Kenali 5 Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Health

Kanker payudara bukanlah hal yang bisa disepelekan. Anda harus jeli menyadari perubahan tubuh agar gejala kanker payudara bisa terdeteksi sejak dini. 

Setiap tahunnya wanita terus diingatkan untuk waspada terhadap kanker payudara. Hal ini tentu saja dianjurkan melihat tingginya angka pengidap kanker payudara. Data Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2016 menunjukkan bahwa jumlah wanita yang terdiagnosa kanker payudara dalam pemeriksaan Februari hingga Desember 2015 adalah sebanyak 3.427 orang.

Deteksi dini kanker payudara memang wajib dilakukan. Selain merupakan bentuk waspada terhadap kanker, deteksi dini juga berguna agar penanganan terhadap kanker payudara tak terlambat. Padahal dari “Data Riset Kesehatan Dasar 2013 Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI dan Data Penduduk Sasaran, Pusdatin Kementerian Kesehatan RI, penyakit kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kenker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia yaitu sebesar 0,5%. Lalu, apakah hingga saat ini Anda sudah paham dengan benar apa saja gejala kanker payudara? Mari simak ulasan berikut.

gejala kanker payudara

Benjolan di Payudara

Inilah gejala kanker payudara yang paling umum. Jika Anda merasakan adanya benjolan tidak wajar di payudara dan terasa sakit, segeralah periksakan ke dokter. Benjolan ini bisa jadi gejala kanker maupun tumor ganas, tapi ada kemungkinan pula benjolan itu tidak berbahaya sama sekali.

gejala kanker payudara

Payudara Gatal

Anda mungkin pernah merasakan gatal pada area payudara. Hal ini bisa terjadi karena bra atau pakaian yang tidak bersih, namun bisa juga merupakan gejala kanker payudara. Jika gatal ini terjadi terus menerus tanpa sebab bahkan menimbulkan ruam, sebaiknya Anda waspada.

BACA JUGA: Sakit Gigi? Biaya Perawatan Jangan Sampai Bikin Cemberut

gejala kanker payudara

Warna Payudara Berbeda

Payudara Anda kemerah-merahan atau bahkan cokelat seperti memar? Ini bisa jadi salah satu gejala kanker. Tak hanya itu, perubahan warna kulit ini bisa juga disertai dengan tekstur kulit yang menjadi lebih kasar.

gejala kanker payudara

Payudara dan Punggung Nyeri Hebat

Jangan sepelekan jika Anda merasa nyeri pada payudara dan punggung. Nyeri ini bahkan membuat payudara maupun punggung terasa seperti terbakar.

BACA JUGA: 4 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh Anda

gejala kanker payudara

Keluar Cairan dari Payudara

Jika kamu tidak sedang mengandung atau menyusui namun payudara mengeluarkan cairan, mulailah waspada. Perhatikan dengan baik, cairan ini bisa berupa cairan seperti air, lendir, bahkan nanah.

Leave a Reply