Kanker Serviks: Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Kanker serviks merupakan penyakit paling mematikan nomor dua bagi kaum hawa. Tanpa kesadaran dari dalam diri untuk dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim, penyakit satu ini dapat dengan mudah menyerang dan berkembang.

Kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya dan mematikan di dunia. Kanker dapat menyerang siapa saja, tak pandang usia dan jenis kelamin. Namun, ada satu kanker yang hanya menyerang kaum wanita, yaitu kanker serviks. Mengapa? Sebab, kanker serviks menyerang bagian rahim dan hanya wanita yang memiliki organ tersebut.

Kanker satu ini merupakan kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim yang tidak normal dan terus berkembang tak terkendali. Sel-sel tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat sehingga mengakibatkan tumor pada leher rahim. Tumor ini akan berkembang menjadi tumor ganas hingga jadi penyebab kanker serviks yang membahayakan kesehatan penderitanya.

Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, kanker serviks dapat menyebabkan kematian. Faktanya, kanker ini merupakan penyakit paling mematikan nomor dua bagi kaum hawa setelah kanker payudara. Sebelum meningkat ke level yang lebih parah, kanker serviks biasanya memiliki beberapa gejala awal yang dapat dilihat dan dirasakan oleh penderitanya.

Cari tahu gejala awal kanker serviks di bawah ini yuk!

Pendarahan yang Tidak Wajar dari Organ Intim

Normalnya, wanita mengalami pendarahan hanya saat haid. Namun, jika Anda mengalami pendarahan saat sedang tidak haid, masa menstruasi lebih panjang dari biasanya, pendarahan saat atau setelah berhubungan intim dengan pasangan, setelah menopause, dan setelah buang air besar, lebih baik Anda periksa ke dokter karena itulah gejala awal seseorang terkena kanker serviks.

Nyeri Pada Panggul atau Bagian Bawah Perut

Biasanya, wanita akan merasakan nyeri saat awal-awal haid. Namun, kalau nyeri tersebut terasa berulang bahkan saat tidak sedang haid, hal tersebut bisa jadi gejala awal kanker serviks.

Badan Terasa Lemas Dan Mudah Lelah

Sejatinya, merasa lemas dan lelah itu wajar jika sebelumnya Anda melakukan aktivitas yang berat. Tapi, perasaan lemas dan lelah ini bisa jadi sinyal tubuh bahwa kanker serviks sedang berkembang dalam tubuh jika hal tersebut terasa terus menerus tanpa melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Berat Badan Menurun Cukup Drastis

Kalau Anda sedang melakukan diet dan berat badan menurun, hal itu patut Anda banggakan. Namun, jika tidak sedang menjalani program diet tapi berat badan terus merosot, alih-alih senang, Anda perlu waspada dan konsultasikan ke dokter karena hal tersebut merupakan gejala awal yang ditimbulkan oleh kanker serviks.

Hilang Nafsu Makan

Saat melihat makanan yang lezat dan lapar, tentu nafsu makan pun otomatis meningkat. Tapi, sebagian besar penderita kanker serviks tahap awal, hal tersebut tidaklah menggugah selera mereka untuk makan bahkan saat perut terasa lapar sekalipun. Bila Anda mengalami gejala ini, baiknya periksakan ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seputar kanker serviks.

Cairan yang Keluar dari Vagina Tidak Normal

Kondisi yang dimaksud tidak normal di sini adalah cairan yang berbau menyengat atau disertai darah. Kanker serviks merusak sel-sel baik bagian rahim, jadi cairan yang keluar dari organ intim Anda pun dirusak oleh sel kanker tersebut.

Bila Anda merasakan hal seperti yang dijabarkan di atas meski hanya satu atau dua saja, sebaiknya bergegas ke rumah sakit dan periksakan ke dokter spesialis untuk dapat pemeriksaan lebih lanjut terkait kanker serviks.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, seluruh wanita dapat terkena kanker serviks. Tapi, ternyata ada beberapa kondisi di mana wanita sangat berisiko terkena kanker ini. Inilah wanita yang berisiko lebih besar terkena kanker serviks!

  1. Infeksi HPV 16 dan 18 karena bergonta-ganti pasangan seksual
  2. Wanita perokok
  3. Imunosupresi atau kondisi yang memengaruhi sistem imun tubuh
  4. Infeksi klamidia atau penyakit seksual pada wanita
  5. Kurang konsumsi buah dan sayur
  6. Obesitas
  7. Penggunakan pil KB jangka panjang
  8. Sudah beberapa kali hamil dan melahirkan
  9. Hamil dan melahirkan di usia muda

Segala penyakit sejatinya bisa dicegah, tak terkecuali kanker serviks. Sebelum masuk ke tahap yang lebih buruk, kanker serviks dapat dicegah dengan beberapa hal, seperti:

Lakukan Tes Pap Smear Secara Rutin

Pap smear adalah pemeriksaan paling ampuh untuk mengetahui sel-sel pada leher rahim yang berpotensi menjadi kanker serviks di kemudian hari. Bila terdeteksi sejak awal, tentu tindakan pencegahan pun dapat dilakukan dan kemungkinan besar Anda dapat terbebas dari kanker tersebut. Bagi Anda yang berusia 21-30 tahun, disarankan melakukan pap smear setidaknya 3 tahun sekali dan untuk yang berusia di atas 30 tahun minimal 5 tahun sekali.

Vaksinasi HPV

Virus satu ini adalah penyebab munculnya kanker serviks pada kaum hawa. Jadi, sudah pasti harus dicegah perkembangannya pada leher rahim. Vaksin ini dapat dilakukan sejak usia 9 tahun. Tapi, untuk Anda yang sudah aktif secara seksual, sangatlah disarankan untuk segera lakukan vaksin ini karena risiko terkena kanker serviks jauh lebih besar.

Berhenti Merokok

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa rokok mengandung banyak racun yang memicu sel kanker muncul dan berkembang secara cepat.

Lakukan Seks yang Aman

Sebisa mungkin, cegah hubungan seksual dengan banyak pasangan, karena HPV dapat tertular dari huubungan seks yang tidak baik. Jadi, sebaiknya lakukanlah hubungan seks dengan pasangan tetap untuk meminimalisir terjangkitnya kanker serviks.

Jaga Kebersihan Organ Intim

Saat menstruasi dan keputihan, bakteri jahat berkembang sangat pesat dan berpotensi menyebabkan kanker serviks. Oleh karena itu, gunakanlah cairan antiseptik kewanitaan yang mengandung bahan yang baik untuk kesehatan organ intim Anda, seperti povidone iodine.

Jadilah wanita yang sadar akan kesehatan dan kebersihan diri terutama untuk bagian intim. Kanker serviks selalu menghantui Anda kapan dan di mana saja. Cari tahu informasi mendalam seputar kanker serviks dan lakukan pencegahan sebelum terjangkit dan masuk ke dalam tahap yang lebih lanjut. Semoga Anda selalu terhindar dari kanker serviks ya!

Comments are closed.