Kenali Lebih Jauh Hal-Hal Penyebab Depresi

Health

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab depresi, di sadari atau tidak ada beberapa kebiasaan yang bisa memicunya.

Depresi merupakan satu gangguan kesehatan mental yang bisa memengaruhi pola pikir, suasana hati dan cara berinteraksi sehari-hari. Penyebab depresi bisa oleh banyak hal seperti trauma, sedih berkepanjangan, masalah finansial, hingga masalah pekerjaan. Sehingga perasaan akan menjadi putus harapan dan kehilangan hal-hal yang dulu bisa menghibur, dan sering menyalahkan diri sendiri.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Pilih asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com dan gunakan kode promo SEHAT010 saat belanja. Langsung dapat DISKON 10%!

asuransi kesehatan

Di sadari atau tidak hal-hal ini yang bisa menjadi penyebab depresi.

Merokok

Orang yang menderita depresi sering dikaitkan dengan kecenderungan merokok. Zat yang ada dalam rokok nikotin bisa mempengaruhi aktivitas saraf dalam otak, sehingga meningkatkan kadar dopamine dan serotonin. Zat-zat tersebut bisa mengakibatkan depresi, inilah yang membuat rokok bersifat adiktif.

 Waktu Tidur Kurang

Tidur merupakan kebutuhan penting dalam hidup manusia setiap harinya. Waktu tidur yang kurang bisa menggangu kinerja sel-sel otak, menjadi mudah marah dan kesal. Penyebabnya mungkin bisa dari sering bergadang, lalu pada pagi paginya harus duah bangun lagi dan beraktivitas. Tentunya hal tersebut membuat mood menjadi tidak baik, di saat masih butuh istirahat tapi banyak aktivitas yang harus dikerjakan. Kalau ini rutin terus terjadi, bisa menyebabkan depresi.

Terlalu Banyak Menggunakan Media Sosial

Fenomena ini sering terjadi dan salah satu alasan utama seseorang menjadi depresi, terutama di kalangan remaja. Media sosial kalau digunakan dengan baik tentu akan baik juga, tapi kalau salah digunakan hasilnya menjadi bumerang bagi diri sendiri. Para netizen remaja yang menjadikan media sosial sebagai ajang untuk menunjukan siapa yang lebih hebat dan baik, biasanya melalui foto. Hal ini tanpa di sadari, bisa membuat efek buruk bagi para orang dan pengikut di jejaring sosialnya. Sehinga bisa timbul rasa iri, benci, dan menyesali kenapa diri sendiri tidak bisa seperti itu. Ini yang bisa menjadi penyebab depresi, sehingga orang menjadi tidak percaya diri.

Ketergantungan Serial TV

Banyak sekali orang yang sering menonton tv series, dan merasa hampir separuh hidupnya berada di film tersebut. Karena pengaruh ikatan kuat dalam peran yang dimainkan oleh aktor atau aktris tersebut. Sehingga pada saat tayangan tersebut berakhir masa tayangnya, mempunyai kecenderungan deperesi terhadap kebiasaan yang sering dilakukannya.

Gejala Timbul Akibat Depresi

Beberapa gejala psikologi yang timbul

  • Kehilangan selera untuk menikmati hobi
  • Mudah panik dan cemas
  • Mudah sedih
  • Merasa bersalah
  • Merasa tidak berharga
  • Tidak percaya diri
  • Mudah sensitif
  • Berpikit untuk bunuh diri

Gejala Fisik Akibat Depresi

Inilah tanda-tanda gejala fisik yang timbul

  • Badan sering Lelah
  • Pola tidur tidak benar
  • Bergerak berbicara lebih lambat
  • Sulit berisitirahat
  • Berat badan berubah
  • Sakit kepala

Deprei dibutuhkan penanganan dan pengbatan yang tepat, Karena si penderita bisa mengganggu hubungan dengan orang sekitar. Beberapa kasus yang pernah terjadi, depresi berat bisa mengakibatkan seseorang hilang keinginan untuk hidup dan mempunyai niat untuk bunuh diri.

Jadi ketika mengalami tanda-tanda depresi yang dialami selama dua minggu, segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan pemulihan.

Lindungi diri Anda dan masa depan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik. Sebelum pasti pilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, cek lalu bandingkan asuransi kesehatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan premi terjangkau di Futuready.com

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply