Yuk Pelajari Apa Saja Indikator Keluarga Sehat

Health

Yakin keluarga Anda termasuk kategori yang sehat? Jangan salah, berikut ini kategori keluarga sehat yang harus dipenuhi.

Apakah Anda sudah memiliki keluarga sehat? Mungkin Anda akan menjawab, iya. Namun, apakah sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh para ahli? Ini yang harus dijawab selanjutnya.

Banyak orang yang merasa sudah menerapkan apa saja yang disarankan oleh dokter agar memiliki keluarga yang sehat dan indikatornya adalah seluruh keluarga tidak sakit. Nmaun, kalaupun sakit, mereka sudah punya asuransi kesehatan sebagai pelindung yang tepat dalam segi finansial dan memang ini sangat baik untuk memastikan kesehatan seluruh anggota keluarga terjaga.

Sekarang ini, sudah ada indikator yang bisa digunakan untuk menentukan apakah keluarga sudah sehat atau belum. Yuk, nilai sendiri apakah keluarga Anda sudah masuk ke dalam kategori yang sehat? Sebelumnya, cek dulu aplikasi keluarga sehat ini.

Baca juga: Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Keluarga yang Bagus

Gunakan Aplikasi Keluarga Sehat

Anda yakin sudah memiliki keluarga yang sehat? Jika ya, Anda bisa segera membantu pemerintah untuk melakukan pendataan. Data ini penting sekali bagi pemerintah untuk mengetahui kondisi keluarga Indonesia. Selain itu, data tersebut akan diolah dan digunakan untuk dijadikan bahan membuat kebijakan nasional.

cara menjadi keluarga bahagia

Untuk menjadi bagian dari program tersebut, Anda bisa gunakan Aplikasi Keluarga Sehat. Ini merupakan aplikasi pendataan digital tentang kondisi keluarga di Indonesia.

Lalu, apa manfaat yang bisa Anda dapatkan? Tentu saja banyak. Adanya data yang terus diperbaharui mengenai kondisi keluarga Indonesia, pemerintah bisa melakukan tindakan yang tepat. Terutama ketika ada potensi penyakit yang bisa menyerang. Maka dari itu, kontribusi Anda begitu penting untuk menggunakan aplikasi yang satu ini.

Ada dua platform yang bisa Anda gunakan.

Platform Website

Anda bisa mengakses aplikasi ini melalui website. Anda bisa kunjungi situs Kemkes dan masuk ke bagian Aplikasi Keluarga Sehat.

Dengan menggunakan platform ini, Anda bisa membuka aplikasi entah itu melalui browser smartphone, laptop, ataupun komputer.

Platform Android

Akan lebih nyaman jika Anda mengakses aplikasi ini dari smartphone. Download aplikasi di hp android Anda lalu lakukan registrasi.

Namun, Anda harus pastikan memori handphone Anda masih cukup untuk mengunduh aplikasi ini. Jika tidak cukup, opsi pertama sebaiknya Anda pilih.

Apapun platform yang Anda pilih, itu pilihan Anda. Terpenting adalah data keluarga Anda terindungi. Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data, mulai dari nama seluruh anggota keluarga lengkap dengan usia.

Kemudian, setelah Anda lakukan hal tersebut, Anda diminta untuk mengirimkan data tersebut melalui survei. Lalu, akan dilakukan verifikasi dari puskesmas terdekat. Setelah langkah-langkah tersebut dilalui, Anda bisa memanfaatkan layanan dari aplikasi ini.

Aplikasi ini memang tidak secara langsung membuat kesehatan keluarga Anda semakin terjaga. Akan tetapi, ada imbas yang secara tidak langsung bakal seluruh keluarga di Indonesia dapatkan. Data akan diolah sehingga menjadi sebuah kebijakan nasional untuk kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Bukankah ini yang paling penting?

Pencegahan bisa dilakukan oleh pemerintah melalui kementerian kesehatan jika ada data yang valid. Oleh sebab itu, jadikan keluarga Anda sehat dengan mengikuti pendataan digital menggunakan aplikasi ini.

Lima Kategori Keluarga yang Sehat

Terdapat 12 indikator untuk menentukan sebuah keluarga bersifat sehat atau tidak. Namun, 12 indikator tersebut bisa dibagi menjadi 5 kategori. Berikut ini kategorinya.

Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak

Mengenai gizi ibu dan anak, ada banyak sekali faktornya. Paling utama adalah imunisasi. Saat anak sudah lahir ke dunia, anak harus mendapatkan imunisasi lengkap.

Sayangnya, beberapa masyarakat tidak mau anaknya mendapatkan imunisasi. Alasannya bermacam-macam. Padahal, ini merupakan langkah pencegahan dari berbagai serangan penyakit, seperti campak, polio, hepatitis, dan lain sebagainya.

kriteria keluarga bahagia

Tidak hanya imunisasi saja. Indikator lainnya adalah ASI eksklusif. Sejak usia 0 hingga 6 bulan, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif. ASI merupakan makanan bayi yang akan menentukan kesehatan anak di waktu dewasa. Menurut survei, ketika bayi mendapatkan ASI eksklusif cenderung tidak mudah sakit dibandingkan yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Inilah mengapa ASI eksklusif dijadikan indikator keluarga yang sehat.

Pengendalian Penyakit

Selain masalah gizi, keluarga yang sehat harus melakukan pencegahan terhadap penyakit. Setidaknya, ada dua jenis penyakit yang harus diwaspadai, yaitu penyakit menular dan tidak menular.

Mana yang paling berbahaya? Keduanya sama-sama berbahaya. Namun, masih banyak keluarga yang hanya memperhatikan penyakit menular. Mereka lebih memberikan perhatian ketika salah satu keluarga terkena penyakit menular. Padahal, penyakit tidak menular pun sangat berbahaya. Contohnya diabetes. Ini penyakit tidak menular yang hingga saat ini menghantui masyarakat Indonesia.

Begitu juga dengan penyakit hipertensi atau darah tinggi. Ini juga salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan kematian. Diabetes dan hipertensi menjadi penyakit yang harus dihindari jika ingin mendapatkan predikat keluarga yang sehat.

Perilaku Sehat

Apakah keluarga Anda sudah menerapkan perilaku hidup sehat? Sudahkah seluruh keluarga Anda mengkonsumsi air mineral setiap hari? Apakah setiap kali sebelum makan, Anda dan seluruh keluarga mencuci tangan dengan sabun?

Terdengar sepele. Namun, hal-hal tersebutlah yang menjadi prasyarat untuk keluarga yang sehat. Menerapkan perilaku sehat sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, seringkali masyarakat tidak mau memperhatikan.

Lingkungan Sehat

Ini yang sering menjadi masalah. Membuat lingkungan yang sehat dibutuhkan kesadaran yang tinggi. Contoh sederhananya adalah udara rumah bebas asap. Itu artinya tidak ada anggota keluarga yang merokok. Selain ini bagus untuk kesehatan individu, ini juga sangat penting untuk kesehatan seluruh anggota keluarga. Jadi, berhenti merokok tidak hanya bagus untuk perokok itu sendiri.

ciri keluarga bahagia

Begitu juga dengan jamban. Bahkan, ini dijadikan salah satu indikator apakah kota itu miskin atau tidak. Ada kota yang dinobatkan menjadi kota termiskin, bukan karena pendapatan masyarakatnya melainkan banyaknya masyarakat yang tidak memiliki jamban.

Di rumah Anda, pastikan sudah ada jamban yang sesuai dengan SOP berlaku. Setidaknya dalamnya jamban sekitar 5 meter. Selain itu, ada juga lubang resapan. Inilah standar jamban yang sehat yang membuat keluarga Anda menjadi keluarga yang senantiasaa sehat.

Baca juga: Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Namun, yang paling penting lagi adalah lingkungan sekitar. Lingkungan di mana Anda tinggal juga harus sehat. Percuma saja jika rumah Anda sudah sehat tapi lingkungan sekitar tetap kumuh. Ada potensi penyakit bisa menyerang anggota keluarga Anda.

Kesehatan Jiwa

Jika ada anggota keluarga yang mengalami masalah gangguan jiwa, jangan kucilkan. Jangan pula ditelantarkan. Anggota keluarga tersebut harus diobati. Bawa ke Rumah sakit jiwa. Biarkan anggota keluarga Anda mendapatkan pengobatan. Setelah diobati, berikan dukungan setelah kembali ke keluarga. Ini sangat penting untuk memulihkan kondisi jiwanya yang sempat terganggu.

Dari beberapa kriteria tersebut di atas, apakah layak keluarga Anda dikatakan keluarga yang sehat? Anda bisa menilai sendiri.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Comments are closed.