Gangguan Kista Pada Pria

Saya pernah operasi kista tapi sekarang tumbuh lagi. Apakah saya harus operasi lagi? Adakah obat untuk mencegah kista ini tumbuh lagi?

Health

Apa Kabar Dokter,

Saya mau bertanya, bagaimana menyembuhkan tuntas gangguan kista pada saluran kemih pria seperti saya? Sekadar informasi, saya pernah dioperasi dokter spesialis urologi 5 tahun lalu. Namun kista itu muncul lagi dan sekarang sudah sebesar biji jagung. Apakah harus dioperasi kembali? Apakah bisa sembuh melalui konsumsi obat? Adakah saran penyembuhan dengan konsumsi herbal alami? Langkah apa yang perlu saya tempuh untuk dapat sembuh total dan segera sehat kembali?

Terima kasih.

Salam,

Ven Voiser

Ê

Jawaban:

Dear Bapak Van Voiser,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Keluhan Anda saat ini adalah terdapat kista pada saluran kemih, yang dalam istilah medis dinamakan ureteritis cystica.

Ureteritis cystica adalah suatu peradangan pada saluran kemih yang menyebabkan timbulnya kista pada lapisan saluran kemih. Kista adalah tumor jinak yang berbentuk benjolan dan berisi cairan yang bersifat kental.

Berikut adalah jenis jenis penyakit penyebab terjadinya ureteritis cystica:

  • Peradangan berulang yang terjadi akibat batu di dalam ginjal, sehingga menyebabkan timbulnya kista pada saluran kemih dengan bentuk yang bervariasi.
  • Infeksi pada saluran kemih yang berulang yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, Enterococcus, dan Proteus Sp.
  • Infeksi saluran kemih akibat penyakit diabetes melitus.

Gejala dari ureteritis cystica adalah:

  • Nyeri saat berkemih.
  • Darah pada urin.
  • Nyeri pinggang.

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis urologi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui jenis jenis penyakit yang mungkin terjadi. Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Pyelogram Intravena

Tindakan memeriksa sistem saluran kemih menggunakan media kontras (pewarnaan) yang dapat dilihat pada sinar-X. Ini dilakukan untuk melihat kemungkinan adanya jenis jenis penyakit seperti sumbatan akibat tumor, kista atau batu, atau jenis-jenis penyakit kelamin pria lainnya.

  • Ureteroscopy Biopsy

Tindakan ini dilakukan jika memang diperlukan, yakni untuk memperkuat diagnosa kista saluran kemih. Prosedur ureteroscopy biopsy adalah memasukkan alat fiberoptik kecil bernama ureteroscope melalui uretraÊ(saluran yang menghubungkan kandung kemih ke lingkungan luar tubuh) dan kandung kemih ke dalam ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih).

Penanganan yang dilakukan tergantung dari gejala yang ada. Jika terdapat nyeri pada saluran kemih akan diberikan antibiotik, dan sampai saat ini tidak uji klinis medis yang membuktikan ada penanganan yang dapat diatasi dengan obat herbal. Namun, jika ditemukan kembali adanya kista setelah tindakan pyelogram intravena, maka dapat dilakukan tindakan ureteroscopy untuk mengatasinya. Ê

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Dyah Novita Anggraini

Leave a Reply