Ini Penyebab Diare yang Tidak Boleh Disepelekan

Health

Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi Anda tidak boleh menyepelkan apapun jenis penyakitnya, termasuk gejala diare yang wajib dihindari dan diwaspadai.

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Secara umum, diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer hingga seperti air.

Jika dibandingkan dengan penyakit lainnya, diare bukan penyakit serius yang harus ditangani dokter secara intensif. Biasanya, diare yang tidak terlalu parah akan sembuh dalam beberapa hari setelah dilakukannya pengobatan. Namun, meskipun begitu Anda tidak boleh menyepelekan karena apapun jenis penyakitnya pasti ada penyebab yang membuat penyakit itu hinggap ditubuh Anda.

Jika perhatikan, sebenarnya penyebab dari diare ini bukan bersumber dari hal besar. Diare terjadi akibat makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh sudah terkontaminasi oleh virus, bakteri, ataupun parasit. Semua itu bermula dari gaya hidup tidak sehat. Lalu, apa saja penyebab diare yang harus dihindari dan diwaspadai? Berikut ini ulasan selengkapnya. (Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana)

Penyebab Diare yang Harus Dihindari

Infeksi Bakteri

Penyebab diare yang pertama dikarenakan berbagai bakteri, seperti shigella, salmonella, dan escherichia coli dapat menginfeksi tubuh Anda sehingga menyebabkan diare. Seperti yang sudah dijelaskan, bakteri tersebut menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Jadi, secara garis besar, Anda akan terinfeksi bakteri dari makanan yang diolah secara secara tidak higienis oleh orang yang sedang sakit diare.  Sebenarnya, untuk menghindari hal ini cukuplah mudah. Anda bisa mencari tempat makan yang sudah terbukti higienis sehingga tidak ada penyebaran bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit. Dalam hal ini, anak kecillah yang paling rentan terkena bakteri dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang tidak stabil.

Infeksi Virus

Selain bakteri ada juga beberapa infeksi virus yang dapat menyebabkan diare dan muntah, seperti infeksi virus rotavirus dan norovirus. Kelompok virus tersebut termasuk jenis virus yang sangat mudah menular ke orang lain. Ada hal-hal yang bisa membuat Anda terinfeksi virus, salah satunya dalam penggunaan peralatan makan yang tidak bersih dan sudah terinfeksi berbagai virus. Jadi, untuk lebih menjaga ketahanan tubuh, tidak ada salahnya Anda mulai membawa peralatan makan sendiri agar terhidar dari berbagai virus berbahaya.

Berwisata ke Tempat Tertentu

Penyebab diare berikutnya yang harus diwaspadai adalah mengunjungi tempat-temapt wisata tertentu. Maksudnya, salah satu penyebab yang bisa saja terjadi dikarenakan tempat wisata yang Anda kunjungi sangat kotor atau hampir semua wisatawannya mengalami gejala diare dan muntah-muntah dikarenakan makanan yang dikonsumsi.

Obat-obatan Tertentu

Terkadang, ada beberapa obat-obatan yang menjadi pemicu timbulnya suatu penyakit, lho. Misalnya, penggunaan obat antibiotik yang tidak berdasarkan anjuran dokter. Meski antibiotik dapat membunuh bakteri jahat, obat ini juga dapat membunuh bakteri baik yang melindungi usus Anda.

Baca juga: Hidup Sehat Hingga Usia Senja dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain itu, jenis-jenis obat tekanan darah, obat kanker, dan obat antasida juga bisa memicu terjadinya diare. Jadi, jika Anda ingin mengkonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Keracunan Makanan

Untuk penyebab diare yang ini juga sangat perlu diwaspadai. Pasalnya, banyak orang yang mengidap penyakit diare ini dikarenakan mengkonsumsi makanan kadarluwarsa yang pastinya sudah tekrontaminasi oleh bakteri. Pasti Anda sudah sering mendengarkan banyak orang yang keracunan makanan dan menyebabkan muntah-muntah serta buang air besar.

Kondisi Medis Tertentu

Bukan hanya maag saja, tetapi diare juga ada jenis kronisnya. Jadi, jika Anda mengalami diare krnonis yang tak kunjung sembuh dan bersifat kambuhan, bisa jadi ini tanda kalau Anda punya masalah kesehatan tertentu. Untuk masalah ini, sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut dan secepatnya mendapatkan tindakan medis agar segera pulih. Pasalnya, jika penyakit diare didiamkan saja, bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain.

Baca juga: 4 Kebiasaan Baru untuk Lebih Bahagia

Cara Mengatasi Diare

Memang untuk menyembuhkan semua penyakit dianjurkan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan tindakan lebih lanjut sesuai dengan prosedur medis. Salah satunya adalah diare. Namun, jika Anda ingin menyembuhkan diare dengan cara alami, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami berikut ini.

Mengonsumsi Teh Pahit Panas

Cara alami mengatasi diare adalah dengan mengkonsumsi teh pahit secara berkala. Pasalnya, teh pahit mengandung astringen tanin yang membantu mengurangi peradangan usus dan dipercaya bisa mengehentikan mulas dan juga buang air besar.

Makan Bubur Wortel

Wortel merupakan sumber pektin yang baik untuk penderita diare. Anda bisa membuat bubur atau sup wortel dengan memasaknya sampai halus atau lembut. Kemudian, Anda bsia memblendernya dengan tambahan sedikit air dan menuangkannya di mangkuk, seperti makanan bayi. Anda bisa makan ¼ – ½ mangkuk setiap jamnya.

Makan Blackberry

Ada beberapa buah yang bisa membantu untuk mengatasi diare, salah satunya adalah blackberry. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengkonsumsinya langsung atau bisa jadikan teh dengan merebus 1-2 sendok makan blackberry atau daun blackberry kering dalam 1 ½ gelas air. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa minum 3 gelas dalam sehari.

Perbanyak Mengonsumsi Makanan Semi Padat

Anda menginap penyakit diare dikarenakan ada kesalahan pada usus. Jadi, agar pergerakan usus bisa kembali normal, Anda sebaiknya memakan makanan semipadat dan rendah serat, seperti roti bakar, telur, nasi, atau ayam.

Perbanyak Minum Air Putih

Seringnya muntah dan buang air besar bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda minum banyak cairan bening seperti air putih, air kaldu, dan jus, setiap hari, dan hindari dulu minum alkohol dan kafein.

Itulah ulasan penyebab diare dan cara mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Semoga ulasan ini bermanfaat agar Anda terhindar dari penyakit diare.

Comments are closed.