Penyakit diabetes menimbulkan komplikasi jangka panjang yang berkembang secara bertahap.

 

Penyakit diabetes mampu menimbulkan berbagai penyakit atau komplikasi lain. Komplikasi penyakit diabetes ini berkembang secara bertahap. Semakin lama seseorang hidup dengan penyakit diabetes – dan kurang terkontrolnya gula darah – semakin tinggi pula risiko komplikasi yang menyertai. Komplikasi penyakit diabetes dapat mengancam jiwa. Beberapa komplikasi penyakit diabetes adalah sebagai berikut.

 

  1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit diabetes meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri dada (angina), serangan jantung, stroke, dan penyempitan arteri (atherosclerosis). Jika Anda memiliki penyakit diabetes, Anda memiliki risiko tinggi untuk terkena penyakit jantung atau stroke, tulis editor medis senior situs www.mayoclinic.org (31/7/2014).

 

  1. Kerusakan saraf

Kelebihan gula dapat melukai dinding pembuluh darah kecil (kapiler), terutama di kaki. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, rasa terbakar atau nyeri yang biasanya dimulai pada ujung jari-jari kaki atau tangan dan secara bertahap menyebar ke atas. Jika tidak diobati, bagian tubuh terluka dapat mati rasa.

 

  1. Kerusakan ginjal

Ginjal mengandung jutaan pembuluh darah kecil yang membersihkan “sampah-sampah” dari darah Anda. Penyakit diabetes dapat merusak sistem penyaringan atau pembersihan ini. Kerusakan parah dapat menyebabkan gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir yang mungkin memerlukan dialisis (metode untuk menyaring limbah dari darah yang menggantikan fungsi ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya) atau transplantasi ginjal.

 

  1. Kerusakan mata

Penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah retina dan berpotensi menyebabkan kebutaan. Penyakit diabetes juga meningkatkan risiko kondisi penglihatan serius lainnya, seperti katarak dan glaukoma.

 

  1. Kerusakan kaki

Kerusakan saraf di kaki atau buruknya aliran darah ke kaki meningkatkan risiko berbagai kerusakan kaki. Jika tidak diobati, penyakit diabetes dapat menimbulkan luka dan lecet atau bahkan menyebabkan infeksi serius yang bisa membuat kaki atau jari kaki diamputasi.

 

  1. Penyakit kulit

Penyakit diabetes dapat membuat Anda lebih rentan terkena penyakit kulit, termasuk infeksi bakteri dan jamur.

 

  1. Tunarungu

Orang dengan penyakit diabetes lebih rentan terkena masalah pendengaran.

 

  1. Penyakit Alzheimer

Penyakit diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Semakin buruknya kontrol gula darah, semakin besar terkena risiko penyakit ini.

 

Jika terkena penyakit diabetes, premi asuransi yang dibayar juga lebih tinggi atau ada kemungkinan diabetes tidak termasuk dalam cakupan asuransi. Bagi Anda yang memiliki pradiabetes, Anda dapat mencegahnya menjadi diabetes dengan melakukan ini.

 

 

Bagikan artikel ini pada kerabat Anda di fitur jejaring sosial di bawah ini!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *