Macam-macam Phobia yang Banyak Diderita Orang di Dunia

Health

Phobia merupakan rasa takut berlebih pada sesuatu yang dapat memberikan dampak buruk pada penderitanya. Tak hanya yang mengerikan, nyatanya ada macam-macam phobia yang unik dialami banyak orang.

Setiap orang memiliki rasa ketakutan. Tentu, setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda-beda. Namun, tak sedikit orang yang memiliki rasa takut berlebih terhadap sesuatu. Kondisi ini biasa disebut sebagai phobia. Phobia merupakan suatu rasa takut yang berlebihan pada sesuatu hal. Pada dasarnya dan secara umum, phobia sangatlah mengganggu kehidupan penderitanya.

Sebagian besar orang merasa bahwa takut dan phobia merupakan hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Takut adalah perasaan yang timbul secara alamiah pada sesuatu namun ada respons untuk melindungi diri. Sedangkan phobia adalah sebuah perasaan takut yang begitu menguasai diri dan pada saat yang sama tidak ada usaha perlindungan terhadap diri sendiri.

Kecenderungan seseorang saat mengalami phobia adalah kalut dan lemah. Dalam keadaan sadar, seseorang tidak melakukan sesuatu untuk melindungi dirinya sendiri. Jadi, orang yang mengidap phobia cenderung pasrah saat hal yang membuatnya takut ada di hadapannya. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari phobia tak lain adalah histeris dan panik.

Baca juga: Mengecek Kepribadian dari Kebiasaan Memakai Jam Tangan

Lalu, bagaimana proses terjadinya phobia pada diri seseorang? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini!

Faktor Terjadinya Macam-Macam Phobia

Phobia sesuatu yang kadangkala bila kita tidak mengidapnya menganggap sesuatu tersebut merupakan hal yang lucu dan aneh. Namun, bagi yang mengalaminya, hal tersebut sangatlah menakutkan dan seringkali tidak diketahui apa yang menjadi penyebab hal tersebut. Itulah yang kebanyakan orang menyebutnya dengan phobia.

Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi (perasaan terikat atau terpusat pada sesuatu secara berlebihan) akan memiliki kesulitan emosi di masa mendatang. Hal tersebut dikarenakan orang tersebut tidak memiliki saluran pelepasan emosi yang tepat.

Jadi, setiap kali orang tersebut berinteraksi dengan sumber phobia, secara otomatis dirinya akan merasa cemas, panik, dan histeris. Satu-satunya cara agar penderita phobia merasa aman dan nyaman adalah dengan tidak melihat dan merasakan phobia tersebut atau regresi kepada keadaan fiksasi.

Baca juga: Penyakit Bipolar: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya!

Kecemasan yang tidak diatasi sedini mungkin berpotensi menimbulkan akumulasi emosi negatif yang secara terus menerus ditekan kembali ke bawah sadar atau dalam dunia medis disebut represi. Pola respons negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek subjek phobia lainnya dan intensitasnya semakin meningkat. Walaupun terlihat sepele, pola respons tersebut akan dipakai terus menerus untuk merespons masalah lainnya.

Itulah sebabnya mengapa penderita fobia menjadi semakin rentan dan tidak produktif. Bisa dibilang, phobia merupakan satu dari sekian banyak hambatan sukses bagi setiap orang.

Bila dijabarkan secara rinci, phobia terbagi menjadi banyak jenis, jumlahnya bahkan lebih dari 100. Namun, dari sekian banyak jenis phobia, rasanya hanya beberapa jenis yang terbilang unik namun diderita oleh banyak orang. Apa sajakah macam-macam phobia tersebut? Simak penjabarannya berikut ini!

Macam-macam Phobia yang Aneh Tapi Banyak Dialami Orang

NyctophobiaPhobia Gelap

Tak sedikit orang yang memiliki rasa takut berlebih pada gelap. Penderitanya pun beragam. Tak hanya anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa banyak pula orang dewasa yang memiliki phobia gelap. Dalam istilah medis, jenis phobia satu ini disebut nyctophobia.

Nyctophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu nyctus yang berarti malam atau kegelapan dan phobos yang berarti ketakutan atau ketakutan yang dalam. Bagi anak-anak mungkin wajar jika takut pada kegelapan. Otak mereka secara refleks membayangkan hal mengerikan tentang ‘apa yang akan terjadi’ begitu lampu dimatikan.

Tapi, jika hal tersebut terbawa hingga dewasa, jelas bahwa ketakutan tersebut bukanlah ketakutan biasa, melainkan masuk dalam jenis phobia. Penyebab macam-macam phobia satu ini biasanya pengalaman buruk di masa lalu. Sebagai seorang anak, penderita macam-macam phobia ini mungkin pernah dikurung di ruangan gelap sebagai hukuman atas perbuatannya. Terlebih, banyak sekali faktor pendukung terjadinya macam-macam phobia ini pada diri seseorang, seperti hantu, ruangan sunyi, dan suara yang tak jelas sumbernya.

XanthophobiaPhobia Sesuatu Berwarna Kuning

Sejatinya, semua warna adalah indah. Tak ada satu warna pun yang memiliki kecenderungan terhadap sesuatu yang negatif.  Namun, nyatanya ada satu jenis phobia terhadap warna, xanthophobia namanya. Macam-macam phobia satu ini membuat penderitanya sangat tidak menyukai warna kuning. Sepintas memang terlihat aneh. Namun, data menunjukkan bahwa penderita macam-macam phobia satu ini tidaklah sedikit.

Segala sesuatu yang memiliki warna kuning pasti membuat penderita xanthophobia tak nyaman, Dampak yang ditimbulkan saat penderita jenis phobia ini melihat warna kuning antara lain takut, geli, mual, muntah, dan bahkan tubuh terasa lemas tak berdaya.

Parahnya lagi, jika berada di tahap agresif, penderita phobia satu ini bahkan sudah histeris ketika mendengar kata “kuning” tanpa perlu melihat warnanya.

HaphephobiaPhobia Disentuh

Haphephobia merupakan salah satu jenis phobia yang unik. Orang yang menderita haphephobia takut disentuh, kadang-kadang sentuhan fisik dapat menyebabkan serangan panik di dalamnya. Jika penderita jenis phobia satu ini merupakan orang hebat atau memiliki kekuasaan, maka ia cenderung marah jika disentuh.

Akar dari jenis phobia satu ini tak lain adalah faktor kebersihan. Kita semua tahu bahwa tangan merupakan salah satu sumber kuman dan bakteri. jadi, penderita haphephobia merasa takut dirinya terkena bakteri atau kuman dari orang lain.

Maka dari itu, penderita jenis phobia ini sangatlah sulit untuk bersosialisasi. Sedikit saja sentuhan yang tidak secara sadar ia terima akan membuatnya histeris dan panik. Seakan-akan kuman dan bakteri langsung menyerang ke seluruh bagian tubuhnya.

Itulah beberapa jenis phobia unik namun cukup banyak dialami oleh orang di dunia. Apakah Anda salah satunya?

Comments are closed.