Jus Buah yang Baik untuk Kesehatan, Mana yang Anda Suka?

Health

Jus buah memang sangat digemari dan sangat pas dinikmati di cuaca panas. Tapi, nyatanya jus ini baik untuk kesehatan jika diolah dengan baik.

Siapa yang tidak suka minum jus buah? Rasanya hampir setiap orang menyukainya, termasuk Anda, kan? Jus buah merupakan minuman yang sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Selain segar, jus tersebut jika diolah dengan baik akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Sebab, terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang ada pada buah-buahan. Jadi, jika Anda jarang mengonsumsi buah, sangat disarankan untuk minum jus buah sebagai gantinya.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Dari sekian banyak buah, berikut ini terdapat beberapa buah yang sangat dianjurkan untuk dijadikan jus!

Rekomendasi Jus Buah untuk Kesehatan

Jus Semangka

Jus semangka memiliki 90 persen air sehingga menjadi pilihan yang tepat buat Anda yang sedang mengalami dehidrasi. Bahkan, manfaat jus semangka bisa dikaitkan dengan mengurangi kemungkinan penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. Minum jus semangka juga bisa jadi mood booster saat bekerja.

Jus Jeruk

Kandungan vitamin C yang banyak membuat jus jeruk sangat disarankan untuk dikonsumsi mereka yang mengidap sariawan ataupun kulit kering. Minum jus jeruk saat pagi hari dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh selama seharian. Kalau Anda sedang pilek juga sangat disarankan untuk minum jus jeruk.

Jus Bit

Buah bit memang efektif untuk meningkatkan jumlah darah merah. Buat Anda yang mengidap anemia, sangat disarankan untuk minum jus bit. Jus bit juga baik untuk pencernaan dan mengatasi masalah kulit kepala. Supaya rasanya lebih enak, Anda bisa mencampurkannya dengan nanas madu.

Jus Tomat

Kalau Anda gampang lelah dan butuh tenaga untuk cepat pulih, Anda bisa minum jus tomat. Selain memulihkan tenaga dengan cepat manfaat jus tomat yang lain adalah menyembuhkan sariawan, baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, antioksidan alami, dan baik untuk kulit terutama buat Anda yang bermasalah dengan jerawat.

Jus Mentimun

Sudah banyak para ahli yang mengatakan kalau mentimun adalah buah yang paling baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Minum jus mentimun setiap sore juga dapat memberikan efek segar dan fit setelah seharian beraktivitas. Selain meningkatkan stamina, mentimun juga baik menjaga kesehatan mata dan pengganti cairan yang hilang. Jadi kalau Anda sehabis berolahraga bisa minum jus mentimun.

Jus Sayuran

Mencampur beberapa jenis sayuran seperti selada, bit, sawi, kol, wortel, dan nanas sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat jus kombinasi ini adalah untuk kesuburan rambut, meningkatkan daya ingat, kesehatan kulit terutama untuk Anda yang sudah menginjak usia 30-an sangat baik untuk meremajakan kulit dan pastinya baik untuk pencernaan yang sehat.

Jus Lemon dan Apel

Perasan lemon dicampur dengan apel kemudian dijus adalah penurun berat badan alami. Kombinasi kedua buah ini dapat menghilangkan penumpukan lemak serta baik untuk kesehatan dan kesegaran kulit wajah. Tapi jangan ditambahkan gula, ya. Biarkan manisnya apel yang menjadi pemanis alami jus ini.

Baca juga: Pengobatan Alternatif yang Paling Banyak Diminati di Dunia

Tip Membuat Jus Buah yang Baik dan Menyehatkan

Membuat jus buah memang mudah, namun untuk membuat jus yang sehat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak merusak atau mengurangi nutrisi yang ada pada buah. Ikuti tip membuat jus buah yang baik berikut ini!

Pilihlah Aneka Sayur dan Buah

Buatlah jus yang merupakan gabungan dari buah dan sayur dengan warna-warna yang berbeda supaya Anda mendapatkan asupan dari berbagai vitamin dan mineral.

Jangan Buang Ampas Jus

Saat membuat jus, Anda tentu sering menemukan ampas buah yang tidak bisa diblender atau diolah. Kalau dulu Anda sering membuang ampas tersebut, mulai sekarang, jangan dilakukan lagi. Sebab, salah satu nutrisi yang ada pada jus buah umumnya ada pada bagian ampasnya. Saat kita membuat jus dengan mesin jus modern, jus akan dipisahkan antara sari dan ampas. Pada ampas itulah tertinggal serat yang tadinya terkandung dalam sayur dan buah. Untuk tetap terpenuhinya kebutuhan serat Anda, masukkan sedikit ampas yang tertinggal ke dalam jus Anda. Atau ampas tersebut dapat digunakan untuk campuran masakan.

Lebih Baik Gunakan Blender Konvensional

Untuk membuat jus, tidak masalah jika Anda tidak memiliki mesin pembuat jus modern. Pasalnya, mesin pembuat jus modern cukup mahal harganya. Tidak ketinggalan, mesin pembuat jus modern yang beredar di pasaran saat ini memisahkan secara otomatis antara serat dan air rasa buah yang ada. Sehingga melepaskan manfaat serat yang ada. Jika tidak ada mesin tersebut, Anda dapat menggunakan blender yang konvensional. Dengan penggunaan blender, serat yang terkandung dalam sayur dan buah tidak akan hilang karena antara sari dan ampas tidak terpisah. Bila menggunakan blender, Anda dapat menambahkan sedikit air saat akan mengolah sayur dan buah tersebut.

Baca juga: Kenali Manfaat dan Jenis Madu untuk Kesehatan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Perhatikan Jumlah Kalori Tiap Buah

Bila Anda hanya menggunakan buah-buahan untuk bahan jus Anda, maka Anda harus hati-hati dengan kalori yang Anda konsumsi. Jus yang terdiri dari buah-buahan saja memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sedangkan jus yang terbuat dari sayur-sayuran saja memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Contohnya saja, dalam satu buah pisang bisa terdapat 100 hingga 200 kalori. Setara dengan Anda makan ½ potong donat tanpa topping. Untuk membuatnya seimbang Anda dapat menggabungkan antara keduanya. Anda juga dapat menambahkan susu atau yoghurt ke dalam jus Anda guna menambah asupan protein. Bicara soal kalori, adalah bijaksana jika Anda sebaiknya tidak memasukan gula dalam jus Anda. Namun jika memang bicara soal selera, memasukan beberapa sendok teh gula asal tidak berlebihan masih bisa ditoleransi. Meskipun jika ada kesempatan Anda kompensasikan dengan olahraga cardio (jogging, renang, rowing, dan lainnya) sedikitnya 20 menit untuk membakar kalori dari gula yang ada di jus Anda.

Pilih Buah dengan Nutrisi yang Lengkap

Dengan mengonsumsi jus buah dan sayur Anda dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda. Selain itu juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker. Beberapa dari Anda mungkin beranggapan mengonsumsi jus dapat menurunkan berat badan. Namun tidak dibenarkan jika Anda diet hanya mengonsumsi jus tanpa asupan nutrisi lain. Jika Anda diet hanya mengonsumsi jus maka Anda akan kekurangan asupan protein dan serat yang menyebabkan massa otot dapat berkurang dan akan timbul masalah pada saluran cerna Anda. Sekarang kita tahu bahwa jus buah bukan hanya sekadar minuman yang menyegarkan, tapi juga menyehatkan jika diolah dengan baik dan benar. Jus buah apa yang paling Anda suka?

Comments are closed.