Pahami Pentingnya Jaga Gula Darah Agar Tetap Seimbang

Health

Gula darah di dalam tubuh bisa berubah kapan saja. Peningkatan maupun penurunan kadarnya bisa menimbulkan masalah kesehatan. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan Anda untuk terus menjaga keseimbangannya.

Demi mendukung kesehatan, kadar gula darah harus terjaga secara normal. Pola hidup yang lebih sehat wajib diterapkan. Jika tidak, dikhawatirkan ada peningkatan kadar gula di dalam darah yang menyebabkan risiko penyakit yang mematikan.

Istilah tersebut dipahami sebagai sedikit banyaknya kadar gula yang terkandung di dalam darah seseorang. Perubahan kadarnya dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman. Tentunya dengan memperhatikan jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh secara alamiah.

Perlu diingat bahwa kadar gula dalam darah ini bisa saja mengalami peningkatan ataupun penurunan. Keduanya sama-sama membahayakan kesehatan. Lalu, apa yang akan terjadi bila kondisi tersebut muncul?

Risiko Bila Kadar Gula Darah Tinggi

Dalam dunia medis, kadar gula darah tinggi dikenal dengan sebutan hiperglikemia. Ini merupakan kondisi di mana kadar gula di dalam darah seseorang mencapai 200 mg/DL atau melebihinya. Ketika ini terjadi, seseorang bisa terkena diabetes.

Kondisi peningkatan glukosa dalam darah ini disebabkan oleh ketidakmampuan insulin dalam menyeimbangkannya. Perlu diketahui bahwa insulin adalah zat khusus untuk penyeimbang glukosa tersebut. Insulin sendiri diproduksi oleh organ pankreas.

Ketika pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang besar, glukosa yang masuk di dalam darah tidak bisa diuraikan atau dipecah. Glukosa akan terus tersimpan dan terakumulasi di bagian-bagian tubuh. Tapi tidak bisa dipecah menjadi energi tubuh.

Terlalu banyaknya gula di dalam darah lantas menyebabkan masalah serius. Orang kerap kali menyebutnya sebagai diabetes. Diabetes sendiri menjadi penyakit yang berbahaya. Bahkan, menjadi salah satu penyakit yang mematikan.

Penyebab utamanya adalah pola hidup yang kurang sehat. Kemudian seseorang tidak mengatur asupan makanan sehingga menyebabkan glukosa sangat besar di dalam tubuh. Sayangnya, banyak orang yang masih kurang peduli dalam hal tersebut.

Ada beberapa hal yang menandai jika seseorang memiliki gula darah tinggi. Di antaranya adalah badan terasa lemah, berat badan turun drastis ataupun sebaliknya, sering haus, nafsu makan sangat tinggi, dan sering buang air kecil.

Sementara itu, masih ada gejala tambahan yang bisa dirasakan oleh seseorang yang memiliki gula dalam darah tinggi. Terutama  seseorang yang kadarnya melebihi 350 mg/dl. Tandanya adalah memiliki penglihatan buram, sangat haus, sampai kehilangan kesadaran.

Apabila tidak segera ditangani, seseorang akan berisiko menderita sejumlah penyakit kronis. Mulai dari penyakit ginjal, kardiovaskular, kerusakan saraf, dan lain sebagainya. Semuanya merupakan penyakit yang fatal dan berpotensi untuk merenggut jiwa penderitanya.

Risiko Bila Kadar Gula Dalam Darah Rendah

Gula darah rendah juga memicu permasalahan baru untuk kesehatan. Biasanya terjadi akibat produksi insulin yang berlebihan. Insulin ini akan membuat glukosa terurai sempurna sampai kadarnya di batas terendah.

Dikatakan memiliki kadar glukosa rendah bila kadarnya di bawah 70 mg/dl. Kondisi ini juga kurang baik untuk kesehatan. Bahkan seseorang juga diklaim sedang mengalami diabetes.

Istilah medis dari kondisi tersebut adalah hipoglikemia. Sebuah kondisi kesehatan di mana glukosa di dalam darah berada di titik terendah. Malahan lebih rendah dari ambang batasnya.

Pemicunya adalah olahraga secara berlebihan. Selain itu, memasukkan insulin terlalu besar ke dalam tubuh juga memiliki potensi yang sama. Makanya, seseorang harus mengikuti saran dokter bilamana ingin menggunakan sejumlah insulin sebagai penyeimbang.

Ada beberapa tandanya bila seseorang mengalami masalah tersebut. Di antaranya adalah sulit konsentrasi, sulit berjalan, bicara melantur, kejang, sampai otot sering berkedut. Masing-masing bisa dirasakan secara bersamaan.

Ketika mengalami masalah tersebut, sudah semestinya mengambil tindakan penanganan. Bila dibiarkan, kondisinya akan semakin parah. Di antara risikonya adalah menyebabkan stroke sampai kematian.

Cara Mencegah Naiknya Gula Darah

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda disarankan untuk menjalani pola hidup yang sehat. Pola hidup lebih sehat jauh lebih baik. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari sejumlah penyakit berbahaya.

Salah satu masalah yang bisa dihindari adalah naik ataupun turunnya gula darah. Masalah ini bisa diselesaikan dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Mulailah Atur Jam Makan

Pertama adalah biasakan mengatur jam makan. Mengatur waktu untuk makan cukup baik. Tujuannya jelas untuk meminimalisir jumlah makanan yang dikonsumsi setiap waktunya. Yakni mengurangi banyaknya makanan di tiap waktunya yang menyebabkan pada peningkatan glukosa dalam darah.

Jaga Asupan Makanan

Kedua adalah selektif dalam memilih makanan. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran. Tapi sebaliknya dilarang untuk mengonsumsi makanan yang cepat saji maupun makanan yang manis.

Makanan manis itu mengandung gula. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tubuh akan kelebihan glukosa. Dan bila insulin tak mampu menetralkannya, glukosa akan tersimpan dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Aktiflah Bergerak

Ketiga adalah rajin untuk bergerak. Perlu diingat bahwa malas bergerak bisa berpengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Biasanya akan membuat kadarnya menjadi naik.

Tetapi bila Anda sering bergerak seperti olahraga, kadar gula ini bisa dinetralkan. Glukosa yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan dimanfaatkan tubuh sebagai energi. Glukosa akan dipecah oleh sistem di dalam tubuh, menjadikannya sebagai energi yang berguna untuk aktivitas.

Kurangi dan Bahkan Hindari Kebiasaan Buruk

Keempat adalah hindari kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk ini bisa berupa merokok, sering depresi sampai pola tidur yang buruk. Kebiasaan tersebut harus ditinggalkan untuk membuat glukosa dalam darah tetap dalam batasan normal.

Kesimpulannya, jagalah kadar glukosa di dalam darah agar tetap normal. Sebab, normalnya kadar glukosa membuat seluruh sistem di dalam tubuh bisa berfungsi maksimal. Dan salah satu cara menjaga gula darah agar tetap normal adalah menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Comments are closed.