Waspadai Penyakit Kista Ganglion!

Health

Suatu penyakit memang terkadang tidak kenal tua ataupun muda, salah satunya adalah Kista Ganglion. Penderitanya akan merasa tidak nyaman karena persendiannya seperti terganjal sesuatu dan kegiatan pun menjadi terhambat. 

Sebagai manusia dengan segala kesibukan pada kegiatan sehari-harinya, membuat kita perlu pandai-pandai dalam mengatur waktu demi kesehatan yang patut kita jaga. Lebih-lebih harus selalu waspada dengan yang namanya berbagai macam penyakit. Termasuk mewaspadai penyakit bernama Ganglion yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Baca juga: Tanda-Tanda Terkena Kista

Kista ganglion sendiri merupakan penyakit yang berupa benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di area sendi. Benjolan ini dapat tumbuh pada jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang atau sering diistilahkan dengan kata tendon. Benjolan yang berisi cairan sendi ini paling sering tumbuh di tangan atau pergelangan tangan pada seseorang sebagai salah satu ciri menonjol dari penyakit yang satu ini.

Dalam pengertian lainnya, penyakit ini merupakan benjolan non kanker berisi cairan atau kista yang paling sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan sendiri. Benjolan ini juga dapat muncul di kaki pada daerah-daerah sekitar kaki tersebut.

Penyakit yang satu ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu. Dalam banyak kasus, tumor jinak tidak memerlukan pengobatan sehingga terkadang juga banyak yang tidak terlalu mengkhawatirkannya. Pasalnya, terkadang tumor jinak ini dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan untuk kista ganglion sendiri juga biasanya dilakukan karena kemunculan rasa sakit, gangguan dengan gerakan sendi, atau karena masalah kosmetik yang dialami oleh beberapa penderitanya. Adapun pengobatan penyakit ini biasanya terdiri dari mengambil cairan dari benjolan jaringan atau pengangkatan kista.

Berkenaan dengan penyerangannya, penyakit ini dapat menjangkiti orang pada segala usia. Beberapa penderita tidak mengalami gangguan yang sigifikan, tetapi ada juga yang merasakan akit, terutama jika lokasinya mengganggu fungsi pergerakan sendi.

Benjolan yang ditimbulkan penyakit ini umumnya berukuran mulai dari sebesar kacang polong, hingga berdiameter 2,5 cm. Selain bertempat di tangan atau pergelangan tangan, benjolan ini juga bisa muncul di kaki atau pergelangan kaki pada seseorang. Akibatnya, gerakan tangan atau kaki dapat terganggu akibat benjolan yang muncul.

Meskipun demikian perlu dicatat bahwa penyakit kista ganglion dapat muncul, menghilang, atau berubah ukuran dengan cepat. Kista dapat membesar seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sendi tersebut sehingga membuat penderita harus mengurangi aktifitas beratnya jika menginginkan penyakit ini tidak semakin parah.

Penyebab Penyakit Kista Ganglion

Penyebab Penyakit Kista Ganglion

Penyakit ini timbul saat cairan sendi menumpuk dan membentuk sebuah kantong pada sendi atau tendon dalam tubuh seseorang.Akan tetapi, sebenarnya penyebab terbentuknya benjolan tersebut masih belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, ada beberapa kondisi yang diduga meningkatkan risiko kemunculan penyakit ini, misalnya cedera pada persendian.

Gejala Penyakit

Penyakit ini dapat diketahui dengan mengetahui beberapa gejala atau ciri yang dapat diperhatikan seperti:

  • Biasanya paling sering muncul di sendi tangan dan pergelangan tangan. Bahkan bisa juga muncul di lokasi lainnya, seperti di kaki atau pergelangan kaki manusia.
  • Ukuran dari penyakit yang satu ini dapat berubah-ubah. Saat sendi penderita digerakkan secara berulang, kista dapat membesar. Namun saat beristirahat, kista akan mengecil.
  • Umumnya tidak menimbulkan nyeri. Namun jika kista tersebut dalam keadaan menekan saraf, dapat muncul rasa nyeri, kaku, kesemutan, atau otot menjadi lemah. Rasa nyeri juga dapat bertambah parah jika sendi digerakkan secara berlebihan.
  • Benjolan yang muncul berbentuk bulat atau oval dan umumnya memiliki ukuran sebesar buah duku.

Diagnosis

Untuk Anda yang hendak memastikan benjolan pada sendi merupakan penyakit kista ganglion, biasanya dokter akan memeriksa dan menyinari benjolan tersebut dengan lampu guna mengetahui apakah benjolan berisi benda padat atau cair supaya tidak salah langkah dalam prosesi penyembuhannya nanti.

Pengobatan

Pengobatan untuk Penyakit Kista ganglion

Pada umumnya, penyakit kista ganglion tidak menimbulkan gejala bagi penderitanya, sehingga, tidak memerlukan penanganan dan dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika benjolan inimenimbulkan rasa nyeri dan mengganggu aktivitas, dokter dapat melakukan penanganan dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

Menahan Gerakan Sendi atau Immobilization

Pada prosedur ini, dokter akan menahan gerakan sendi dengan menahan atau membatasi pergerakan sendi yang bermasalah tadi. Diharapkan kista tersebut dapat mengecil, sehingga saraf tidak lagi tertekan dan rasa nyeri juga dapat hilang secara keseluruhan si benjolannya.

Aspirasi atau penyedotan cairan

Cara yang satu ini dilakukan dengan menusukkan jarum pada benjolan untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista tersebut. Untuk memaksimalkan pengobatan, dokter biasannya akan menyuntikkan obat kortikosteroid setelah tindakan aspirasi, untuk mencegah tumor jinak muncul kembali pada si penderitanya.

Akan tetapi, jika beberapa penanganan di atas tidak mampu mengatasi penyakit ini, maka dokter akan menyarankan penyembuhan lewat jalan operasi. Terdapat 2 jenis operasi untuk mengangkat kista ganglion.

Baca juga: Penyebab Kista Insisi Bartolini

Artroskopi

Poin pertama adalah artroskopi. Pada operasi jenis ini, nantinya dokter akan membuat sayatan sebesar lubang kunci untuk memasukkan alat khusus yang dilengkapi dengan kamera atau artroskop.

Operasi Terbuka

Pada prosedur yang satu ini, dokter membuat sayatan yang panjangnya sekitar 5 cm di atas lokasi terdapatnya kista ganglion untuk nantinya disembukan oleh dokter.

Komplikasi Kista Ganglion

Komplikasi Kista Ganglion

Perlu Anda ketahui bahwa komplikasi kista ganglion muncul ketika kista menekan saraf pada persendian, sesuai dengan yang telah disinggung sebelumnya. Sehingga, mengganggu gerakan sendi yang seharusnya baik-baik. Penekanan pada saraf ini juga dapat menimbulkan nyeri, kesemutan, mati rasa, hingga melemahnya otot pada si penderita.

Selain itu, komplikasi di tengah-tengah penyakit ini juga dapat terjadi akibat penanganan yang dilakukan. Baik akibat tindakan aspirasi atau penyedotan cairan maupun operasi sebagai salah satu alternatif penyembuhannya tadi. Komplikasi yang dapat terjadi seperti infeksi pada luka, pertumbuhan jaringan parut pada bekas luka operasi, gangguan saraf, dan juga kerusakan pembuluh darah.

Meskipun tadinya telah diobati, tidak menutup kemungkinan bahwa benjolan tadi dapat muncul kembali di sela-sela waktu yang akan datang.

Nah, selama benjolannya masih bertempat di tangan atau kaki Anda, maka sangat dianjurkan untuk tidak memencet, menusuk, atau memukulnya. Selain tidak efektif dalam perlakuannya, cara tersebut juga dapat menyebabkan infeksi pada penyakit yang dirasakan. Jika tiba-tiba ada benjolan di tangan atau kaki Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter supaya mendapat penanganan yang tepat.

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyakit kista ganglion yang diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda. Selain itu, dengan mengetahui beberapa gejala serta pengobatan dari penyakit jenis ini, maka diharapkan pula untuk setiap orang supaya lebih sadar untuk senantiasa selalu menjaga kesehatannya dan selalu menjaga daya tahan tubuhnya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk terserang serangan penyakit ini yang tentunya tidak bisa disepelekan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Gangguan Kista Pada Pria

Comments are closed.