Jalani Diet Sehat Tanpa Harus Kelaparan

Gaya hidup sehat identik dengan pola diet sehat yang ketat. Dianggap sebagai cara menurunkan berat badan yang efektif, faktanya Anda tak harus kelaparan saat menjalankan diet sehat.

Health

Gaya hidup sehat yang dijalankan secara konsisten dapat membuat Anda selalu sehat dan bersemangat. Lebih dari itu, gaya hidup sehat juga sering dianggap sebagai cara menurunkan berat badan yang paling efektif. Tentu tak ada salahnya melakukan diet sehat mulai sekarang, bukan?

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2014, sekitar 5,7% masyarakat Indonesia yang berumur 16-18 tahun mengalami kegemukan. Sedangkan, masyarakat Indonesia berumur 16-18 tahun yang mengalami obesitas mencapai sekitar 1.6%.[1] Jumlah ini tentu bisa terus bertambah seiring dengan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan pola hidup tidak sehat.

Mulai disiplin menerapkan diet sehat sebenarnya sangat mudah. Bahkan, Anda pun tak perlu merasa kelaparan dalam menjalankannya. Dengan memperhatikan tiga hal ini, Anda akan berhasil menjalani diet sehat secara menyenangkan.

Membatasi Asupan Kalori Harian

Untuk menjalani diet sehat, bukan berarti Anda harus menghindari segala asupan karbohidrat dan lemak. Anda tetap membutuhkannya, tetapi dalam porsi yang seimbang. Menurut Lynn, penulis buku The Metabolic Solution, pembatasan asupan kalori setiap hari harus tetap memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.[2] Sejumlah makanan bergizi dengan kandungan protein dan lemak sehat, serta sayuran dan buah-buahan akan membuat program diet sehat Anda jadi sukses.

Sayur dan Buah Baik untuk Diet Sehat

Sayur dan buah adalah bahan makanan yang kaya serat serta nutrisi, namun rendah lemak dan karbohidrat. Kandungan serat dari buah dan sayur akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Proses pencernaan sayur dan buah yang sempurna membuat tubuh bisa menyerap nutrisi secara maksimal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh E-Da Hospital, Kaohsiung City, Taiwan, orang yang mengalami penurunan berat badan lebih signifikan adalah orang yang menghentikan konsumsi daging dan produk turunan hewani lainnya.[3] Sehingga, pola makan vegetarian menjadi salah satu jenis diet sehat yang baik untuk kesehatan.

Lengkapi Diet Sehat dengan Aktivitas Fisik

Selain menjalankan diet sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, Anda pun sebaiknya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Menurut sebuah studi, aktivitas fisik dapat menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan seseorang.[4] Lakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Kalau nantinya berat badan Anda turun, tentu saja hal tersebut bisa dianggap sebagai bonus dari diet dan aktivitas fisik yang Anda jalankan.

Ingin coba menjalani diet sehat dengan menjadi vegetarian? Cari tahu informasi bagaimana cara sukses menjadi vegetarian di sini.

Leave a Reply