Apakah Kartu Indonesia Sehat Sama Seperti BPJS Kesehatan?

Health

Adanya Kartu Indonesia Sehat tentu membuat masyarakat Indonesia semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. Oleh karena itu, bila Anda belum mengetahui lebih lanjut tentang Kartu Indonesia Sehat, berikut ini ulasan selengkapnya.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) termasuk salah satu program dari Presiden Joko Widodo yang telah direncanakan sejak lama. Kartu ini merupakan identitas para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. KIS dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama dan tingkat lanjutan yang disesuaikan dengan kondisi penyakit pasien.

Jika dilihat fungsi dan kegunaannya, Kartu Indonesia Sehat ini sekilas hampir sama dengan BPJS Kesehatan yang kini mewajibkan masyarakat Indonesia memiliki BPJS Kesehatan. Padahal kenyataannya, banyak hal yang membedakan antara Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan. Lalu, apa saja perbedaan itu?

Apa Perbedaan Antara Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan?

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang bingung bahkan belum mengetahui perbedaan dari Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan. Secara umum, keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu sama-sama memberikan kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Namun, yang membedakan hanya pada segmen masyarakatnya.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah jaminan kesehatan untuk penduduk Indonesia, yang dikhususkan para fakir miskin dan tidak mampu sehingga mereka tidak dibebankan iuran bulanan karena semuanya sudah dibayarkan oleh pemerintah. Sedangkan BPJS Kesehatan adalah jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia, tetapi setiap bulannya dikenakan iuran yang disesuaikan dengan kelas yang dipilih.

Bukan hanya itu, Kartu Indonesia Sehat bisa dipakai di mana saja, baik itu di puskemas, klinik, atau rumah sakit yang ada di Indonesia, sedangkan BPJS Kesehatan hanya berlaku di klinik (fasilitas kesehatan) tingkat pertama yang nantinya Anda akan mendapatkan surat rujukan jika diharuskan untuk berobat lebih lanjut ke rumah sakit besar.

Kartu Indonesia Sehat dapat digunakan bukan hanya untuk pengobatan, tetapi juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pencegahan, sedangkan penggunaan BPJS hanya dapat digunakan jika Anda benar-benar dalam keadaan sakit yang memerlukan perawatan medis.

Persyaratan Mendapatkan Kartu Indonesia Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Kartu Indonesia Sehat bisa didapatkan untuk masyarakat yang kurang mampu. Oleh karena itu, untuk masyarakat yang ingin memiliki Kartu Indonesia Sehat, berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi.

Golongan Khusus

Masyarakat yang menerima Kartu Indonesia Sehat termasuk ke dalam golongan orang yang tidak mampu secara ekonomi, disability atau PMKS, gangguan jiwa atau psikotik Juga anak jalanan, gelandangan dan pengemis, lansia yang namanya sudah terdaftar di BPJS kesehatan serta sudah menjadi penerima bantuan iuran dari pemerintah.

Tercantum Dalam PPLS 2011

Masyarakat yang berhak menerima Kartu Indonesia Sehat namanya sudah tercantum dalam sistem data terpadu PPLS 2011 hasil pendataan dari BPS pada tahun 2011 dan sudah memiliki kartu Jamkesmas sebelumnya. Untuk bisa mengetahui nama Anda sudah tercantum di dalam data terpadu dari PPLS 2011, Anda harus mengecek langsung ke Puskesmas atau ke BPJS Kesehatan cabang setempat.

Sebelumnya Memiliki Kartu Jamkesmas

Jika Anda sudah atau pernah memiliki kartu Jamkesmas, tentu bisa langsung menggantinya dengan Kartu Indonesia Sehat. Namun, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Berkas yang harus Dipersiapkan

Sebelum Anda melakukan pendaftaran KIS, berikut ini beberapa berkas yang harus Anda persiapkan:

– KTP dari anggorta keluarga yang ingin mendapatkan KIS

– Kartu Keluarga

– Surat keterangan tidak mampu dari RT atau RW serta kelurahan setempat.

– Surat pengantar dari puskesmas setempat.

Prosedur Pembuatan Kartu Indonesia Sehat

Setelah berkas persyaratan di atas sudah lengkap, maka Anda bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk proses mendaftar Kartu Indonesia Sehat. Tidak perlu takut atau bingung ketika mendaftar karena Anda akan diarahkan dan dibimbing oleh pihak kantor BPJS Kesehatan.

Kemungkinan setiap daerah memiliki prosedur yang berbeda-beda untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat. Oleh karena itu, alngkah baiknya Anda kordinasi lebih lanjut lagi dengan ketua RT/TW dan juga pihak Puskesmas atau bisa langsung menanyakan ke kantor BPJS Kesehatan setempat supaya bisa memperoleh informasi yang benar.

Selain itu, catatan yang harus Anda ketahui juga bahwa untuk memiliki Kartu Indonesia Sehat ini para peserta tidak diharuskan untuk memiliki rekening bank terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan seluruh iuran dibiayai oleh pihak pemerintah.

Apakah Kartu Indonesia Sehat Bisa Didapatkan Secara Online?

Jika dipikir, di era modern seperti, apa sih yang tidak bisa didapatkan secara online? Mulai daftar pembuatan paspor hingga perpanjang SIM bisa dilakukan dengan online. Lalu, apakah mendaftar Kartu Indonesia Sehat bisa dilakukan juga secara online? Sayang sekali untuk hal ini masyarakat masih harus mendaftarkan secara offline atau langsung ke kantor BPJS setempat dan mengikuti prosedur yang sudah dijelaskan di atas.

Pengembangan Kartu Indonesia Sehat

Pemerintah selalu berupaya untuk mengembangkan program-program yang terbaik untuk masyarakat, salah satunya adalah rencana pengembangan Kartu Indonesia Sehat. Nantinya, bisa digunakan untuk seluruh anggota BPJS Kesehatan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun non-PBI. Hal ini berarti perluasan penggunaan kartu KIS bisa dirasakan untuk semua peserta BPJS Kesehatan tanpa memandang status ekonomi. Berarti seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat.

Sekarang pasti sudah tidak bingung lagi kan membedakan antara Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan. Jika di sekeliling lingkungan Anda masih ada yang belum mengetahui Kartu Indonesia Sehat, yuk sebarkan informasi ini! Agar semuanya berhak mendapatkan layanan kesehatan gratis yang menjadi salah satu program terbaik pemerintah.

Comments are closed.