Manfaat Vitamin C untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Asuransi KesehatanHealth

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk kesehatan. Manfaat vitamin c diantaranya membentuk dan memelihara tulang, kulit, dan pembuluh darah. Vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh melainkan dihasilkan dari beberapa makanan, terutama buah dan sayuran.

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Bahkan dalam satu desawarsa terakhir popularitas jenis vitamin ini terus meningkat, lantaran terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak suplemen dibuat dari vitamin yang dijual dengan harga cukup mahal. Padahal vitamin jenis ini sebenarnya mudah didapat.

Beberapa hewan dapat memprodukdi vitamin ini sendiri, tetapi kera dan manusia harus mendapatkan vitamin ini dari makanan dan sumber lainnya. Sumber vitamin C yang baik adalah buah dan sayuran segar, terutama buah jeruk. Vitamin ini juga bisa dibuat di laboratorium. Inilah yang kemudian kita konsumesi dalam bentuk suplemen.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan?

Bagi mereka yang tidak suka buah dan sayur, atau tidak ada waktu untuk mengonsumsi sumber vitamin c, maka suplemen jadi pilihan. Suplemen menjadi salah satu upaya mereka menjaga kesehatan. Selain itu, mengingat risiko buruk apapun yang bisa saja terjadi, Anda juga disarankan untuk memproteksi diri dengan asuransi kesehatan yang dapat memberikan manfaat pertanggungan rawat inap maupun rawat jalan ketika kondisi kesehatan menurun.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Agar bisa mendapatkan manfaat vitamin c secara maksimal, para ahli merekomendasikan untuk mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran daripada mengonsumsi suplemen. Jus jeruk segar atau konsentrat beku segar adalah pilihan yang lebih baik daripada jus jeruk siap minum. Jus segar mengandung lebih banyak vitamin aktif.  Inilah beberapa manfaat vitamin c untuk kesehatan.

Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin ini adalah antioksidan kuat. Antioksidan berfungsi melindungi sel dan membatasi kerusakan dengan menstabilkan dan membersihkan radikal bebas. Jadi Vitamin C, Vitamin E dan Beta Karoten dapat membantu menjaga tubuh lebih muda dan melindunginya dari kondisi serius yang mengancam jiwa.Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin ini dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah Anda

Karena vitamin ini larut dalam air, manfaat vitamin ini juga bertindak sebagai diuretik yang menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium dan air dari tubuh, yang membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah. Menurunkan tekanan darah juga berarti Anda memiliki lebih sedikit peluang terkena stroke dan meningkatkan kesehatan jantung, yang sangat penting saat ini karena banyak orang menderita penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Berpuluh tahun silam vitamin C terbukti dapat mencegah penyakit berat seperti kudis. Melalui sejumlah penelitian vitamin yang satu ini juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan Anda yang dapat mencegah penyakit seperti pilek dan flu.Studi menunjukkan bahwa vitamin ini sangat penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kekuatan dan perlindungan organisme. Vitamin ini melindungi sistem kekebalan tubuh, mengurangi keparahan reaksi alergi dan membantu melawan infeksi. Jika Anda ingin tetap bugar dan sehat maka menambahkan lebih banyak vitamin ini ke dalam diet Anda harus menjadi prioritas.

Baca juga: Segudang Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Meningkatkan Penyerapan Zat Besi Anda

Buah kaya vitamin C seperti angsa berry terbukti meningkatkan bioavailabilitas zat besi dari sereal dan kacang-kacangan. Kita tahu bahwa peran utama zat besi adalah meningkatkan kemampuan tubuh untuk membawa oksigen melalui darah dan defisiensi dapat menyebabkan anemia. Karena itu, vitamin C sangat bermanfaat untuk proses ini.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat vitamin c lainnya adalah membuat kulit lebih jernih dan rambut lebih kuat. Kandungan vitamin pada buah dan sayur membantu membangun protein kolagen dan ditambah dengan penyerapan zat besi yang disebutkan di atas, Anda tidak hanya akan memiliki kulit dan rambut yang lebih sehat tetapi Anda juga tampilan yang lebih muda. Mengkonsumsi makanan bervitamin , kaya kolagen seperti beri dan makanan tinggi omega-3 seperti alpukat dan salmon akan memperpanjang usia kecantikan Anda.

suplemen vitamin c

Membantu Menurunkan Berat Badan

Semua orang ingin menurunkan berat badan, membentuk otot. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan rajin berolahraga, mengatur pola makan dan memperbanyakan asupan vitamin.Penelitian menunjukkan bahwa status vitamin  berbanding terbalik dengan massa tubuh. Individu dengan status vitamin  yang memadai mengoksidasi 30% lebih banyak lemak selama olahraga dibandingkan individu dengan status vitamin C rendah; dengan demikian, individu yang kekurangan vitamin mungkin lebih tahan terhadap kehilangan massa lemak. Singkatnya, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari latihan pembakaran lemak Anda jika kadar vitamin C Anda tinggi.

Memperbaiki Kesehatan Fisik dan Mental

Secara keseluruhan, vitamin adalah mikronutrien esensial. Karenanya manfaat vitamin c lain adalah meningkatkan kemampuan Anda untuk menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan di dalam dan di luar tubuh Anda, memberi lebih banyak energi dan meningkatkan kesehatan menta.Menurut beberapa penelitian orang dengan kadar vitamin tinggi kemungkinan lebih kecil menderita depresi dan kelelahan.

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh?

Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh

Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengkonumsi 500 miligram vitamin C setiap hari atau 9 mangkuk porsi buah dan sayur, untuk mendapatkan manfaat vitamin c.  Namun sulit bagi siapapun untuk menyantap buah dan sayur sebanyak itu setiap hari, karenanya bantuan suplemen sangat disarankan. Tapi bukan berarti keberadaan suplemen ini dapat mengganti nutrisi asli dari buah san sayur.

Mengonsumsi suplemen sekali sehari memang aman, efektif, dan mudah dilakukan namun suplemen ini sering menimbulkan resiko bagi beberapa orang, salah satunya adalah mengiritasi lambung. Untuk menghindari hal ini Anda dapat memilih suplemen yang tidak asam dan mengandung buffer. Untuk batas aman konsumsi vitamin ini adalah 2.000 miligram per hari. Cobalah minum suplemen sembari tetap konsumsi buah san sayur segar beberapa mangkuk perhari.

Jenis Sayuran dan Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin C

  • Ubi jalar
  • Cantaloupes
  • Buah sitrus
  • Brokoli yang dimasak
  • kol merah
  • Paprika hijau
  • Paprika merah
  • Buah kiwi
  • Jus tomat
  • Bayam
  • Asparagus

Baca juga: Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa sumber vitamin c dan mineral yang penting bagi tubuh. Ingat lebih baik mengkonsumsi vitamin alami disbanding suplemen yang menimbulkan efek samping. Jika terpaksa memilih suplemen sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi agar Anda tetap merasakan manfaatnya tanpa efek samping.

Comments are closed.