Kartu BPJS Kesehatan: Syarat, Kewajiban, Hak, dan Keuntungan

Asuransi KesehatanHealth

Anda yang ingin memiliki kartu BPJS Kesehatan, kenali dahulu apa saja syarat, kewajiban, hak dan keuntungan yang didapat dari BPJS kesehatan.

Dengan hadirnya kartu BPJS kesehatan yang membawa manfaat terbaik bagi masyarakat akan perlindungan kesehatan. Banyak masyarakat yang mengalami manfaat kemudahan dalam pelayanan kesehatan.

Berdasar UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Dalam Pasal 22 UU No. 40 Tahun 2004, dijelaskan bahwa, Manfaat jaminan kesehatan bersifat pelayanan perseorangan berupa pelayanan kesehatan yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, termasuk obat dan bahan medis habis pakai yang diperlukan

Bagi Anda yang belum memiliki kartu PBJS kesehatan, dan ingin memiliki. Ketahui terlebih dahulu syarat, hak,kewajiban dna juga manfaatnya. Dengan hal tersebut, akan mampu melindungi Anda dari berbagai risiko kesehatan.

Syarat Peserta BPJS

Mendaftarkan diri secara online (www.bpjs-kesehatan.go.id) atau offline (datang ke kantor BPJS Kesehatan).
[quads id=3]
Melengkapi persyaratan administrasi seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, NPWP, alamat email, pas photo, dan melengkapi formulir keanggotaan.

Membayar iuran rutin sesuai kelas. Biaya iuran rutin adalah Rp 25.500 per bulan untuk perawatan kelas III, Rp 42.500 per bulan untuk perawatan kelas II, dan Rp 59.500 per bulan untuk perawatan kelas I. Anda dapat membayarnya setiap bulan melalui ATM bank yang ditunjuk, sejumlah minimarket yang bekerja sama, atau membayar langsung di loket BPJS Kesehatan terdekat tempat Anda.

Syarat Rawat Jalan Pasien BPJS non PBI

  1. Kartu BPJS Asli
  2. Surat Rujukan Asli
  3. Surat Bukti Antrian Dokter
  4. Fotokopi Kartu BPJS 1 lembar
  5. Fotokopi KTP 1 lembar
  6. Fotokopi Kartu Keluarga

Syarat Rawat Jalan Bagi Pasien BPJS PBI

  1. Kartu Jamkesmas Asli
  2. Surat Rujukan Asli
  3. Surat Bukti Antrian Dokter
  4. Fotokopi Kartu Jamkesmas 1 lembar
  5. Fotokopi Surat Rujukan 1 lembar

Kewajiban peserta BPJS

Pertama, peserta harus mendaftarkan dirinya sebagai peserta. Serta membayar iuran kartu BPJS Kesehatan yang besarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
[quads id=6]
Kedua, peserta harus melaporkan perubahan data peserta, baik karena pernikahan, perceraian, kematian, kelahiran, pindah alamat atau pindah fasilitas kesehatan tingkat I.

Ketiga, peserta harus menjaga kartu BPJS kesehatan peserta agar tidak rusak, hilang, atau dimanfaatkan oleh orang lain. Terakhir, peserta harus menaati ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan.

Hak Peserta BPJS

Pertama, peserta berhak mendapatkan kartu BPJS kesehatan peserta sebagai bukti sah untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Kedua, peserta berhak memperoleh manfaat dan informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Peserta juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan kartu BPJS Kesehatan.

Ketiga, peserta juga berhak menyampaikan keluhan/ pengaduan, kritik, dan saran ke Kantor BPJS Kesehatan.

Dengan memahami kewajiban dan hak Anda sebagai peserta BPJS secara menyeluruh, Anda bisa merasakan manfaat BPJS dengan maksimal.

Manfaat Kartu BPJS Kesehatan

  • Pemeriksaaan, pengobatan, dan konsultasi medis.
  • Tindakan medis, baik operasi maupun non operasi.
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai.
  • Tranfusi darah sesuai kebutuhan medis.
  • Pemeriksaan laboratorium.
  • Rawat inap tingkat pertama.
  • Rehabilitasi medis.

Lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik. Sebelum pasti pilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, cek lalu bandingkan asuransi kesehatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.