Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi penderita jantung. Selain olahraga, mengatur pola makan dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Health

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jantung.

 

Seperti yang dikutip dari artikel yang ditulis Kathleen M. Zelman, MPH, RD, LD di situs webmd.com (30/12/2008), untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jantung ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain olahraga rutin, tidak merokok, menjaga tingkat stres, ahli kesehatan menganjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat.

 

Ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari penderita jantung salah satunya makanan yang mengandung banyak lemak. Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi penderita jantung?

 

Gandum

Makanan yang berbahan dasar gandum sangat baik bagi jantung, contohnya oatmeal atau gandum yang mengandung serat tinggi sehingga dapat menurunkan kolesterol. Serat yang terkandung dalam oatmeal juga berfungsi seperti spons yang berguna menyerap lemak yang berlebih pada tubuh. Dikutip dari situs webmd.com (2009), Lauren Graf ahli gizi dan wakil direktur Cardiac Wellness Program di Montefiore Medical Center, New York menganjurkan untuk menghindari oatmeal instan karena mengandung gula yang tinggi dan sebaiknya mengkonsumsi makanan mengandung gandum yang lebih alami, seperti roti atau pasta.

 

Bayam

Mengkonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Bayam memiliki kandungan betaine, zat besi, dan berbagai vitamin yang sangat baik untuk jantung. Sayuran ini juga mudah didapat dan murah sehingga dapat dikonsumsi sehari-hari.

 

Salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan sangat baik untuk mengencerkan darah serta menurunkan risiko stroke. Selain itu, mengonsumsi salmon mampu melawan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik sehingga cocok dikonsumsi penderita jantung. Seperti yang dikutip dari penulis kesehatan Amanda Gardner untuk health.com, American Heart Association menganjurkan untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon, sarden, makarel minimal dua kali seminggu.

 

Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat menurutkan risiko penyakit jantung. Banyak jenis kacang yang bisa Anda pilih, misalnya kacang merah yang mengandung zat besi, kalsium, vitamin B, dan anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain kacang merah, Anda juga bisa memakan kenari yang kaya serat, omega-3, vitamin E, dan folat.

 

Buah

Bagi penderita jantung, jeruk adalah salah satu pilihan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Jeruk kaya akan vitamin C dan mengandung hespedirin (substansi atau unsur alami yang berasal dari alam tanpa adanya campur tangan manusia ini umumnya ditemukan pada buah jeruk) yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang yang kaya potasium juga sangat dianjurkan bagi para penderita penyakit jantung karena dapat menurunkan risiko stroke.

 

Mengingat kesehatan sangat berharga, maka penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh terutama jantung. Bagaimana dengan Anda, apa saja yang biasanya Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung? Menjaga pola hidup bukan satu-satunya tindakan untuk mencegah diri dari penyakit yang tidak diinginkan. Proteksikan diri dengan asuransi kesehatan dari risiko penyakit. Mari berbagi dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

 

Leave a Reply