Segudang Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Health

Kacang hijau mengandung puluhan vitamin dan mineral yang mampu mencegah kanker, masalah jantung, ginjal dan meningkatkan stamina tubuh. Rutin konsumsi kacang ini satu mangkuk perhari akan membuat kesehatan Anda selalu terjaga.

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan favorit Indonesia. Sering disajikan dalam bentuk bubur, kacang hijau ternyata sudah populer sejak ribuan tahun silam.Tumbuhan dengan nama latin Vigna radiata tersebut berasal dari India dan menjadi bagian dari keluarga kacang, bersama lentil, kacang hijau, kacang azuki, dan kecambah alfalfa.

Kacang hijau sering dijual dalam bentuk bubuk protein, salad, sup kalengan. Selain itu, Anda dapat membeli kacang ini di sebagian besar toko makanan kesehatan, karena kaya akan nutrisi. Kacang ini sangat sehat bahkan beberapa menyebutnya sebagai makanan super kuno atau makanan para malaikat.

Baca juga: Kapulaga dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Dalam hal rasa dan tekstur, kacang hijau memiliki rasa khas manis atau gurih. Para pakar kesehatan pun menganjurkan untuk rutin mengonsumsi sari kacang hijau sebagai tambahan vitamin dan mineral alami bagi tubuh.

Namun, bukan hanya menjaga kesehatan, Anda juga harus menjaga finansial jika terjadi risiko tak terduga. Asuransi kesehatan bisa sangat diandalkan untuk hal ini. Jadi, miliki asuransi kesehatan sekarang untuk hidup yang lebih baik.

Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kacang ini antara lain mangan, magnesium, fosfor, kalium, besi, tembaga, seng, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan selenium. Kacang berukuran kecil ini juga rendah kalori, mengandung lemak, kolesterol, natrium, dan gula, tinggi folat (B9), zat besi, dan protein, yang baik untuk hamil. Rutin mengkonsumsi makanan yang satu ini dapat membuat kesehatan Anda lebih baik.

Kacang ini adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Mereka kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan lainnya. Asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda sendiri.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Olahan favorit dari kacang yang satu ini adalah dijadikan bubur, sari kacang dan juga difermentasi menjadi tauge. Seluruh bentuk olahan dari kacang tersebut mengandung nutrisi yang sama jadi baik dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah beberapa manfat kacang hijau bagi tubuh kita:

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Seperti disebutkan dalam bagian di atas, kacang hijau sangat bergizi karena mengandung banyak antioksidan sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Mampu menetralkan molekul yang sering menyebabkan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan banyak penyakit lainnya.

Studi menunjukkan bahwa kacang ini dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di paru-paru dan sel-sel perut. Jika Anda ingin mendapat manfaat dari antioksidan, lebih baik makan kacang hijau dalam versi kecambahnya. Versi kecambah mengandung enam kali lebih banyak antioksidan.

Makanan yang satu ini juga dapat mengurangi pertumbuhan kanker serviks yang agresif, bahkan memicu apoptosis (kematian sel terprogram). Sebuah penelitian di Korea membandingkan 213 pasien kanker lambung dan menemukan mereka yang mengonsumsi pancake kacang ii setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker lambung.

Baca juga: Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi kacang sehat ini, jantung Anda tetap sehat. Kacang ini meningkatkan pencernaan dan tingkat metabolisme Anda, menurunkan kolesterol Anda dengan mengurangi akumulasi kolesterol di dinding arteri dan kapiler. Makanan yang satu ini juga mengurangi kemungkinan penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Nutrisi seperti potasium, magnesium, dan serat dalam kacang dipercaya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.Lantaran mengandung peptida yang ditengarai dapat mengurangi aktivitas enzim pengonversi angiotensin yang menyempitkan pembuluh darah.Saat ini, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di hampir seluruh duni. Pastikan untuk merawat jantung Anda dengan makan satu porsi kacang-kacangan setiap hari.

sari kacang ijo

Bantuan Kesehatan Pencernaan

Kacang ini memiliki serat larut (pektin) dan pati resisten yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Pectin mempercepat pergerakan makanan melalui usus Anda yang membuat usus Anda bekerja lebih optimal. Sementara itu, pati resisten memelihara bakteri sehat di usus. Bakteri mencerna pati resisten dan berubah menjadi butirat, asam lemak rantai pendek. Butyrate memelihara sel-sel usus besar, meningkatkan pertahanan kekebalan usus, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Penganan yang satu ini juga efektif meningkatkan pembentukan gula yang lebih ramah untuk tubuh Anda. Gula ini dapat dicerna dengan mudah dan tidak bersirkulasi dalam darah. Selain itu, karbohidrat yang ditemukan dalam makanan ini lebih mudah dicerna daripada yang ditemukan di kacang-kacangan lainnya.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Polong polongan yang satu ini juga mengandung serat, protein, dan antioksidan yang membantu memperlambat pelepasan gula dalam aliran darah. Sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan membantu insulin. Jika Anda menderita diabetes menjadikan kacang hijau sebagai camilan adalah pilihan tepat.

Dua antioksidan yang disebut vitexin dan isovitexin terkait dengan penurunan kadar gula darah dan membantu insulin bekerja lebih efisien. Antioksidan ini menghambat pembentukan produk akhir glikasi lanjut (AGEs). AGEs dapat merusak jaringan ginjal dan retina yang meningkatkan komplikasi diabetes disfungsi dan kebutaan ginjal. Satu studi menemukan bahanya senyak 45% responden mengakui tingkat glukosa mereka lebih rendah ketika rutin makan 50 gram kacang ini dibandingkan dengan makan biji-bijian, roti, pasta dan sereal.

sari kacang hijau

Membuat Kulit dan Rambut Lebih Bersinar

Apakah Anda ingin mengurangi keriput, bintik-bintik penuaan, dan tanda-tanda penuaan diri lainnya? Apakah Anda menginginkan rambut dan kulit yang lebih bersinar dan sehat? Rutin mengonsumsi kacang hijau adalah jawabannya. Penganan yang satu ini mengandung tembaga yang dapat meningkatkan kilau dan cahaya ke kulit manusia.

Anda juga dapat menggunakan kacang hijau sebagai scrub yang berfungsi mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, minyak berlebih. Masker rambut kacang hijau juga dapat menambah kilau pada rambut dengan mengembalikan tingkat pH normal kulit kepala Anda dan menutrisi rambut yang kering dan rusak.

Baca juga: Manfaat dan Biaya Medical Check Up di Rumah Sakit

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan, jika ingin merasakah khasiatnya konsumsi polong-polongan ini secara rutin dengan mengolahnya menjadi berbagai kudapan nikmat mulai dari bubur, sari kacang, susu atau bahkan cake. Rasa nikmat tubuh pun lebih sehat.

Comments are closed.