Jarang Donor Darah? Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Anda!

Health

Jika Anda tahu manfaat donor darah untuk kesehatan itu apa saja, pasti Anda tidak akan takut lagi untuk melakukan kegiatan mulia ini.

Donor darah adalah perbuatan mulia yang bisa dilakukan oleh setiap orang, termasuk Anda. Ada berbagai nyawa yang terselamatkan dari keikhlasan Anda mendorokan darah. Anda tentu pernah mendengar kalau mendonorkan darah juga ikut memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya kesehatan untuk orang yang membutuhkan darahnya saja, tetapi ada juga manfaat yang bisa dirasakan oleh si pendonor tersebut. Sebagai tambahan semangat untuk Anda makin rutin untuk mendonor darah, berikut ini beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan:

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

manfaat donor darah

Menjaga Kadar Besi dalam Tubuh

Donor darah jelas akan membantu Anda menjaga kadar zat besi dalam tubuh. Zat besi adalah salah satu mineral terpenting, tapi kelebihan kadar zat besi akan membentuk radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas ini menjadi penyebab utama dari penyakit kanker. Bukan hanya itu, kelebihan zat besi juga bisa membuat tubuh Anda tercemar oleh kolesterol jahat yang tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Mendonorkan darah Anda secara teratur akan membantu menyeimbangkan zat besi dalam tubuh sehingga potensi kanker dan juga penyakit jantung akan jauh berkurang. (Baca juga: Inilah Efek Setelah Donor Darah yang Anda Rasakan)

 

Menjaga Kesehatan

Setelah mendonorkan darah, tentunya sel-sel darah merah dalam tubuh Anda akan jauh berkurang. Hal ini akan memicu sumsum tulang belakang Anda untuk segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Bermanfaat sekalinya tentunya untuk menstimulasi tubuh Anda memproduksi sel-sel darah yang baru dan sehat.

Memperpanjang Usia

Manfaat donor darah untuk kesehatan lainnya, yaitu bukan hanya bisa Anda rasakan secara fisik saja, tetapi batin pun mendapatkan manfaatnya. Jika Anda suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri, umur orang tersebut akan bertambah empat tahun.

Cek Kesehatan

Selain melakukan donor darah, Anda juga bisa sekalian melakukan cek kesehatan. Pasalnya sebelum melakukan donor darah, pastinya suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin Anda akan diperiksa. Bukan hanya di awal saja, saat Anda selesai mendonorkan darah, darah akan dikirimkan ke laboratorium untuk menjalankan 13 tes yang berbeda. Jika terjadi kesalahan pada darah Anda, pastinya Anda akan diberi tahu hasilnya. Sebelum benar-benar mendonorkan darah, Anda tentunya akan diperiksa terlebih dahulu, apakah keadaan dan kesehatan Anda memang mampu untuk donor darah. Jika ada bahaya yang akan mengancam kesehatan Anda seperti level hemoglobin yang rendah, berat badan yang tidak mencukupi, ataupun tekanan darah terlalu rendah, maka bisa dipastikan Anda tidak akan diperbolehkan untuk donor darah. Teknologi dan juga peralatan yang modern akan menghindarkan Anda dari ancaman kesehatan, jadi jangan ragu untuk mendonorkan darah Anda ya. Baca Juga: Trik Aman Bagi Pendonor Darah Pemula

Leave a Reply