Selain Menyehatkan, Ini Manfaat Lidah Buaya!

Health

Faktanya, ada banyak sekali manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Sudah tahukah Anda?

Apa saja manfaat lidah buaya yang Anda ketahui? Menyuburkan dan menghitamkan rambut? Menghilangkan ketombe dan mencegah rambut rontok? Jika hanya itu, maka Anda perlu tahu lebih banyak hal mengenai manfaat tanaman ini.

Tanaman yang memiliki nama lain aloe vera ini memang telah sejak lama diketahui sangat baik untuk menyehatkan rambut. Bahkan tidak hanya itu, tanaman yang satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal lain. Mulai dari perawatan kecantikan kulit wajah  dan tubuh, hingga kesehatan organ tubuh lainnya.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Sirih dan Cara Penggunaanya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit

Kecantikan kulit bagi setiap orang menjadi suatu hal penting yang harus dijaga. Untuk itu agar kulit tetap sehat dan cantik, Anda bisa merawatnya menggunakan tanaman ini. Nah, apa saja manfaatnya bagi kulit? Berikut di antaranya:

  1. Melembapkan Kulit

Kulit jenis apa pun tetap membutuhkan pelembap untuk melindungi dan menjaga kesehatannya. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk hal ini, karena dapat membantu kulit menjadi lembap tanpa membuatnya kering dan berminyak. Hal ini karena kandungan zat polisakarida dan sterol di dalam tanaman ini mampu membantu mempertahankan kelembapan kulit.

  1. Menyembuhkan Luka Luar

Meski belum banyak diketahui, manfaat tanaman ini untuk menyembuhkan luka luar tidak perlu diragukan lagi. Sifatnya yang anti-virus dan anti-inflamasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Luka akibat tergores, panas matahari, atau luka bakar bisa diatasi dengan tanaman lidah buaya ini.

  1. Menutrisi Kulit

Kandungan yang terdapat dalam aloe vera ini sangat berguna untuk menutrisi kulit. Seperti vitamin A, C, E, magnesium, folat, antioksidan, natrium hingga asam amino esensial. Semuanya dapat membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan ternutrisi.

  1. Menyamarkan Bekas Jerawat

Setelah jerawat teratasi, masalah mengenai bekasnya terkadang justru lebih sulit untuk diatasi. Untuk itu, Anda bisa mencoba menggunakan lidah buaya dalam menyamarkan bekas jerawat. Sebab kandungannya dapat merangsang sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat secara alami.

  1. Meremajakan Kulit

Di era sekarang ini, faktor pemicu masalah penuaan memang tidak hanya usia yang terus bertambah. Melainkan juga faktor gaya hidup dan lingkungan yang menyebabkan munculnya masalah penuaan dini. Lidah buaya bisa digunakan untuk meremajakan kulit dengan menyamarkan garis halus dan mengencangkan kulit. Sehingga kulit tetap kenyal, bebas kerutan, dan awet muda.

  1. Melembutkan Kulit

Mengingat manfaatnya yang menutrisi kulit, tanaman lidah buaya ini juga dapat sekaligus melembutkan kulit. Mulai dari kaki, tangan, wajah, hingga bibir, masalah kulit kering dan pecah-pecah bisa diatasi. Kandungan tanaman ini dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sehingga membuatnya terasa lembut.

  1. Membersihkan Makeup

Bagi Anda yang tahu betul cara merawat kulit wajah, membersihkan makeup sebelum tidur tentu menjadi sebuah keharusan. Membersihkan riasan wajah menggunakan lidah buaya atau produk kecantikan dengan ekstraknya akan membuat wajah bersih, lembut, dan terasa lebih segar.

Baca juga: Wow, Cek 9 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit, tanaman ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari tanaman yang satu ini antara lain adalah:

  1. Menyehatkan Organ Hati

Lidah buaya bisa digunakan untuk detoksifikasi sehingga dapat juga menjaga kesehatan organ hati. Selain itu, kandungan fitonutrien dalam tanaman ini juga bermanfaat bagi hati dan bisa menutrisinya.

  1. Mengatasi Sembelit

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari tanaman ini adalah khasiatnya dalam mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsinya, buang air besar menjadi normal dan bakteri baik dalam usus juga lebih terjaga.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Selain mengatasi sembelit, lidah buaya dapat juga sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. Kandungannya membantu menormalkan asam atau basa, mendorong pertumbuhan bakteri pencernaan, dan mendukung kinerja usus.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Menurut penelitian, tanaman ini kemungkinan memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2. Namun meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa mengetahui dengan pasti keterkaitannya.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman ini akan membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh secara lebih maksimal sehingga membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat.

Baca juga: Jenis Sayuran Organik yang Mudah Ditanam di Rumah

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Cara Menggunakan Lidah Buaya

Agar bisa merasakan manfaat dari tanaman ini, Anda bisa menggunakannya dengan beberapa cara sesuai tujuan yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara-cara berikut ini:

  1. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Jika Anda ingin merasakan manfaat tanaman ini dalam merawat kulit, Anda hanya cukup mengoleskan gel atau bagian tengah lidah buaya pada area kulit yang diinginkan. Seperti wajah, bibir, tangan, kaki, atau kulit bagian tubuh lain yang diinginkan. Jika ingin menggunakannya sebagai masker atau facial wajah, sebaiknya diamkan gel ini selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Manfaatnya bagi rambut adalah yang paling banyak diketahui. Menguatkan akar rambut, mencegah rambut rontok, dan membuat rambut lebih berkilau. Untuk memiliki rambut sehat dengan tanaman ini, oleskan gelnya dari akar hingga ujung rambut dan diamkan sekitar 30 menit. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan perawatan ini dua hari sekali sebelum keramas.

  1. Kesehatan Tubuh

Cara menggunakan lidah buaya jika ingin dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh bisa dengan dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun suplemen. Konsumsi tanaman ini akan membuat pencernaan lebih sehat, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengurangi berat badan, serta menyehatkan gigi dan mulut.

Nah, itulah manfaat lidah buaya yang perlu Anda ketahui selain menyehatkan rambut. Jadi perlu diingat bahwa tanaman ini tidak hanya bisa digunakan untuk rambut tapi juga seluruh bagian tubuh bahkan juga dikonsumsi.

Comments are closed.