Ini Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ketika Haid

Health

Ada banyak makanan yang tidak boleh Anda konsumsi ketika haid. Anda harus pintar menjaga pola makan supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

Menstruasi adalah siklus yang dialami setiap perempuan di setiap bulannya. Siklus ini sendiri adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Para perempuan sering merasakan sakit ketika sedang haid. Banyak faktor yang memengaruhi salah satunya adalah makanan. Mengapa karena makanan? Ternyata ada lho, beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Anda sedang haid. Demi menjaga kesehatan tubuh saat tamu bulanan ini datang, ada baiknya Anda menjaga pola makan. Untuk menjaga pola makan yang baik dan sehat untuk tubuh, Anda harus menghindari makanan-makanan berikut ini ya.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

haid

Kopi

Bagi Anda yang hobi minum kopi lebih baik hentikan dulu kegiatan minum kopi saat Anda sedang datang bulan. Hal ini dikarenakan minuman yang mengandung kafein ini tidak baik dikonsumsi saat sedang menstruasi. Kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, sehingga mengalami abnormalitas pada pendarahan saat Anda sedang mengalami menstruasi.

Gorengan

Makanan satu ini mengandung banyak sekali minyak. Oleh sebab itu Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berminyak karena kadar minyak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar lemak dan kolestrol tinggi dalam tubuh yang dapat memengaruhi siklus Anda. Mengonsumsi gorengan saat sedang haid hanya akan menyebabkan peredaran darah menjadi kurang lancar yang akan berpengaruh pada siklus yang dialami.

Junk Food

Makanan lainnya yang dilarang dan berbahaya dikonsumsi saat haid adalah junk food yang memiliki kandungan kolestrol tertinggi yang dapat menyebabkan terganggunya proses menstruasi yang sedang Anda alami. Selama masa ini, tubuh harus selalu sehat dan bugar. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan dan utamakan konsumsi makanan-makanan yang mengandung serat, protein dan juga zat besi.

Makanan Manis

Saat sedang haid tentunya tingkat sensitivitas dan emosional menjadi lebih tinggi, tak jarang Anda menginginkan makanan manis seperti cokelat, gula, ataupun makanan manis lainnya untuk meningkatkan mood baik. Tapi, kenyataannya tidak boleh mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak saat sedang selama masa ini. Gula hanya akan memberikan kalori yang terlalu tinggi dan dapat menyebabkan gangguan haid. Apabila Anda masih menginginkan makanan manis ada baiknya untuk mengurangi kadar manis yang ada pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi saat sedang haid.

Makanan Olahan

Jauhkan juga makanan-makanan berikut ini yang dilarang dikonsumsi saat sedang haid adalah makanan olahan seperti mie, nugget, bakso, ataupun sosis. Makanan olahan ini terbuat dari banyaknya bahan pengawet yang dapat menyebabkan gangguan kelancaran dari proses haid yang sedang dialami.

Itulah daftar makanan-makanan yang dilarang untuk Anda konsumsi saat sedang haid. Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan sehat selama haid agar proses dan siklus haid tidak terganggu, sehingga tetap bisa membuat tubuh Anda terasa sehat dan bugar meski sedang menstruasi.

Leave a Reply