Kaum Pria, Waspada Kanker Payudara!

Kanker payudara tak hanya diderita kaum wanita. Pria pun berpeluang terserang penyakit ini.

Health

Kanker payudara yang biasanya menyerang wanita ternyata bisa menyerang pria. Meskipun kasus kanker payudara pada pria masih terbilang jarang, namun kaum pria patut waspada mengingat penyakit ini lebih ganas dan mematikan.Ê

Sebelum mengetahui cara pencegahannya, yuk kenali dulu penyebab kanker payudara pada pria:

1.ÊFaktor genetis

Jika dalam riwayat keluarga tercatat ada yang mengidap kanker payudara pada pria, maka Anda memiliki potensi mengidap penyakit ini.

2.ÊSindrom KlinefelterÊ

Menurut MayoClinic.com, sindrom Klinefelter merupakan salah satu jenis kelainan genetik yang sering dialami kaum pria. Pria yang mengidap sindrom Klinefelter terlahir dengan kromosom X berlebih sehingga memiliki kadar estrogen lebih tinggi dari pria normal. Akibatnya, penderita sindrom Klinefelter 20 kali lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan pria umumnya.
Ê
3.ÊMutasi gen
Jumlah mutasi gen meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Menurut www.info-kes.com, sekitar 5% pria penderita kanker payudara memiliki mutasi gen BRAC2.
Ê
4.ÊAlkohol dan obat-obatan
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan obat-obatan yang memacu tingginya estrogen dapat memicu sindrom Klinefelter. Dengan begitu dapat meningkatkan risiko kanker payudara.Ê
Ê
5.ÊMakan berlebih
Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat memicu kanker payudara pada pria. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengontrol berat badan Anda.
Ê
Cara paling tepat untuk pecegahan penyakit kanker payudara, yaitu melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Jika keluarga Anda memiliki riwayat kanker payudara, atau Anda menemukan benjolan lunak yang mengalami perubahan bentuk dan pendarahan pada puting susu, segera periksa ke dokter. Selain itu, lakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari minuman beralkohol.Ê

Seperti halnya pada wanita, risiko penyakit kanker pada pria ini terus meningkat seiring bertambahnya usia. Banyak kasus ditemukan bahwa pria yang terkena kanker payudara berusia 60-an dan 70-an. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat sedini mungkin!

Ê

Ê

Ê

Leave a Reply