Konsumsi Ini Sehabis Olahraga

Selama berolahraga, Anda akan menghabiskan banyak energi. Apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan stamina?

Health

Ê

Usai berolahraga, wajar jika Anda akan merasa lelah. Keringat bercucuran dan energi seakan terkuras habis. Kondisi ini tak jarang akan membuat tubuh Anda merasa lemas, lapar, dan haus. Maka, sebaiknya pilih makanan yang tepat setelah melakukan aktivitas fisik.

Selama latihan, otot-otot tubuh Anda telah bekerja keras dan perlu dipulihkan dengan asupan makanan yang tepat. Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan jika hendak mengonsumsi makanan setelah berolahraga:

¥ Cobalah untuk mengendalikan nafsu makan dan konsumsi makanan sehat. Selain itu, setelah berolahraga, hindari mengonsumsi makanan berat karena energi Anda akan semakin terkuras saat tubuh mengolah makanan yang masuk.

¥ Makanan ringan atau makanan tinggi protein adalah pilihan tepat. Protein adalah salah satu nutrisi yang memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh. Hal ini sangat baik, karena Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa diredam. Cobalah untuk mengonsumsi dada ayam, tuna, roti gandum dengan selai kacang, atau yogurt yang dipadu buah-buahan untuk mengganjal rasa lapar Anda.

¥ Konsumsi air putih juga sangat baik bagi tubuh. Biasakan untuk selalu mengonsumsi air putih sebelum, selagi, dan setelah berolahraga. Air putih akan menyediakan cairan yang cukup bagi tubuh untuk pelbagai aktivitas yang Anda lakukan. Air putih juga memberikan efek kenyang sehingga nafsu makan Anda berkurang.

¥ Proses mengunyah ternyata sangat baik untuk mencegah konsumsi makanan berlebih. Setelah berolahraga, biasakan mengkonsumsi camilan yang membutuhkan waktu lama untuk dikunyah sekaligus rendah kalori. Hal ini terbukti efektif mengobati rasa lapar Anda. Konsumsi buah-buahan, seperti pir atau apel, wortel mentah, dan roti gandum utuh sangat dianjurkan setelah berolahraga.

Kegiatan olahraga harus dilakukan untuk menyeimbangkan hidup Anda. Cek di sini apakah pola hidup dan kerja Anda sudah seimbang!

Leave a Reply