10 Manfaat Daun Sirih dan Cara Penggunaanya

Health

Si hijau ini sudah Anda kenal sejak masa kecil tentunya. Sekarang, yuk kenali kembali berbagai manfaat daun sirih!

Tahukah Anda apa manfaat daun sirih? Daun tumbuhan yang satu ini telah dikenal sejak dulu memiliki banyak sekali manfaat. Maka tidak heran jika sekarang ini, daun sirih masih banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Ketika mendengar tentang daun sirih, Anda mungkin akan mengingat kebiasaan orang tua dulu yang menggunakannya sebagai salah satu bahan menginang. Namun selain itu, sebenarnya ada beragam manfaat lainnya yang bisa didapat dari daun sirih. Terutama bagi kesehatan, di mana daun ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Wortel yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman yang mengandung banyak air. Di mana sekitar 85-90 persennya terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori. Tidak hanya itu, daun ini juga banyak menyimpan kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Di antaranya yaitu:

Menyembuhkan Luka

Memiliki antioksidan yang sangat tinggi, daun sirih mampu membantu proses penyembuhan luka. Sehingga bisa pulih lebih cepat. Bahkan luka bakar akibat terkena suhu panas juga bisa diatasi dengan daun ini. Manfaat daun sirih ini dikarenakan adanya kandungan antiseptik alami berupa polifenol dan chavicol pada daun yang mampu melawan kuman pada kulit.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Antioksidan pada daun sirih mampu membersihkan usus dari radikal bebas sehingga bisa mencegah GERD dan konstipasi. Tidak hanya itu, daun sirih juga dipercaya mampu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut akibat gangguan pencernaan. Sebab daun ini dapat membantu perut menyerap mineral dan nutrisi lainnya dengan lebih baik.

Manfaat Daun Sirih Menghambat Karies Gigi

Kebiasaan menginang orang-orang zaman dahulu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Coba saja Anda perhatikan, orang yang suka menginang rata-rata memiliki gigi yang utuh dan bagus. Manfaat daun sirih ini didapatkan karena kandungan minyak atsiri dan senyawa aktif berupa flavonoid, fenolik, dan alkanoid.

Pereda Nyeri

Daun sirih memiliki sifat analgesik yang mampu mengatasi nyeri akibat sakit kepala, luka, ruam, hingga peradangan. Bahkan meminum air rebusan daun sirih dipercaya dapat mengurangi nyeri saat menstruasi. Hal ini tidak lain juga karena kandungan polifenol dan chavicol pada daun sirih yang tinggi.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kandungan daun sirih yang kaya akan antioksidan, ia memiliki sifat antiinflamasi dan anti bakteri yang dapat mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya obat-obatan untuk sakit tenggorokan yang menggunakan daun sirih sebagai salah satu bahan bakunya.

Baca juga: Jus Buah yang Baik untuk Kesehatan, Mana yang Anda Suka?

Manfaat Daun Sirih Meredakan Batuk

Salah satu manfaat daun sirih yang dari dahulu hingga sekarang masih banyak digunakan adalah khasiatnya untuk meredakan batuk. Kandungan vitamin B, C, dan alkaloid pada daun sirih mampu mengatasi peradangan sehingga bisa juga meredakan gejala batuk yang dirasakan.

Menghentikan Mimisan

Tidak diragukan lagi, daun sirih memang sering digunakan untuk menghentikan mimisan. Cara kerjanya hampir sama seperti menyembuhkan luka luar. Di mana kandungan antioksidan tannin pada daun sirih akan mempercepat respons tubuh untuk membekukan darah dan menutup luka dalam hidung.

Mengatasi Bronkitis

Bronkitis atau infeksi pada saluran pernapasan paru-paru dipercaya bisa diobati dengan minum air rebusan daun sirih. Cara kerjanya yaitu dengan meringankan peradangan yang terjadi pada bronkus dan paru-paru itu sendiri.

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Populer di kalangan wanita, daun sirih efektif untuk menjaga kebersihan area kewanitaan. Manfaat daun sirih inilah air rebusannya kerap digunakan untuk membersihkan organ intim kewanitaan dan mengatasi keputihan. Sebab kandungan kavikol pada daun sirih dapat membasmi dan mematikan jamur yang ada.

Mengobati Iritasi dan Sakit Mata

Riboflavin yang terdapat pada daun sirih berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan mata. Seperti mata merah akibat iritasi terkena alergen dan polutan yang ada di sekitar lingkungan. Penggunaanya sebagai obat secara rutin dapat membantu mata cepat pulih dari iritasi.

Baca juga: 5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Cara Menggunakan Daun Sirih

Untuk menggunakan daun sirih, ada beberapa cara yang bisa pakai. Hal ini tergantung untuk apa daun sirih akan digunakan. Seperti dengan beberapa cara berikut:

Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan Luka Luar

Menggunakan daun sirih sebagai obat luka luar seperti akibat goresan atau terbakar sangatlah mudah. Cukup tumbuk daun sirih yang telah dibersihkan hingga mengeluarkan cairan atau minyak daun sirih. Untuk kemudian tempel dan ratakan pada luka hingga menutupinya.

Direbus untuk Diminum

Merebus daun sirih untuk kemudian diminum merupakan cara yang paling sering digunakan. Hal ini karena manfaat daun sirih yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Air rebusan ini bisa diminum dua sampai tiga kali sehari secara rutin selama diperlukan.

Direbus Sebagai Obat Tetes

Dalam manfaatnya sebagai obat mata, daun sirih biasanya digunakan dengan cara menjadikannya sebagai obat tetes. Cara pembuatannya hampir sama seperti obat minum, yakni dengan merebus daunnya. Hanya saja, porsi rebusan daun sirih untuk obat tetes lebih sedikit.

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Kunyah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebiasan orang-orang zaman dahulu menyirih atau menginang dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Terlebih lagi saat menginang, bahan herbal lain seperti pinang, tembakau, gambir, kapur, dan cengkeh juga akan digunakan. Namun meski begitu, disarankan untuk tidak mengunyah daun sirih lebih dari lima lembar dalam sehari.

Perlu Anda ketahui, penggunaan daun sirih sebaiknya dilakukan seperlunya saja dan tidak untuk jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat daun sirih serta meminimalisir dampak negatif yang mungkin bisa timbul.

Comments are closed.