Kenali Tanda-tanda Tubuh Kurang Gizi!

Health

Sering merasa badan lemas, muka pucat, dan kepala pusing? Itu bisa saja tanda bahwa tubuh Anda kurnag gizi, lho. Agar tidak terjadi kesalahan, yuk, ketahui tanda-tanda yang lebih detail lagi berikut ini.

Kondisi tubuh kekurangan gizi bukan lagi masalah baru. Tak hanya di dalam lingkungan masyarakat Indonesia, permasalahan ini pun ikut dialami di berbagai tempat di dunia. Bila dipersempit kembali ruang lingkupnya, kondisi kekurangan gizi ini memang kerap dialami masyarakat kelas bawah atau orang-orang suku di pedalaman yang letaknya sulit untuk dijangkau. Sayangnya, masalah ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi di kota-kota besar. Selain lingkungan dan daerah, pola makan juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Kekurangan gizi atau yang sering disebut malnutrisi adalah gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kekurangan gizi bisa saja terjadi oleh siapa pun dalam kurung waktu yang lama.

Secara kasat mata, tanda-tanda dari orang yang kurang gizi itu memiliki badan yang sangat kurus tetapi perutnya terlihat buncit. Kenyataannya bukan itu saja, masih banyak lagi tanda-tanda lain yang dialami jika mengalami kondisi kurang gizi.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah dan Sederhana

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Kurang Gizi!

Ketika tubuh Anda kekurangan gizi, ada beberapa tanda yang bisa dirasakan, berikut ini ulasannya.

  1. Penurunan berat badan.
  2. Mudah lelah.
  3. Konsentrasi menurun.
  4. Gusi dan mulut sering luka atau nyeri.
  5. Kulit dan rambut kering.
  6. Jaringan lemak dan otot di dalam tubuh berkurang.
  7. Pipi dan mata cekung.
  8. Pembengkakan di bagian tubuh tertentu, seperti di perut, wajah, atau kaki.
  9. Mudah terkena infeksi karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  10. Proses penyembuhan luka menjadi lambat.
  11. Mudah kedinginan.
  12. Perubahan mood atau suasana hati.
  13. Kehilangan selera makan.
  14. Mudah terjatuh karena otot melemah.

Penyebab Tubuh Kurang Gizi

Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda kekurangan gizi, salah satunya adalah tidak menjalani pola makan yang sehat. Selain itu, penyebab lainnya dikarenakan kondisi kesehatan dalam keadaan tidak prima. Sehingga akhirnya, membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan dengan baik, atau membuat tidak nafsu makan. Di luar itu, rupanya ada penyebab lain yang lebih kompleks seperti berikut ini:

  1. Menjalani diet terlalu ketat, karena bisa membuat Anda kekurangan kalori dan berbagai nutrisi penting.
  2. Mengalami gangguan makan, seperti anoreksia nervosa dan bulimia.
  3. Menderita penyakit yang membuat nafsu makan terganggu, seperti penyakit hati, HIV/AIDS, atau kanker.
  4. Memiliki kondisi yang membuat tubuh sulit mencerna atau menyerap nutrisi, misalnya penyakit radang usus.
  5. Menderita disfagia atau kesulitan untuk menelan.
  6. Menderita gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan skizofrenia.
  7. Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak dan terlalu sering, karena dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh.
  8. Menjalani pengobatan yang dapat menurunkan nafsu makan, seperti kemoterapi, konsumsi obat tekanan darah, atau obat tiroid.
  9. Masalah ekonomi, kurangnya pengetahuan mengenai nutrisi, atau tinggal di daerah yang kekurangan makanan.
  10. Untuk menghindari kekurangan gizi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang tiap harinya. Makanan tersebut terdiri dari sayur dan buah, susu dan produk olahannya, juga makanan sumber karbohidrat (nasi, kentang, roti, sereal atau pasta), lemak sehat, dan protein (daging, telur, ikan, atau kacang-kacangan).

Mengatasi Kondisi Kurang Gizi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa masalah kekurangan gizi bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Namun, tidak ada kata terlambat untuk mengetasi masalah ini. Nah, agar tidak salah tindakan, berikut ini beberapa cara mengatasi kurang gizi pada tubuh yang paling efektif.

Baca juga: Fakta Menarik dan Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Perbaiki Asupan Nutrisi

Kondisi kekurangan nutrisi menjadi masalah besar untuk mereka yang menderita kekurangan gizi. Oleh karena itu, penanganan dengan cara pemberian nutrisi secara laik dan mencukupi, mulai dari menu karbohidrat dalam bentuk nasi dan roti, protein dalam segala jenis lauk pauk baik dari nabati seperti tahu ataupun dari hewani menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi tingkat penderita gizi. Bukan hanya karbohidrat, tetapi perhatikan pula kandungan asupan vitamin yang bisa diperoleh dari ragam jenis sayuran atau juga pada buah-buahan segar. Selain itu pemberian susu yang kaya akan nutrisi juga laik dijadikan pilihan. Terpenting, semua nutrisi itu baik untuk tubuh sehingga penderita kurang gizi bisa berangsur membaik.

Lakukan Pengobatan

Cara mengatasi kekurangan gizi berikutnya adalah dengan melakukan pengobatan. Prosedur yang satu ini harus dilakukan secara spesifik apabila memang ditemukan gejala penyakit yang memang melatarbelakangi munculnya kekurangan gizi tersebut.  Contohnya, diharuskan untuk melakukan pengobatan secara intensif pada diare lantaran infeksi maupun permasalahan pencernaan lain yang berhubungan langsung dengan sistem penyerapan nutrisi pada saluran usus. Selain itu, ada juga sisitem pengobatan yang lebih fokus pada terapi untuk memaksimalkan pula penanganan pada gejala kekurangan gizi secara sekaligus.

Minimalisir Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan kurang sehat, seperti diet ketat yang salah ataupun merokok berlebihan harus diminimalisir secara cepat lantaran kegiatan seperti ini sama sekali tidak membawa manfaat baik bagi tubuh. Bahkan kegiatan ini justru sangat membahayakan dan bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan kegiatan yang lebih positif sehingga dampak bagi tubuh pun menjadi positif.

Memaksimalkan Keseimbangan Ekonomi

Bukan hanya faktor pola makan saja, rupanya ekonomi juga bisa menyebabkan seseorang kurang gizi. Kondisi ini kerap terjadi khususnya kelas menengah bawah yang tidak bisa memberikan nutrisi terbaik untuk dirinya dan juga anggota kelurga dikarenakan minimnya pendapatan. Jadi, jangan heran jika mereka lebih memilih untuk mengonsumsi makanan apa pun agar tetap bisa hidup tanpa memikirkan kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut.

Itulah beberapa tanda, penyebab, dan juga cara mengatasi yang tepat untuk mereka penderita kurang gizi. Agar masalah ini tidak terus menerus berlanjut, mulai saat ini Anda harus mengedepankan hidup sehat agar tidak ada lagi masalah-masalah seperti ini dikemudian hari.

Comments are closed.