10 Makanan Tidak Sehat yang Wajib Dihindari

Health

Di balik makanan sehat, ada banyak sekali makanan tidak sehat yang wajib dihindari karena mengandung banyak sekali zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Pada dasarnya, semua makanan memang enak. Namun, apakah semua makanan enak itu menyehatkan? Perlu hati-hati bahwa tidak semua makanan enak itu menyehatkan. Masih banyak makanan tidak sehat yang mungkin ada di sekeliling Anda. Definisi makanan tidak sehat itu adalah makanan yang tidak mengandung gizi seimbang dan hanya memiliki sedikit serat serta zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Makanan yang tidak mengandung gizi seimbang berarti kurangnya kadar karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Jika Anda mengonsumsi makanan jenis ini secara terus menerus, sama saja Anda membangun penyakit di dalam tubuh, karena makanan tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Misalnya, timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Oleh karena itu, agar tubuh Anda tetap sehat dan terhidar dari penyakit-penyakit tersebut, mulai saat ini Anda wajib mengurangi makanan tidak sehat seperti yang berikut ini:

Jenis-Jenis Makanan Tidak Sehat

Froozen Food

Nuget, sosis, dan beberapa makanan beku lainnya mengandung lebih dari 50 persen lemak dan lebih banyak karbohidrat ketimbang protein. Karbohidrat yang dipakai adalah karbohidrat sederhana seperti roti. Makanan ini memang wajib dihindari, karena selain hanya mengandalkan roti, terdapat zat-zat tambahan lainnya, seperti MSG dan beberapa zat lainnya yang pastinya tidak baik untuk tubuh.

Makanan Kaleng

Secara fisik, makanan kalengan (daging, ikan, atau buah) terlihat lebih menarik dan mengundang hasrat untuk makan. Namun, Anda harus tahu bahwa makanan kalengan adalah salah satu di antara beberapa makanan tidak sehat. Makanan kalengan tidak memiliki gizi memadai seperti ketika masih belum dikemas dalam kaleng. Nilai gizinya sudah berkurang sangat drastis. Kandungan vitamin dan protein makanan kalengan kebanyakan sudah rusak saat proses pengalengan itu dilakukan. Untuk buah kalengan selain rusaknya kadar vitamin, buah kalengan memiliki kadar gula tinggi yang sudah berbentuk cairan. Ketika masuk dalam tubuh, cairan ini akan mudah terserap sehingga secara cepat akan meningkatkan kadar gula tubuh yang memicu penyakit diabetes, beban pankreas semakin berat.

Soda

Hampir seluruh minuman bersoda menggunakan gula sirup jagung atau high fructose corn syrup. HFCS ini lebih buruk dari gula biasa. HCFS menyebabkan kadar gula dalam tubuh berfluktuasi tajam. Soda juga merupakan minuman dengan kandungan asam paling kuat. Saking kuatnya, asam dalam soda mengalahkan kandungan alkaline dalam tubuh yang cenderung basa. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat tubuh lebih rentan diserang virus dan bakteri.

Biskuit dan Kue-Kue

Selain banyak gula dan garam, makanan ini juga mengandung lemak trans. Lemak trans adalah lemak cair yang berubah menjadi padat melalui proses yang disebut hidrogenasi. Penggunaan lemak trans ini ditujukan untuk meningkatkan tekstur dan masa kadaluarsa. Penggunaan lemak trans sendiri masih kontroversial. Beberapa pakar menyebutkan lemak ini merupakan biang keladi dari berbagai penyakit kronik yang kini diderita masyarakat seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Untuk mengetahui apakah suatu produk mengandung lemak trans, sebaiknya baca baik-baik label kemasan. Bila menemukan kata hydrogenated atau partially hydrogenated, maka produk tersebut mengandung lemak trans.

Gorengan

Kandungan kalori pada gorengan (apa pun jenisnya) terbilang tinggi. Begitu juga dengan kandungan lemak dan oksidan, keduanya terbilang tinggi. Gorengan termasuk makanan tidak sehat apabila dikonsumsi secara sering, karena dapat menyebabkan obesitas, memicu hyperlipitdema, dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Beberapa survei yang dilakukan para ahli membuktikan bahwa orang yang rajin makan gorengan memiliki kecenderungan terkena penyakit kanker lebih besar dari pada yang meninggalkan makan gorengan atau makan gorengan secara jarang-jarang.

Sereal untuk Sarapan

Kebanyakan produk sereal diperkaya dengan vitamin dan mineral. Hal ini dikarenakan, jika tidak produk ini hanyalah makanan biasa yang tinggi gula. Kebanyakan gula yang dipakai adalah gula jagung yang harganya murah. Penelitian pada hewan pengerat menunjukkan gula jagung bisa menyebabkan tumor.

Granola Bars

Granola bars adalah sebagai campuran kacang dan sereal yang memiliki rasa manis. Makanan ini dimasukkan dalam daftar makanan tidak sehat karena produk ini sering dipersepsikan sebagai makanan sehat sehingga orang merasa tidak khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Padahal, produk granola bars umumnya tinggi gula. Beberapa produk juga mengandung lemak, termasuk lemak trans dan tinggi sodium.

Bumbu Olahan dan Salad Dressing

Kebanyakan bumbu olahan dan salad dressing mengandung banyak gula dari sirup jagung, lemak trans, dan MSG. Bahan ini mengubah sayuran segar dalam salad menjadi tidak sehat. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, sebaiknya bumbu dan salad dressing dibuat sendiri. Bahan ini kemudian disimpan dalam pendingin. Metode ini mempertahankan umur simpan bumbu dan salad dressing selama satu minggu.

Daging Olahan

Di dalamnya meliputi ham, sosis, dan lain-lain. Daging olahan menjadi makanan tidak sehat dikarenakan bahan tambahan pada saat proses pengolahan dilakukan. Penambahan bahan pengawet dan pewarna pada makanan ini menambah beban hati menjadi semakin berat. Makanan-makanan ini juga mengandung amonium nitrit yang menjadi salah satu penyebab kanker. Mengonsumsinya secara sering dan dalam jumlah banyak menjadikan tekanan darah kurang stabil dan kinerja ginjal terganggu.

Olahan Keju

Berbagai macam kue adalah sebagian makanan yang memiliki bahan dasar keju. Bila dimakan secara wajar, olahan keju akan bermanfaat bagi tubuh. Namun olahan keju bisa menjadi makanan tidak sehat dan menjadi pemicu berbagai masalah bila dikonsumsi berlebihan. Olahan keju bisa menjadikan berat badan meningkat, gula darah naik, gairah makan menurun yang mengakibatkan perut menjadi kosong sehingga rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Comments are closed.