Ketika Batuk Berlendir Tak Kunjung Sembuh

Pernahkah Anda batuk berlendir dalam waktu yang lama? Hati-hati, bisa jadi ini gejala bronkitis!

Health

Bronkitis adalah semacam iritasi dan pembengkakan pada jalur udara atau pembuluh tenggorokan menuju dan dari paru-paru. Iritasi ini memicu produksi lendir pada pembuluh tenggorokan.ÊPenyebab penyakit ini disebabkan berbagai macam diantaranya virus influenza, bakteri dan dipengaruhi faktor eksternal, seperti debu dan asap rokok.
Terdapat dua tipe penyakit bronkitis dengan penyebab berbeda, yaitu:
Ê

1. Bronkitis Akut

Virus dan bakteri adalah penyebab bronkitis akut. Salah satu adalah virus influenza yang memicu penyakit flu. Virus ini menyebabkan pembuluh tenggorokan rentan terhadap bakteri dan benda asing yang masuk.

Bronkitis yang disebabkan bakteri disebut sebagai infeksi bronkitis akut. Sedangkan penderita bronkitis yang disebabkan asap rokok atau debu disebut sebagai iritasi bronkitis akut.

Ê

2. Bronkitis Kronis

Penderita bronkitis kronis mengalami rasa sakit pada tenggorokan dan batuk berlendir selama 2 sampai 3 bulan. Menurut penelitian, penyebab dari penyakit ini adalah kebiasan menghirup polutan dalam jangka waktu cukup lama. Bronkitis kronis sering dialami para perokok berat, pekerja tambang, dan pekerja yang menghirup polutan yang membahayakan fungsi pernafasan.

Penderita sering menggangapnya sebagai penyakit flu biasa sehingga penanganan yang diberikan terlambat dan menjadi sia-sia.

Cara paling mudah untuk mendeteksi penyakit bronkitis adalah menghitung berapa lama Anda terserang flu. Selain itu, gejala bronkitis juga dapat diketahui lewat warna lendir yang kuning atau hijau pekat.

Jika Anda mengidap gejala di atas, Anda harus segera menemui dokter dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Pemeriksaan menggunakan x-ray merupakan cara paling efektif untuk mendiagnosa penyakit bronkitis.

Cek juga risiko bronkitis Anda dengan menggunakan kalkulator bronkitis di sini.

BACA JUGA : MENYEMBUHKAN BRONKITIS

Leave a Reply