Kaki Pegal: Ini 8 Cara Alami untuk Mengatasinya

Health

Jika Anda mengalami pegal-pegal, tetapi tidak suka dipijat. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan kaki pegal.

Sering kali Anda mengalami pegal setiap harinya sehabis melakukan aktivitas. Apalagi aktivitas tersebut terlampau cukup berat dan sering. Bukan hanya kaki saja, pasti ada beberapa organ tubuh lainnya yang juga terasa pegal. Sudah banyak berbagai macam obat, baik itu jamu ataupun obat dokter lainnya yang bisa menyebuhkan rasa tersebut. Bahkan ada yang memilih dipijat untuk menyebuhkan kaki pegal. Namun, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pegal tanpa harus dipijat dan minum obat. Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan dan terbukti khasiatnya. Berikut ini bahan alami untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Kaki Pegal

#1 Kompres dengan Air Es

Setiap kali Anda selesai melakukan aktivitas, jangan lupa untuk mengompres kaki dengan es batu. Apalagi jika ada merasakan pegal. Memang efek dari es batu tersebut membuat kaki terasa dingin dan beku, tetapi hal itu hanya bersifat sementara hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada kaki Anda.

#2 Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang satu ini juga sangat cocok untuk menghilangkan kaki pegal tanpa perlu dipijat. Bawang putih memiliki zat antiperadangan yang berguna untuk mengatasi arthritis dan rematik. Cara menggunakan bawang putih ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bawang putih yang dicincang pada bagian yang sakit.

Bbaca juga: Penyakit Angin Duduk: Apa Saja Penyebab dan Gejalanya?

#3 Garam Inggris

Rendamkan kaki dalam wadah yang sudah Anda isi air dan dicampur garam inggris terlebih dahulu. Faktanya garam ini memiliki magnesium yang bisa menyerap ke kulit secara cepat dan memberikan efek untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakkan.

#4 Cuka

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk penyedap masakan ini, nyatanya bisa juga digunakan untuk menghilangkan pegal yang Anda rasakan sehabis beraktivitas. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menuangkan beberapa tetes cuka ke dalam wadah yang telah diisi air. Kemudian, rendam kaki Anda ke dalam wadah itu dan tunggu hingga beberapa menit. Cara ini cukup efektif untuk mengihlangkan rasa nyeri yang Anda rasa.

#5 Posisi Kaki Lebih Tinggi

Selaian menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan pegal di kaki.  Tidurlah dengan kaki diposisikan lebih tinggi. Gunakan bantal untuk menopang kaki Anda. Dengan demikian, darah akan mengalir dan tidak menumpuk di bagian kaki sehingga rasa pegal di kaki Anda perlahan akan hilang.

#6 Pilihan Sepatu yang Baik

Pakailah sepatu yang cocok. Pastikan sepatu Anda nyaman dan mendukung kaki Anda. Menurut National Institute on Aging, kriteria sepatu yang baik adalah memiliki bentuk yang sesuai dengan bentuk kaki, tumit sepatu tidak bergeser ke bawah atau ke atas selama Anda berjalan. Lalu, perhatikan ada jarak sekitar 1 centimeter antara ujung jari-jari kaki dan ujung sepatu, tidak ketat, fleksibel, serta memiliki sol tebal dan bantalan.

#7 Bantalan Alas Kaki

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah gunakan bantalan sepatu. Masukkan bantalan alas kaki yang mendukung lengkungan telapak kaki Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan bantalan tumit silikon, atau meminta ahli penyakit kaki Anda untuk memasukkan orthotic yang telah disesuaikan jika kaki sakit terus-menerus.

#8 Pijat

Berikutnya, cara termudah bila tidak mau repot hanya dengan memijatnya berulang-ulang. Ambil minyak zaitun lalu balurkan di atas telapak kaki. Kemudian pijat secara perlahan dan sedikit ditekan ketika melakukannya di area tumit. Berikan tekanan menggunakan ujung jari-jari Anda agar otot tidak tegang dan sirkulasi darah menjadi lancar.

Baca juga: Awas Keringat Dingin Gejala Awal Suatu Penyakit

Cara Jitu Mencegah Kaki Pegal

Perlu diketahui, salah satu faktor utama dari kaki mudah pegal adalah ketika Anda berdiri atau berjalan kaki terlalu lama. Oleh karena itu, untuk mencegah agar tidak pegal, Anda harus menghindari hal tersebut. Namun, bukan hanya itu saja, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pegal di kaki.

  1. Bagi Anda yang akan melakukan aktivitas olahraga, disarankan untuk melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu agar tubuh lebih siap untuk melakukan bermacam kegiatan. Sehingga dapat mengurangi keluhan pegal kaki yang dirasakan.
  2. Pastikan pula bahwa tubuh terhidrasi dengan baik, karena dehidrasi dapat memicu pegal kaki.
  3. Konsumsi makanan yang memenuhi asupan gizi seimbang.
  4. Untuk para wanita yang kerap merasakan pegal, perhatikan sepatu yang dikenakan. Jika Anda termasuk yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi, sebaiknya hindari menggunakan setiap hari. Selain menyebabkan pegal kaki, risiko sepatu berhak tinggi juga dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada kaki.

Umumnya rasa pegal kaki akan hilang setelah beberapa saat. Cobalah untuk mencukupi istirahat, lakukan peregangan pada otot baik sebelum maupun sesudah aktivitas, serta gunakanlah alas kaki yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki. Sedangkan bagi keluhan pegal kaki yang sering timbul atau terjadi berlarut-larut, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Sebab, pegal pada bagian kaki bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, seperti neuropati atau artritis.

Salah satunya, jika Anda merasakan pegal di kaki secara terus menerus terutama jika tampak bengkak dan kemerahan, disertai demam, rasa sakit semakin meningkat, atau kaki tampak pucat dan dingin. Konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara penanganan yang tepat.

Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, bukan? Sebelum kondisinya menjadi terlalu menganggu untuk Anda, sebaiknya perhatikan setiap hal kecil dari kebiasaan Anda.

Comments are closed.