat Anda sudah bertambah banyak. Gagal, deh diet!

efek buruk begadang

Wajah Terlihat Lebih Tua

Kurang tidur menyebabkan kortisol (sebuah hormon stres) mengalami pelepasan yang lebih banyak dibanding keadaan normal. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, padahal kolagen adalah protein yang bekerja dalam menghaluskan kulit dan menjadikannya elastis. Tak hanya itu, kebiasaan sering begadang dapat menimbulkan mata bengkak atau disebut mata panda dan muncul garis-garis penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat kusam.

efek buruk begadang

Mudah Lupa

Efek buruk akibat terlalu sering begadang lainnya adalah terhambatnya proses sharp wave ripples yang berfungsi untuk memperkuat ingatan. Begadang membuat fungsi otak untuk memperkuat, memindahkan ingatan, juga mentransfer memori ke bagian neokorteks (penyimpanan memori jangka panjang) menjadi terhambat. Alhasil Anda menjadi mudah lupa.

efek buruk begadang

Depresi

Salah satu efek buruk yang terparah jika terlalu sering begadang adalah depresi. Banyak orang yang didiagnosis mengalami rasa cemas berlebihan hingga depresi karena jam tidur mereka yang kurang dari enam jam di malam hari. Tak hanya itu, begadang juga memicu insomnia yang kaitannya erat menjadi penyebab depresi.

Leave a Reply