Kenali Manfaat dan Jenis Madu untuk Kesehatan

Health

Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dan mineral di madu memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Yuk, kenali berbagai manfaat dan 3 jenis madu di bawah ini.

Banyak cara bisa dilakukan demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai keistimewaan madu sebagai bahan alami. Madu dikenal memiliki kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dan mineral. Maka itu tak heran, jika madu menjadi salah satu bahan alami yang sering ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit. Nah, madu itu sendiri juga memiliki berbagai jenis yang masing-masing juga memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan kulit. Yuk, kita kenali lagi tiga jenis madu untuk kesehatan kulit.

Jenis Madu Akasia

Madu Akasia merupakan salah satu jenis madu yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Madu ini berwarna kuning cerah dan sangat dipercaya ampuh dalam menstimulasi produksi kolagen. Fungsi madu ini kerap digunakan untuk menjaga kekencangan kulit dan juga mencegah kulit keriput.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Jenis Madu Manuka

Berikutnya adalah madu Manuka yanng sering digunakan sebagai formula andalah untuk sejumlah produk perawatan kulit. Sehingga jenis madu ini begitu populer di produk perawatan kulit, madu ini bisa dikatakan ampuh dan efektif untuk mengatasi kulit yang berjerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Selain itu khasiat madu ini dipercaya dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan reaksi alergi dalam waktu singkat.

Jenis Madu Thyme

Untuk bahan madu ini juga sama khasiatnya seperti madu Manuka yaitu mampu mengatasi masalah jerawat. Zat dalam madu ini memiliki anti bakteri yang cukup tinggi, bahkan zat yang terkandung di madu Thyme disebut-sebut mampu melebihi kemampuan benzoil peroksida dalam mengatasi jerawat. Selain ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, madu Thyme juga bisa menjadikan kulit lebih terjaga kelembapannya.

Baca juga: 5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Madu-madu di atas tersebut selain bisa Anda konsumsi juga bisa dijadikan masker, Anda juga bisa mengombinasikan madu-madu di atas dengan beragam bahan alami yanng bisa menjadikan kulit lebih sehat dan bebas keriput.

Inilah Manfaat Berbagai Jenis Madu untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Khasiat madu mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung.

Mengurangi Iritasi Batuk dan Tenggorokan

Khasiat madu lainnya bisa membantu mengatasi batuk, terutama madu soba. Berdasarkan sebuah penelitian terhadap 105 anak-anak, satu dosis madu soba sama efektinya dengan satu dosis dextromethorpan yang bisa meredakan batuk malam hari sehingga memungkinkan untuk tidur lebih nyenyak.

Memberi Keseimbangan Metabolisme

Di India ada pengobatan Ayurvedic yang telah berumur 4000 tahun dan berfungsi memengaruhi ketidakseimbangan tubuh secara positif. Sehingga mampu meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare dan mual.

Pengaturan Gula Darah

Madu yang rasanya manis ini mengandung gula sederhana, tapi tidak sama dengan gula putih dan pemanis buatan. Kombinasi yang tepat fruktosa dan glukosa sangat membantu tubuh mengatur kadar gua darah. Nah, beberapa jenis madu ini memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga tidak mengganggu kadar gula darah Anda.

Menyembuhkan Luka

Khasiat madu juga bisa digunakan di luar tubuh karena terbukti efektif sebagai perawatan kuno untuk menyembuhkan luka. Menurut penelitian, efek pengeringan gula sederhana itu memiliki sifat antibakteri madu yang tergabung untuk menciptakan efek ini. Studi ini semakin menunjukan kalau itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

Probiotik

Madu memiliki beberapa varietas yang mengandung sejumlah besar bakteri baik, ini termasuk 6 spesies lactobacilli dan 4 spesies bifidobacteria. Hal ini akan menjelaskan banyak dari sifat-sifat terapeutik misterius dari madu.

Sistem Kekebalan Tubuh

Madu manuka yang berasal dari Australia setelah diteliti dari sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University, Inggris. Madu jenis ini mampu merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

Comments are closed.