Kenali Jenis-Jenis Yoga: Mana yang Cocok untuk Anda?

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Yoga terdiri dalam beberapa jenis yang memiliki fungsinya tersendiri. Agar tak salah berlatih, baiknya pahami jenis-jenis yoga beserta fungsi dan kecocokannya untuk Anda terlebih dahulu.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang peminatnya terus meningkat beberapa tahun belakangan. Sejarah olahraga satu ini sangatlah panjang. Yoga berkembang sejak 5-10 ribu tahun lalu di India. Pada dasarnya, inti dari olahraga yoga adalah meningkatkan kesehatan jiwa dan raga secara seimbang.

Seiring berjalannya waktu, yoga pun mengalami perubahan. Bahkan, saat ini yoga dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya tentu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Hal inilah yang membuat setiap orang memiliki kecocokan terhadap salah satu jenis yoga. Nah, agar lebih paham dan tak salah pilih, yuk baca selengkapnya!

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Jenis-jenis yoga berdasarkan fungsi dan kecocokannya!

Hatha Yoga

Yoga satu ini memiliki fokus pada penyelarasan latihan fisik dan juga pernapasan. Hal yang menjadi pembeda antara Hatha Yoga dengan jenis lainnya adalah temponya yang lebih lambat dan tenang.

Hatha Yoga cocok untuk Anda yang baru saja mulai mencoba yoga. Yoga jenis ini akan membantu Anda mengenali postur dasar dan mengaplikasikannya dengan lebih mudah karena temponya yang tenang dan gerakannya yang tidak terlalu sulit untuk pemula.

Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini biasanya dinamis dan membutuhkan koordinasi antara napas, fisik, dan postur tubuh. Vinyasa Yoga memiliki tempo yang lebih cepat dan lebih bebas alias tidak punya rangkaian baku. Namun, biasanya instruktur selalu memandu kelas dari awal hingga akhir dengan tujuan yang berbeda tiap pertemuan. Misalnya, sesi hari ini untuk memperkuat backbend, sesi berikutnya fokus untuk memperkuat otot lengan.

Vinyasa Yoga sangat cocok untuk Anda yang menyukai sesuatu yang spontan, dinamis, dan cepat bosan dengan gerakan yang itu-itu saja. Di setiap sesinya, Anda akan selalu mendapatkan rangkaian postur dan gerakan yang berbeda-beda.

Ashtanga Yoga

Sangat dinamis, intens, dan lebih terasa atletik adalah ketiga penjabaran Ashtanga Yoga. Tingkat kesulitan dalam penerapan setiap posenya jauh dari kata mudah. Peran instruktur dalam kelas yoga satu ini bukanlah untuk memandu setiap peserta, melainkan mengobservasi dan sesekali memberikan arahan agar pose dan postur yang dilakukan sudah benar. Baca juga: Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Hidup Sejahtera

Ashtanga Yoga membutuhkan dedikasi tinggi agar manfaat yang dihasilkan terasa optimal pada tubuh. Bagi Anda yang memiliki niat yang kuat dan berdedikasi tinggi, Ashtanga Yoga sangatlah pas untuk Anda.

Jenis-Jenis Yoga untuk Kehamilan: Prenatal Yoga

Dari namanya saja, Anda sudah mengetahui bahwa yoga satu ini adalah yoga yang diperuntukkan untuk wanita hamil menjelang masa melahirkan. Prenatal Yoga berfokus pada gerakan-gerakan yang akan membuat otot-otot untuk melahirkan menjadi lebih rileks dan kuat.

Kalau saat ini Anda sedang hamil dan menjelang waktu melahirkan menjalankan yoga ini akan membuat Anda lebih siap saat nanti melahirkan sang buah hati secara fisik dan mental.

Hot Yoga

Yoga jenis ini sejatinya tidaklah sesulit Vinyasa Yoga. Tapi, peserta diharuskan melakukan olahraga ini dalam ruangan dengan suhu yang hangat, yakni sekitar 40-42 derajat celsius. Hot Yoga memiliki 26 gerakan pasti yang dilakukan setiap sesi atau pertemuan. Kombinasi ruangan yang hangat serta gerakan-gerakan pada yoga jenis ini merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak.

Yoga satu ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi banjir keringat yang dapat mendetoksifikasi tubuh.

Kundalini Yoga

Kundalini Yoga mengombinasikan unsur fisik dan spiritual, menggabungkan postur tubuh dengan teknik pernapasan yang baik dan dinamis, meditasi, dan juga mempelajari mantra. Tujuannya sendiri untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan kesadaran diri. Yoga jenis ini akan membuat pesertanya lebih tenang secara mental dan bugar secara fisik.

Bila Anda ingin merasakan nikmatnya meditasi, mengeksplorasi lebih dalam tentang energi, intuisi, dan pikiran yoga satu ini cocok untuk Anda.

Sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis yoga beserta fungsi dan kecocokannya. Jadi, mana kira-kira yoga yang cocok untuk Anda. Mau coba?

Comments are closed.