Luangkan 30 Menit Setiap Hari untuk Menangkal Kolesterol

Tahukah Anda bahwa meluangkan waktu 30 menit setiap hari dapat membantu Anda dalam menangkal kolesterol dan komplikasi jenis-jenis penyakit lainnya. Cari tahu bagaimana cara melakukannya di sini!

Health

Konsumsi lemak masyarakat Indonesia tergolong cukup tinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2010 menyatakan, pada tahun 2010 konsumsi lemak secara nasional mencapai 47.2 gram atau setara dengan 25.6% dari total konsumsi energi.[1] Angka persentase tersebut dapat meningkat jika kita tidak rutin menjalankan pola hidup sehat. Jika sudah begini, risiko penyakit pun mulai mengintai kesehatan keluarga dan diri Anda.

Nyatanya, konsumsi lemak yang dianjurkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) tahun 2012 hanya berkisar pada angka 25% dari total konsumsi energi.[2] Konsumsi makanan yang mengandung lemak juga kian meningkat pada perayaan tertentu, misalnya Idul Adha. Konsumsi lemak yang berlebihan akan menimbulkan jenis-jenisÊpenyakitÊkomplikasiÊyangÊmembahayakan. Menyantap daging sapi atau kambing di hari Idul Adha memang sah-sah-saja. Namun, sesuaikan porsi yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda tak boleh lalai menjaga kestabilan kadar kolesterol. Luangkan saja 30 menit waktu Anda setiap hari untuk menangkal kolesterol dalam tubuh.

Aktivitas Fisik Ampuh Menstabilkan Kolesterol

Aktivitas fisik selama 30 menit per hari sangat efektif untuk menstabilkan kadar kolesterol. Melakukan aktivitas tersebut minimal lima kali seminggu dapat membuat kadar kolesterol baik dalam darah (HDL) jadi meningkat.[3] Hasilnya, tentu saja kesehatan jantung dan sistem peredaran darah menjadi lancar dan Anda pun bebas dari risiko komplikasi penyakit akibat kolesterol.

Haruskah Melakukan Olahraga Berat?

Tidak, Anda tidak harus melakukan jenis olahraga berat untuk menangkal kolesterol. Aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 30 menit setiap hari bisa dipilih sesuai minat Anda. Anda bisa bersepeda saat berangkat kerja (bike to work), berenang, lari pagi, bermain tenis, atau meluangkan waktu jalan santai di jam makan siang. Aktivitas fisik akan jadi lebih menyenangkan jika Anda melakukannya bersama sahabat atau anggota keluarga. Lebih dari itu, hubungan dengan orang-orang terdekat pun akan membuat Anda jadi makin akrab, bukan?

Agar aktivitas harian Anda membuahkan hasil yang optimal, konsumsi juga berbagai makanan yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Apa saja? TemukanÊdi sini!

Ê

Ê

Leave a Reply