Apa Saja Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan?

Asuransi KesehatanHealth

Manfaat oatmeal bagi kesehatan antara lain, menjaga kinerja jantung, membantu mempertahankan berat badan, dan mengatasi insomnia atau sulit tidur.

Beberapa tahun terakhir gaya hidup sehat telah menjadi kebiasaan baru, terutama bagi masyarakat perkotaan yang sudah bosan dengan keseharian yang sibuk dan melelahkan. Gaya hidup sehat ini mereka realisasikan dengan rutin olahraga dan mengkonsumsi makan sehat salah satunya oatmeal yang bebas gluten.

Oatmeal menjadi pilihan lebih sehat dibanding karbohidrat lain yang penuh dengan gula. Oat adalah salah satu biji-bijian tersehat di bumi yang merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Manfaat oatmeal pun begitu kaya mulai dari menurunkan berat badan, kadar gula darah yang lebih rendah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Segudang Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Gandum utuh bebas gluten ini baik dikonsumsi setiap pagi sebelum Anda memulai aktifitas yang sibuk sepanjang hari. Selain memilih gandum utuh sebagai pilihan menu utama yang lebih sehat, perlu juga perlindungan dari asuransi kesehatan untuk mendukung dan meminimalisirkan kerugian akibat risiko yang tak terduga.

Kandungan Oatmeal

Kandungan Oatmeal

Oat mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan yang penting. Berikut ini kandungan setengah cangkir (78 gram) gandum kering.

  • Mangan: 191% dari RDI
  • Fosfor: 41% dari RDI
  • Magnesium: 34% dari RDI
  • Tembaga: 24% dari RDI
  • Besi: 20% dari RDI
  • Seng: 20% dari RDI
  • Folat: 11% dari RDI
  • Vitamin B1 (thiamin): 39% dari RDI
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 10% dari RDI
  • Sejumlah kecil kalsium, kalium, vitamin B6 (piridoksin) dan vitamin B3 (niasin)
  • 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak dan 8 gram serat, tetapi hanya 303 kalori.

Saat berbelanja oatmeal Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yakni whole grain atau oatmeal instan. Whole grain ini merupakan jenis oat yang masih berbentuk gandum utuh, manfaat oatmeal pada jenis whole grain ini disinyalir lebih baik dibanding oatmeal instan yang sudah melalui serangkaian proses.

Whole grain seperti namanya terbuat dari biji gandum utuh, sehingga untuk mengkonsumsinya perlu dimasak lebih dulu. Sementara oat instan hanya perlu Anda campur dengan air hangat dan beberapa buah serta camilan sehat agar lebih terasa nikmat.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Meski manfaat oatmeal jenis whole grain lebih baik, bukan berarti oat instan tidak bernutrisi. Berikut adalah 9 manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Oat mengandung serat kuat yang disebut beta-glukan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Beta-glukan adalah komponen utama serat larut dalam gandum, dan itu mengurangi kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik . Antioksidan dalam gandum (avenanthramides dan asam fenolik) bekerja bersama dengan vitamin C untuk mencegah oksidasi LDL, yang juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Oat juga mengandung vitamin E dan serat yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mengobati Diabetes

Oat memiliki indeks glikemik rendah, dan kandungan seratnya yang tinggi membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, gandum, karena kaya serat, dicerna dengan lambat. Makanan yang dicerna dengan cepat dapat menyebabkan lonjakan gula darah cepat. Sesuai satu studi, oatmeal juga dapat mengurangi dosis insulin.Konsumsi gandum memiliki efek menguntungkan pada profil glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2 . Sejumlah penelitian juga mengisyaratkan bahwa manfaat oatmeal atau makanan yang diperkaya dengan oat secara signifikan mengurangi hiperglikemia postprandial.

Baca juga: Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi Konstipasi

Manfaat oatmeal lain adalah mengatasi sembeli, hal ini karena oat tinggi serat. Oat juga terbukti meningkatkan berat feses, sehingga dapat mengobati sembelit. Nutrisi dalam gandum utuh bahkan dapat memainkan memberi perlindungan terhadap kanker kolorektal. Oat jenis whole grain bahkan mengandung serat tidak larut yang sangat baik untuk kesehatan usus. Karena alasan ini pula gandum sangat bagus dijadikan pilihan untuk diet.

Membantu Memerangi Kanker

Antioksidan dalam gandum bisa membantu memerangi kanker. Dan serat dalam gandum dapat mencegah kanker dubur dan usus besar (seperti yang sudah dibahas). Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 800.000 orang mengungkapkan bahwa memakan semangkuk besar gandum dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker sebanyak 20 persen. Mengkonsumsi serat juga dapat mengurangi risiko kanker usus.

Di sini, kita sekali lagi berbicara tentang avenanthramides, senyawa khusus yang ada dalam gandum. Mereka memiliki sifat anti-inflamasi dan merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tanaman gandum. Senyawa-senyawa ini ditemukan menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak yang sehat.

Membantu Mengobati Hipertensi

Manfaat oatmeal lainnya adalah mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 7,5 poin dan tekanan darah diastolik sebesar 5,5 poin. Ini tidak hanya mengurangi tekanan darah Anda, tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Namun manfaat oatmeal yang satu ini hanya bisa didapat ketika Anda memilih (non-instan) dan organik.

Penambahan gandum ke diet normal pasien hipertensi menghasilkan efek menguntungkan. Studi ini menyimpulkan bahwa oat kaya serat larut bisa menjadi terapi diet yang efektif untuk mencegah dan mengobati hipertensi. Studi lain menunjukkan bahwa diet yang kaya akan oat dapat mengurangi kebutuhan akan obat antihipertensi.

Oatmeal juga dikenal sebagai makanan yang menenangkan. Ini mengurangi kadar hormon stres dan meningkatkan serotonin yang menghasilkan perasaan tenang . Semua ini juga berkontribusi terhadap tekanan darah rendah.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Tingkatkan Kekebalan

Beta-glukan dalam oatmeal dapat meningkatkan tingkat kekebalan Anda. Mayoritas sel imun dalam tubuh Anda memiliki reseptor khusus yang dirancang untuk menyerap beta-glukan. Aktifitas beta-glukan inilah yang memicu aktivitas sel darah putih dan melindungi tubuh terhadap penyakit. Oat juga kaya akan selenium dan seng yang berperan dalam memerangi infeksi.

Menurut sebuah penelitian Norwegia, beta-glukan dalam gandum jauh lebih kuat daripada echinacea (bunga Amerika Utara yang populer karena khasiat penyembuhannya). Senyawa ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan membuat antibiotik lebih efektif pada manusia.Beta-glukan juga meningkatkan kemampuan makrofag, neutrofil, dan sel-sel pembunuh alami – membuatnya lebih efektif dalam memerangi berbagai mikroba seperti bakteri, virus, dan jamur.

Beta-glukan juga digunakan untuk meningkatkan kekebalan pada individu yang menderita sindrom kelelahan kronis atau stres fisik atau emosional,meningkatkan tingkat kekebalan selama perawatan intensif seperti kemoterapi atau radiasi.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Oatmeal lebih umum dijadikan menu sarapan di pagi hari karena diakui membuat tubuh lebih berenergi dan kenyang lebih lama. Padahal oat juga dapat dikonnsumsi sebelum tidur.Bahkan, orang Skotlandia merekomendasikan semangkuk oatmeal di malam hari untuk membuat Anda merasa baik dan mengantuk.

Mengapa oatmeal baik sebelum tidur? Nah, gandum sebenarnya mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu lebih banyak triptofan masuk ke otak dan membantu Anda tidur. Selain itu, oatmeal mengandung banyak vitamin, termasuk B6, yang merupakan faktor pendamping yang juga membantu produksi lebih banyak serotonin di otak.

Baca juga: Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan kita. Ingat untuk merasakan manfaat terbaiknya pilihlah jenis gandum utuh dan kurangi konsumsi oatmeal instan yang justru tinggi gula.

Comments are closed.