Serangkaian Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Health

Bawang merah merupakan salah satu bahan rempah utama dalam memasak. Ternyata bukan hanya sebagai penyedap masakan, manfaatnya tak kalah luar biasa.

Kegunaan utama bawang merah atau red onion bagi banyak orang yaitu merupakan salah satu bumbu penyedap masakan. Red onion atau Allium cepa L. var. aggregatum yang merupakan salah satu bumbu wajib saat memasak. Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan pokok di seluruh Indonesia.

Selain bisa menjadi bumbu untuk masakan, manfaat red onion juga berguna untuk kesehatan. Red onion terbukti membawa banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Pasalnya, bahan makanan berjenis umbi akar tersebut mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Keistimewaan bawang merah

Kandungan Zat Gizi Bawang Merah

Sebelum mengetahui apa saja manfaat Allium cepa L. var. aggregatum untuk kesehatan, cari tahu dulu kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam red onion. Berikut adalah kandungan zat gizinya:

  • Kalori: bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah, 28 gram bawang hanya mengandung 11 kalori.
  • Zat gizi makro: Dalam red onion sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan air, sedangkan tidak mengandung lemak sama sekali.
  • Vitamin dan mineral: kandungan vitamin yang tinggi dalam red onion adalah vitamin C dan vitamin B6, sementara jenis mineral yang paling banyak terkandung adalah kromium.
  • Indeks glikemik: red onion termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemiks yang rendah yaitu hanya mencapai 10.
  • Kalium: Dalam 100 gram red onion, terkandung sekitar 330 mg kalium (potasium).

Baca Juga: 14 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan gizinya, ternyata manfaat yang dimiliki red onion ini sangat banyak. Berikut ragam manfaat bawang merah untuk kesehatan:

Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Nah, manfaat red onion untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium di bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang terkenal adalah menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam red onion dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi red onion, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak Allium cepa L. var. aggregatum ini, risiko terkena kanker semakin rendah.

manfaat bawnag merah untuk kesehatan jantung

Menyehatkan Jantung

Manfaat red onion untuk kesehatan yang sangat penting yaitu bisa menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam red onion dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, Allium cepa L. var. aggregatum ini juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantuy menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak red onion, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi red onion. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak Allium cepa L. var. aggregatum ini, tingkat kolesterol jahatnya  merurun.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tulang merupakan salah satu hal terpenting di dalam tubuh yang bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu juga bisa dengan memakan bawang merah. Pasalnya, manfaat red onion untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Red onion dipercaya dapat mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

Baca Juga: Segudang Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Sembelit

Red onion adalah rempah yang tepat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Kandungan yang terdapat di bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun oleh tubuh, sehingga pencernaan akan lebih lancar. Dengan ini manfaat red onion untuk kesehatan adalah mengatasi sembelit.

Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang seringkali terjadi karena infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan Anda bisa memanfaatkan bawang merah. Soalnya, manfaat red onion untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi radang tenggorokan. Ini berkat kandungan quercetin dalam red onion dipercaya dapat menurunkan radang.

Memperlancar Sistem Pernafasan

Manfaat red onion untuk kesehatan selanjutnya adalah salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Red onion pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Buat Anda yang sulit tertidur pulas, mulailah untuk mengonsumsi red onion. Pasalnya, manfaat red onion untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kualitas tidut. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat red onion dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

manfaat bawang merah untuk mata

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat pada red onion ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada red onion sangat baik untuk mata.

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan jugaa bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam red onion mampu menurunkan tekanan darah yag tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Bahkan, menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis. Manfaat red onion untuk kesehatan adalah membantu menormalkan kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi red onion mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa red onion memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Manfaat Sayur yang Akan Membuat Orang Gemar Sayuran

Bagi Anda pencinta sejati bawang merah, selain dapat meningkatkan selera makan, Anda juga mendapatkan banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan ya!

Comments are closed.