Ubah Gaya Hidup di Hari Jantung Sedunia

Health

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tanggal 29 September, tujuan dibentuknya adalah agar masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan Jantung.

Tahukah Anda bahwa jutaan manusia meninggal tiap tahunnya karena masalah jantung yang mereka derita? Ya, serangan jantung tidak hanya diderita oleh kalangan lanjut usia namun juga remaja dan bahkan anak-anak. Penyebabnya beragam, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga paparan bahan kimia.

Karena itulah World Heart Federation (WHF) berinisiatif menciptakan hari jantung sedunia, tujuannya tentu saja agar manusia dapat lebih berperan dalam mencegah kematian mendadak akibat masalah jantung.

Lahirnya Hari Jantung Sedunia

Lahirnya hari jantung sedunia

Hari perayaan ini digagas oleh WHF pada 2000 silam. Organisasi non pemerintah yang berkantor pusat di Jenewa Swiss ini concern untuk menyebarkan pesan kepada dunia tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung dan mengantisipasi beberapa kematian akibat penyakit jantung.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

WHF sendiri merupakan lembaga yang sering dilibatkan dalam berbagai kampanye oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keduanya telah terlibat pada beberapa proyek seperti penanganan penyakit kardiovaskular. Kampanye yang sering digagas oleh WHF juga sering melibatkan organisasi jantung di negara-negara lain.

Kampanye ini digagas karena WHO khawatir dengan jumlah kematian akibat penyakit jantung yang makin bertambah tiap tahunnya. Setidaknya sejauh ini sudah tercatat hampir 18juta orang didunia meninggal akibat masalah pada jantung dan hati. Hal ini menegaskan bahwa penyakit kardiovaskular merupakan penyumbang terbesar kematian akibat penyakit tidak menular.

Para pakar kesehatan bersama pemimpin dunia berupaya untuk terus mengurangi jumlahnya dan menargetkan pengurangan angka kematian akibat penyakit ini sebesar 25%. Tak heran jika setiap acara ini bergulir sejumlah kampanye digalakkan.

Setiap tahunnya beragam tema dibuat dalam memeringati hari ini. Khusus untuk 2019 ini tema yang diangkat adalah janji untuk hidup yang lebih baik.

Tema Kampanye 2019

Janji Untuk Memasak dan Mengkonsumsi Makanan Sehat

tema kampaye hari jantung sedunia

Kampanye ini bertujuan mengajak orang-orang untuk mulai mengurangi konsumsi makanan dari luar rumah. Meski praktis dan rasanya enak, makanan hasil membeli biasanya kurang sehat. Bisa karena pengolahannya yang tidak terjaga atau pengemasan yang kurang hati-hati. Terlebih kini banyak pedagang yang membungkus makanannya dengan bahan berbahaya seperti plastik dan sterofoam.Dengan memasak sendiri dan mengolahnya  dengan baik, kualitas kesehatan pun bisa ditingkatkan.

Janji Untuk Membuat Anak-Anak Lebih Aktif dan Meninggalkan Gadget

Seperti kita tahu generasi millenials dan juga generasi Z ini sangat sulit dipisahkan dari gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan akhirnya mengurangi durasi bermain diluar rumah, dan menyebabkan sejumlah masalah lantaran minimnya aktifitas fisik. Kampanye kali ini khusus mengajak para orangtua untuk ikut melepas gadgetnya dan ikut bermain dengan anak-anak. Mengenalkan mereka kembali tentang serunya mengeksplorasi alam.

Janji Untuk Berhenti Merokok

Baca Juga: Cari Tahu Lebih Dalam Seputar Jaminan Kesehatan Nasional

Merokok menjadi salah satu faktor resiko seseorang mengidap penyakit jantung. Karena itu para profesional berjanji untuk terus mengampanyekan anti rokok. Tidak hanya untuk kalangan anak-anak dan remaja, kampanye ini juga berusaha merangkul generasi yang lebih tua, dengan menyadarkan bahwa tindakan mereka adalah pembunuhan massal generasi masa depan.

Janji Membuat Hati Lebih Sehat

Masalah kardiovaskular tidak hanya melingkupi jantung semata namun juga hati. Kolesterol, diet tidak sehat, merokok adalah penyebab besar dari tidak sehatnya jantung dan hati manusia. Jika kedua organ ini mampu diperbaiki maka seseorang dapat memiliki angka harapan hidup lebih panjang. Di hari ini, para pegiat jantung sehat berjanji untuk juga menjaga kesehatan hati untuk hidup yang lebih baik.

Tip Menjaga Jantung Tetap Sehat ditengah Rutinitas Padat

memperingati hari jantung sedunia

Serangan jantung bisa menyerang siapa saja, bahkan mereka yang dianggap telah melakoni hidup sehat. Namun bukan berarti ini jadi dalih Anda tidak melakukan upaya apapun untuk menyokong kesehatan diri. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat, mudah dan murah:

Luangkan Waktu Untuk Bermain

Olahraga selama 30menit dalam sehari adalah wajib bagi orang dewasa. Bermain sepakbola atau sekadar mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan bisa jadi salah satu cara untuk membuat jantung lebih sehat. Atau jika terlalu sibuk dengan padatnya aktifitas berjalanlah ke tempat kerja atau berlatih angkat beban disela-sela jam istirahat.

Ubah Pola Konsumsi

Mengubah pola konsumsi salah satunya dengan membatasi asupan lemak buruk ke tubuh. Makan lebih sedikit lemak jenuh. Mulailah dengan beralih ke daging dan susu rendah lemak, dan ganti lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola. Kurangi konsumsi garam, batasi makanan olahan yang masuk ke perut. Makan setidaknya 2 1/2 cangkir sayuran dan buah setiap hari.

Baca Juga: Air Hidrogen Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Konsumsi Whole grain untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Atau jika tidak suka dengan rasa whole grain gantilah beras putih Anda dengan beras merah.

Atasi Stres

Sama sekali tidak melakukan apa pun bisa menjadi bagian besar menjaga kesehatan jantung Anda. Stres adalah penjahat yang signifikan terhadap kesehatan jantung .Atur waktu untuk diri sendiri secara teratur. Berjalan menjauh dari komputer, telepon, dan gangguan lainnya. Luangkan waktu untuk mengisi ulang baterai Anda, untuk menemukan energi dan ketenangan.

Berat Badan Ideal

Penambahan berat badan adalah ancaman paling mematikan. Obesitas menyumbang banyakanya kematian akibat serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Jadi, jangan terlampau percaya diri dengan tubuh gemuk Anda, sebaliknya evaluasi perlu dilakukan agar berat badan tetap ideal.

Berhenti Merokok

Kanker, penyakit paru-paru, peluang serangan jantung yang lebih tinggi, itulah salah satu bahaya merokok. Tahukah Anda bahwa tembakau juga terkait dengan menopause dini, infertilitas, dan komplikasi kehamilan? Jadi baik wanita maupun pria sama-sama punya resiko yang besar ketika nikotin masuk kedalam tubuh.

Carilah trainer dan seriuslah untuk berhenti merokok. Menurut pengalaman beberapa perokok, mereka kesulitan berhenti karena tidak ada dukungan dari orang yang tepat. Tidak ada cara terbaik untuk berhenti merokok. Obat-obatan, kelompok pendukung, konseling, atau kombinasi ketiganya mungkin diperlukan untuk membantu Anda berhenti.

Rutin Lakukan Check-up

Pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur, serta pemeriksaan fisik, penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dua kondisi yang dapat melukai hati Anda – tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Keduanya seringkali sulit dideteksi secara kasat mata dan harus dilakukan pengujian. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda memerlukan pemeriksaan jantung dan jadwalkan pemeriksaat rutin.

Comments are closed.